Fakta Unik Tentang Jeep Wrangler
25
Jan
2020
0 Comment Share Likes 540 View

Hanya ada sedikit mobil yang benar-benar populer dan bisa mempengaruhi kebudayaan seperti Jeep Wrangler. Leluhur mobil ini memang diketahui telah membantu Sekutu untuk memenangkan Perang Dunia kedua dan saat ini telah menjadi salah satu mobil yang menjadi acuan untuk mobil-mobil Sport Utility Vehicle alias SUV yang mendominasi dunia otomotif beberapa tahun belakangan ini. Wrangler bagi Jeep memang bisa disamakan seperti Corvette bagi Chevrolet. Tetapi dibalik nama besar yang sudah dimilikinya hingga saat ini, ada beberapa fakta unik tentang Jeep Wrangler yang mungkin sebagian besar orang belum mengetahuinya. Supaya tidak makin penasaran, langsung saja disimak informasinya berikut ini.

  1. Mobil Jeep Wrangler Pertama Memiliki Sentuhan Perancis

Sejarah munculnya Jeep Wrangler sebenarnya sangatlah familiar. Pada suatu malam ketika Amerika masuk ke dalam Perang Dunia kedua, Pemerintah Amerika Serikat memerintahkan kepada Willys-Overland dan Ford untuk merakit sekitar seperempat ton kendaraan yang bisa menunjang para militer berdasarkan rencana-rencana yang dimiliki oleh American Bantam Motor Company yang sudah tua. Mobil buggy tersebut, yang sekarang kita kenal dengan sebutan Jeep, berhasil memenuhi kebutuhan kemiliteran tersebut. Dan ketika perangnya sudah berakhir, Willys-Overland mulai memasarkan mobil CJ yang merupakan kependekan dari Civilian Jeep. Ketika tiba saatnya untuk menggantikan CJ, pemilik selanjutnya dari Jeep, yakni American Motors, mendesain mobil penerus dari mobil tersebut dengan suspensi yang jauh lebih stabil. Dan mobil penerus inilah yang kita kenal dengan sebutan Jeep Wrangler atau dikenal juga dengan sebutan YJ. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1986 ketika 49 persen dari AMC dimiliki oleh produsen mobil asal Perancis, yakni Renault. Kita memang tidak akan melihat desain Gallic khas Wrangler pada Wrangler pertama, dan hal itu karena masih ada pengaruh sentuhan Perancis dari Renault.

 

  1. Pegangan Pintunya Berusia 35 Tahun

Berkat kesuksesan yang diraihnya, memang banyak produsen mobil lain yang ingin membeli perusahaan Jeep. Dan salah satu diantaranya adalah Chrysler. Chrysler pernah menyatakan bahwa pihaknya ingin membeli AMC pada tahun 1987 dan hampir mengambil alih Jeep secara keseluruhan, yang saat itu sedang menggebrak pasar otomotif dengan beberapa produknya seperti SUV XJ Cherokee, dan YJ Wrangler yang baru juga dirilis. Produk lainnya dari AMC semakin lama semakin kurang peminatnya seiring berjalannya waktu, tetapi bagian ciri khas dari perusahaan lamanya masih terus hadir dalam produk-produk Jeep yang baru sekalipun.

Chrysler Wrangler pertama muncul pada tahun 1997, tepatnya pada generasi TJ yang masih mempertahankan beberapa bagian dari generasi YJ sebelumnya, termasuk pegangan pintu paddle style yang pertama kali diperkenalkan pada AMC Rebel keluaran tahun 1968. Pegangan pintu ini merupakan yang terakhir dari produk AMC yang masih digunakan oleh CHrysler dan pada akhirnya berhenti digunakan seiring diluncurkannya JK Wrangler yang menggantikan TJ pada tahun 2007.

 

  1. Kita Tidak Akan Menemukan Wrangler Keluaran 1996

Mobil TJ Wrangler merupakan salah satu bentuk usaha dari Jeep untuk menyesuaikan produk-produknya dengan gaya hidup suburban, tetapi masih dengan mempertahankan ciri khas dari kendaraan Jeep itu sendiri. Sejauh ini, mobil Jeeo Wrangler memang selalu hadir dengan suspensi coil spring yang lebih "beradab", yang mungkin diambil dari salah satu model Jeep yang lebih besar, yaitu Grand Cherokee. Mobil ini juga membawa kembali headlight berbentuk bulat yang menggantikan bentuk kotak yang digunakan oleh generasi YJ. Semua perubahan itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan kemudian Chrysler memutuskan untuk tidak memproduksi mobil Jeep Wrangler selama tahun 1996. Produksi YJ berakhir pada tahun 1995, dan TJ pertama mulai deperkenalkan pada tahun 1996 sebagai model tahu 1997. Jadi jika ada orang yang mencoba menjual Jeep Wrangler keluaran tahun 1996, jangan pernah percaya.

 

  1. Ada Wrangler Dengan Setir Kanan di Amerika Serikat

Mobil dengan setir di sebelah kanan memang tidak aneh jika kita lihat di Indonesia. Tapi bagaimana dengan mobil dengan setir kanan di Amerika Serikat? Tentu hal ini akan dianggap sebagai hal yang cukup aneh. Tetapi terlepas dari keanehan tersebut, ternyata pernah ada Jeep Wrangler yang dibuat dengan setir di sebelah kanan, dan yang lebih anehnya lagi, mobil ini legal untuk diperjualbelikan di Amerika Serikat. Mobil ini adalah mobil Dispatcher Jeep atau lebih dikenal dengan sebutan DJ, dan merupakan kendaraan versi two wheel drive dari CJ, dengan pintu geser. Usut punya usut mobil ini dirakit dengan setir di sebelah kanan karena mobil ini digunakan untuk mengantarkan surat untuk daerah-daerah yang agak terpencil. Mobil DJ ini sendiri berhenti diproduksi pada pertengahan tahun 1980-an, tetapi Jeep tetap menawarkan setir kanan sebagai pilihan order khusus bagi para konsumen Wrangler, dimulai dari model TJ.

 

  1. Salah Satu Bentuk Investasi yang Bagus

Mungkin hal ini bukan spesifik untuk mobil Jeep Wrangler saja, karena seperti yang kita tahu, ada banyak sekali mobil di luar sana yang memang sangat cocok untuk investasi. Tetapi, Jeep Wrangler ternyata telah membuat para pemiliknya memiliki kepercayaan tersendiri terhadap mobil ini. Tampilannya yang gagah dan kemampuannya untuk menembus segala jenis medan di mana saja dan kapan saja membuat mobil ini selalu dicari dan diinginkan, baik mobil yang baru, maupun mobil yang bekas.

Para ahli di Kelley Blue Book mengatakan bahwa Jeep Wrangler keluaran tahun 2019 diperkirakan akan tetap memegang 58 persen dari harga aslinya bahkan setelah dipakai selama lima tahun lamanya. Sebagai perbandingan, mobil-mobil lain pada umumnya biasanya hanya bisa mempertahankan 39 persen dari harga beli aslinya jika sudah dimiliki selama lima tahun. Hal inilah yang menjadi alasan utama mengama mobil Jeep Wrangler bisa menjadi salah satu bentuk investasi yang cukup bagus. Tetapi memang cukup sulit untuk menemukan Jeep Wrangler bekas, dan kalaupun ada, biasanya pemiliknya tidak mau menjualnya karena sudah terlalu mengandalkan mobil yang satu ini.

SAMPAIKAN KOMENTAR