Doyan Modifikasi? Intip Daftar Civic Estilo Ikonik Ini Dulu!
10
Jul
2021
0 Comment Share Likes 529 View

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa pasaran Honda Civic Estilo di pasar mobil bekas memang meroket tinggi. Ditambah lagi beberapa artis Indonesia kedapatan memiliki koleksi mobil yang diproduksi antara tahun 1991 sampai 1995 ini dengan kondisi yang ciamik. Tak ayal harga Civic Estilo seperti “digoreng” terus. Namun, kali ini kami tidak akan bahas mengenai harga “gorengan” mobil ini, karena ternyata di pasar Asia maupun Eropa, Honda Civic Estilo merupakan barang koleksi yang layak untuk mendapat tempat tersendiri, Bro. 

Disebutkan di banyak sumber, Honda Estilo sangat fleksibel untuk tuning. Namun, Estilo yang dipasarkan di Indonesia agak berbeda nih pria intersport dengan yang dipasarkan di Jepang dan negara lain. Nama Estilo sepertinya memang cuma ada untuk pasar Indonesia dengan kode SR3 dan mesin D16 SOHC tanpa VTEC. Sementara untuk JDM, USDM, dan EDM sendiri menggunakan kode EG6 dengan mesin B16 DOHC VTEC. Mengusung gaya hatchback, Estilo punya lekukan ciamik di sekujur bodinya sehingga aura racing sekaligus cantik akan memikat siapa pun yang melihatnya.

Dengan bodi racing, dipastikan membuat tangan pemiliknya “gatel” banget untuk tidak memodifikasi mobil yang sangat mewah pada zamannya. Tapi apakah modifikasi Estilo hanya ganti velg saja? Kami sajikan beberapa referensi modifikasi Estilo atau EG6 paling ikonik di seluruh dunia. Siap-siap terpesona ya, Bro!

 

Pandem Civic EG, Di Balik Ide Gila Milik Kei Miura

 

sumber

 

Honda Civic EG6 standar selalu identik dengan bodinya yang membulat, namun pernah bayangin gak ketika mobil ini harus dipasangin body kit Pandem? Tidak ada ide yang lebih gila dibandingkan kreasi Pandem/Rocket Bunny dipasangkan ke mobil Civic EG6 milik sang CEO, Kei Miura. Saat sosial media mulai menyaring gambar-gambar Tokyo Auto Salon 2018, Pandem EG6 milik Miura melesat ke puncak daftar yang paling banyak dilihat. Siapa yang tidak kepincut dengan penampilan mobil warna putih yang kalem namun penampilannya sungguh sangar.

Mobil ini adalah perpaduan dari evolusi EF Civic kecil yang memakai warna TRA Kyoto 2 dekade lalu dan Kanjo milik Miura yang selama ini dia gunakan untuk meneror loop jalanan Osaka. Jangan heran kalau akhirnya dia “memompa” bodi EG6 agar lebih berisi. Dia mengambil garis dasar, lekukan, dan lipatan yang memanjang seakan mobil ini “melepuh” di bagian belakang. Ada banyak agresi dan kit yang dibalut dengan sekrup yang terbuka.

 

sumber

 

Cara Miura mendesain ulang bumper depan agar menyatu mulus dengan over fender yang berbentuk kotak, nampaknya menciptakan keseimbangan yang berfungsi dengan baik. Kemudian semakin ke belakang akan kelihatan membesar. Seolah-olah Civic kecil ini sudah menghabiskan banyak waktu buat nge-gym.

 

sumber

 

Setiap detail dari mobil ini adalah bukti bahwa Miura benar-benar serius dan memikirkan konsep secara matang. Semua kabin sudah dilucuti kemudian diganti menjadi hamparan logam polos berwarna putih dan tersisa hanya satu kursi Pandem di dalamnya. Tidak ketinggalan, roll cage terpasang untuk meningkatkan torsi dan keamanan. Sementara, ada yang cukup menarik perhatian lagi, yaitu pengaturan shift lever yang diperpanjang dan terdapat sebuah tarikan pintu Pandem di bagian kemudi. Gokil!

 

sumber

 

Ketika melihat intercooler pemasangan depan GReddy yang besar, mungkin banyak yang bertanya apa yang disembunyikan mobil ini di bagian mesin? kenyataan tidak ada yang spesial. Hanya ada stok B16A dengan turbo Trust. Terdapat pula sistem pembuangan Pandem dan radiator besar yang membantu mesin tetap dingin dalam kondisi apa pun.

 

Projek mobil ini belum selesai karena Miura berencana akan membuang set up 1.6L dan menukarnya dengan unit 2L turbocharger. Ini bukan hanya mimpi, karena Miura telah memikirkan transmisi yang akan digunakan. Yap, Quaife 6-speed sequential untuk memastikan sebuah performa di atas rata-rata. 

 

Pandem Honda Civic EG milik Kei Miura, sang CEO Pandem/Rocket Bunny ini layak untuk disebut ikonik karena ide gilanya menyulap mobil Civic EG miliknya sendiri menjadi lebih agresif dengan balutan bodykit Pandem.

 

Civic Estilo Street Racing ala Kanjo Racer asal Osaka

Buat lo yang doyan selera street racing, mungkin bakal puas banget melihat deretan EG6 dan Civic lainnya yang didandani ala Kanjozoku style. Kanjo sendiri adalah sebuah kultur street racing di “Osaka Loop”. Honda Civic memang menjadi pilihan populer para “penganut” aliran Kanjo dengan alasan powerplant DOHC dan sasis responsif sangat cocok untuk tikungan tajam loop.

 

sumber

 

Modifikasi mesin ala Kanjo style biasanya tidak terlalu drastis. Mungkin hanya ada VTEC NA B-series yang di setelah dengan baik di bawah kap mobil. Untuk urusan interior, biasanya mobil Kanjo sama seperti mobil balap di dunia. Kesan kotor, lecet, dan penyok karena pemakaian adalah hal yang wajar. Sementara bagian interiornya dilucuti dan ditambahkan elemen umum seperti jaring pada jendela. Kurang lebih ini digunakan sebagai barang keselamatan dan “cara cerdas” seorang Kanjo racer untuk menyembunyikan identitas pengemudi.

 

sumber

 

Satu lagi yang menarik untuk diketahui bahwa Honda Civic dan topeng khas kelompok Kanjozoku racer adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Topeng Kanjo biasanya digunakan oleh Kanjozoku racer untuk menutupi wajah aslinya saat balapan di Osaka Loop. Hmm, benar-benar street style yang sesungguhnya ya, Bro!

 

sumber

 

Honda Civic ala Kanjo mungkin tidak bersinar seperti mobil pameran, namun niat modifikasi dari pemiliknya adalah sesuatu yang menarik bagi kami. Hal yang sama juga berlaku pada pengaturan velg dan ban. Velg yang digunakan sering saja tidak serasi dan kotor karena debu. Lo akan terbiasa dengan pemandangan spakbor lebar pada EG6 yang tidak dicat, dan mungkin akan tetap seperti itu. 

Kanjo adalah lebih dari sekedar mobil, ini adalah tentang budaya. Buat lo yang belum atau baru kecemplung dengan Honda Civic, dijamin bakal terus kagum dengan pemandangan dari deretan modifikasi ala Kanjo. Budaya Kanjo sangat unik di Osaka, terlebih lagi di Jepang.

 

Spoon Sports Civic EG6 di Garasi Type One

 

sumber

 

Kalau lo melihat ada mobil yang dimodifikasi dengan dua warna yaitu biru dan kuning, kemungkinan besar mobil itu pasti merek Honda dan terinspirasi dari warna Spoon Sports. Spoon Sports adalah perusahaan part performa yang khusus untuk mobil Honda, selain Mugen. Nama Spoon terinspirasi dari nama tikungan tajam di sirkuit Suzuka, Jepang. Spoon Sports tidak pernah ikut balapan di Jepang Grand Touring Championship (JGTC) namun mereka cukup aktif di N1 Taikyu.

 

sumber

 

Buat lo yang suka dengan single tuner modification, mungkin Honda Civic EG6 SiR-2 dari Spoon Sports ini bisa jadi inspirasi. Sebagai salah satu mobil yang ikonik dan legendaris di garasi Type One, Tokyo, Civic EG6 berwarna kuning dan biru ini menari banget buat dilirik. Pada dasarnya, mobil ini sudah agak berbeda dengan EG6 versi aslinya. Namun, Spoon seolah ingin menjaga bodi Civic EG6 ini tetap original tanpa ada  part yang diubah menjadi aerodinamis. Mesinnya juga masih standar, namun ini adalah mobil balap asli karena dalamnya dilengkapi dengan roll cage berwarna abu-abu yang dilas ke bodi mobil. 

Secara visual EG6 ini memang sudah menarik banget karena tidak memiliki spoiler wing ikonik ala Spoon dan juga lower lips. Bagian bagasi belakang mobil ini juga dipasang pegas quick rilis dan mekanisme pembukanya adalah split antara kaca dan bodi bawahnya. Anti mainstream banget kan, Bro?

Sementara, di bagian kaki-kaki, ketika mobil ini disematkan satu set velg Spoon SW388 berwarna hitam, nampak sebuah perpaduan warna yang memberikan kesan “berbeda”. Dan sebagai mobil balap, tangki bahan bakar juga dibuat lebih besar 60 sampai 80 liter dan diletakkan di dalam bagasi untuk memberikan keseimbangan berat belakang. Benar-benar desain ubahan yang sudah dipikirkan matang. Saking ikoniknya, bahkan mobil ini sudah dibuatkan versi diecast yang dijual resmi oleh garasi Type One. Tertarik beli?

 

sumber

 

Rare Breed Civic by Riswan Rusdiansyah

 

 

Dari skena lokal, pasti Pria Intersport udah gak asing lagi dengan sosok dan modifikasi Honda Civic Estilo dengan body kit Pandem yang satu ini. Yup, buat yang satu ini untuk info selengkapnya mendingan kalian sambil nonton aja videonya di Driven by Passion Season 2 di channel YouTube Intersport Auto ya, Bro!

Itulah tadi beberapa Honda Civic Estilo yang layak masuk daftar mobil ikonik di dunia. Mobil-mobil di atas layak disebut ikonik karena gak cuma tampilannya aja bro yang menarik perhatian. Tapi ada story behind the car yang unik dan mungkin bisa jadi motivasi buat lo yang lagi jatuh cinta sama otomotif. Sebenarnya masih banyak Civic Estilo lainnya yang layak disebut ikonik. Kira-kira, lo setuju gak sama mobil-mobil di atas? Atau barangkali lo punya daftar lain? Coba share di sini, Bro

SAMPAIKAN KOMENTAR