DnZ Wheels : The Next Indonesian Pride
29
Jan
2021
0 Comment Share Likes 776 View

Intersport pernah membahas tentang salah satu Indonesian pride yang tentunya dari industri otomotif. Sebelumnya bertemu dengan Kiki Anugraha, lewat produk KARMA yang berkolaborasi dengan salah satu desainer otomotif ternama yaitu Monaco Auto. Lewat produk KARMA yang memiliki fokus pada body kit Aftermarket, KARMA berhasil menembus pasar dunia.

 

Next Indonesian Pride Was Born

Kali ini muncul lagi salah satu produk lokal dengan kualitas internasional, alih-alih body kit seperti KARMA. Produk ini adalah sebuah velg yang digarap langsung oleh salah satu YouTuber otomotif ternama Indonesia, yaitu Garasi Drift. Bagi yang sudah tahu, Garasi Drift adalah salah satu channel otomotif yang memiliki segmentasi khusus drift dan project car.

Garasi Drift merupakan channel yang dipunggawai oleh Dipo dan Ziko, kakak beradik yang memiliki skill dan potensi yang tinggi pada ajang drift ini mencoba untuk menciptakan produk velg milik mereka sendiri, yang diberi nama DnZ Wheels, mungkin beberapa Pria Intersport sudah dapat menebak makna dari nama brand tersebut. Dnz merupakan singkatan dari Dipo and Ziko, sebagai punggawa dari Garasi Drift.

 

Design and Specification

“Konsep DnZ Wheels arahnya seperti velg racing Jepang one piece yang sporty sesuai favorit kita (Dipo dan Ziko). Velg-velg tersebut biasanya dibuat dengan desain yang tidak neko-neko tetapi karakternya kuat,” kata Ziko. sehingga dengan konsep yang ia pilih hadirlah model velg DnZ Wheels Type One dengan spesifikasi 16” x 7” dan off-set 34 serta untuk PCD yang disematkan adalah 4x100.

Menurut Ziko sendiri, yang menarik dari Type One DnZ Wheels ini adalah, walaupun dengan off-set yang terbilang cukup besar, namun Type One ini tetap memiliki tampilan yang celong dikarenakan hasil dari desain spoke yang digunakan pada model ini. Desain spoke yang ada di bagian tengah didesain untuk keluar dan masuk kembali ke dalam pada bagian atas ke arah lips pada velg ini, yang menjadikan tampilan velg ini terlihat celong.

 

sumber

 

Walaupun terlihat besar, namun bagi Pria Intersport yang berminat menggunakan velg ini tidak perlu takut harus mengubah bagian fender, karena velg ini masih memiliki ukuran off-set yang tidak berlebihan. Pada bagian hub, velg ini menyematkan logo merek DnZ nya, ditambah lagi dengan beberapa emboss sertifikasi yang tertera seperti “Made in Indonesia”, logo “PAKO”, “SNI” serta “JWL”.

JWL sendiri merupakan sertifikasi khusus standar dari negara Jepang dimana sertifikasi ini disematkan untuk mobil-mobil passenger car yang beredar di sana. Mirip dengan SNI namun ini diberlakukan di Jepang, atau kurang lebih seperti SNJ (Standar Nasional Jepang), canda Ziko. Maka dari itu untuk urusan kualitas, pastinya sudah tidak dapat diragukan lagi kekuatan dan ketahanan pada velg DnZ ini.

 

Garasi Drift x PAKO

Sedangkan PAKO sendiri adalah sebuah perusahaan manufaktur yang memiliki spesialisasi pada desain dan produksi velg-velg kualitas tinggi, sebagaimana mereka (PAKO) telah membuat beberapa velg untuk mobil-mobil Lexus, salah satu brand luxury car yang pastinya memiliki tingkat keamanan dan kenyamanan yang tinggi pada keseluruhan mobil dan velgnya. PAKO juga memastikan bahwa velg DnZ yang bekerjasama dengan PAKO ini merupakan velg yang luar biasa dengan proses produksi spesifikasi dan material yang sama seperti saat mereka lakukan dalam pembuatan velg-velg Lexus. 

 

Production and Development

Uniknya lagi adalah masa pengembangan dan produksi pada velg ini dilakukan saat masa PSBB dikala pandemi Covid-19 yang mengharuskan Garasi Drift dan PAKO harus berkoordinasi hanya melalui layanan video conference dalam jaringan, sehingga dari pihak Garasi Drift harus melakukan riset secara mandiri dengan berbagai referensi yang diinginkan untuk desain velg ini.


Beruntung Garasi Drift mendapatkan partner yang profesional dan handal seperti PAKO. Desainer dari PAKO mencoba untuk memvisualisasikan referensi yang diberikan oleh Garasi Drift dengan tetap mempertahankan pakem-pakem yang ada seperti kekuatan, engineering, serta tampilan yang tetap sporty dan yang pasti harus bergaya JDM, sesuai dengan keinginan Dipo dan Ziko.

 

sumber

 

Dari visualisasi desain yang dilakukan, selanjutnya adalah tahap pengetesan pada perangkat software khusus yang dapat melihat kekuatan dari velg ini, hasilnya? Velg ini berhasil uji software dengan detail kekuatan maksimum beban pada setiap velg adalah 560 kilogram. Selain pengetesan lewat software, velg ini juga berhasil melewati berbagai tes fisik seperti, impact test, drum test serta MLT (microbial limit test) dengan hasil yang memuaskan

 

Aplikasi DnZ Type One Pada Berbagai Mobil

Velg DnZ Type One ini bisa digunakan untuk berbagai mobil Jepang. Tim Garasi Drift pun juga langsung mencobanya pada mobil-mobil seperti Suzuki Ignis, Honda Estilo, Honda Brio, Mazda 2, Toyota Starlet dan bahkan pernah dicoba dipasangkan pada salah satu mobil yang iconic yaitu Toyota AE-86 dan berbagai hatchback Jepang lainnya tahun muda ataupun tahun tua.

 

sumber

 

Velg aftermarket khusus mobil yang dirilis oleh Garasi Drift ini secara resmi dirilis pada ajang Indonesian Modification Expo (IMX) 2020 silam, dan langsung diserbu oleh para pecinta otomotif tanah air. Untuk harganya sendiri, DnZ Wheels dijual di kisaran Rp5,8 juta untuk 1 set velg. Semoga velg ini dapat menembus pasar internasional dan semakin membesarkan nama Indonesia di dunia otomotif. Apakah Pria Intersport ada yang sudah sempat memiliki DnZ Wheels ini?

SAMPAIKAN KOMENTAR