Diecast Intersport 40th Anniversary: Deretan Koleksi Mobil Ikonis
05
Sep
2020
0 Comment Share Likes 158 View

Tak banyak orang mampu memiliki garasi dipenuhi mobil-mobil keren dan langka seperti halnya seorang Jay Leno. Tapi Pria Intersport semua pasti bisa punya laci berisi diecast mobil-mobil impian. Dan dijamin koleksi tersebut bakal lebih lengkap dengan kehadiran diecast limited edition Intersport 40th Anniversary.

Setidaknya ada tiga model diecast berskala 1:64 yang diluncurkan dalam rangka hari jadi Intersport kali ini. Dua model di antaranya adalah hasil kolaborasi Intersport dengan produsen diecast Johnny Lightning, yaitu Mitsubishi Lancer Evolution VIII dan Toyota Land Cruiser 40 Series. Satu lagi adalah buah kerjasama dengan Mini GT untuk model Liberty Walks Nissan GT-R R35.

Di dunia nyata ketiga model tersebut pasti sudah tak asing lagi di telinga para penggemar roda empat. Performa dan sejarah yang dimiliki masing-masing mobil menjadikannya sangat ikonis. Hal ini pun otomatis membuat semua model diecast limited edition Intersport 40th Anniversary pantas untuk dikoleksi.

 

Mitsubishi Lancer Evolution punya sejarah penting di dunia reli sehingga diecast-nya wajib dikoleksi.

 

  1. Mitsubishi Lancer Evolution VIII

Semua model diecast limited edition kali ini hadir dalam balutan livery khas Intersport. Warna biru cenderung gelap terlihat mendominasi. Sementara itu aksen berwarna merah nampak di beberapa sisinya. Desainnya cukup menonjolkan kesan sporty yang mana sangat sesuai untuk model Mitsubishi Lancer Evolution VIII.

Wajar, di dunia nyata mobil ini bukanlah sedan compact biasa. Membawa nama Lancer Evolution, artinya mobil ini merupakan bagian dari program reli yang digenjot Mitsubishi sejak 1993. Momen ketika Lancer Evolution pertama lahir dan dijual secara umum guna memenuhi homologasi kejuaraan reli WRC (World Rally Championship).

Generasi demi generasi berselang. Sampai akhirnya Mitsubishi Lancer Evolution VIII pun lahir pada 2003. Dari segi penampilan, generasi ini mendapat penyegaran yang membuat wajahnya sekilas mirip Mitsubishi Grandis. Namun penyempurnaan lebih penting terdapat pada aspek performa. Di mana pabrikan membekalinya dengan fitur Super Active Yaw Control. Berkat fitur ini Mitsubishi Lancer Evolution VIII bisa memiliki traksi lebih baik.

Secara umum ada tiga tipe Mitsubishi Lancer Evolution VIII. Meliputi tipe standar atau yang disebut GSR, RS, dan MR. Untuk tipe RS dan MR juga mendapat pembaruan limited slip front differential.

 

Mobil off road legendaris Toyota Land Cruiser juga hadir dalam koleksi diecast limited edition kali ini.

 

  1. Toyota Land Cruiser 40 Series

Detail merupakan nilai penting yang wajib dimiliki suatu model diecast untuk masuk daftar koleksi. Untuk itu, Pria Intersport bisa mendapatkannya dari model Toyota Land Cruiser 40 Series dari Johnny Lightning yang masuk dalam deretan diecast limited edition Intersport 40th Anniversary.

Coba saja lihat bagian depannya meliputi bumpergrille, hingga lampu-lampunya yang dibuat begitu mendekati dengan bentuk asli mobilnya. Termasuk untuk ban off road yang punya tekstur sangat nyata. Tak ketinggalan di mana atap soft top-nya dibuat memiliki lekukan-lekukan dari rangka penyangga. Benar-benar mirip aslinya!

Dari segi sejarah Toyota Land Cruiser memiliki peran penting dalam perjalanan brand Toyota di ranah otomotif global. Autoblog pernah menulis Land Cruiser merupakan mobil Toyota tertua yang produksinya masih berjalan hingga sekarang.

Generasi pertamanya diproduksi awal 1950-an untuk memenuhi kebutuhan mobilitas tentara Amerika Serikat dalam Perang Korea. Sedangkan perjalanan Toyota Land Cruiser 40 Series itu sendiri dimulai dari tahun 1960 hingga sekitar tahun 1984. Sebelum kemudian Toyota meluncurkan model selanjutnya, yaitu 70 Series.

Bukan tanpa alasan Toyota Land Cruiser dari setiap serinya selalu menjadi idola. Mobil ini dikenal sebagai salah satu kendaraan off road 4x4 paling tangguh yang pernah ada. Bahkan sampai kendaraan UN (United Nations) menjadikannya sebagai kendaraan operasional di daerah-daerah remote area.

Diecast Liberty Walks Nissan GT-R R35 dari Mini GT menyuguhkan detail yang tinggi.

 

  1. Liberty Walks Nissan GT-R R35

Model diecast limited edition selanjutnya tak kalah istimewa dalam hal detail yang ditunjukkannya. Perlu Pria Intersport ketahui, model Nissan GT-R R35 dari Mini GT ini adalah versi modifikasi Liberty Walks. Di dunia nyata Liberty Walks dikenal sebagai rumah modifikasi asal Jepang dengan hasil garapan yang ciamik.

Penggunaan body kit yang agresif, spoiler besar, dan pelek lebar menjadi beberapa ciri khas garapannya. Tak ketinggalan ground clearance mobil dibuat sangat rendah. Semua itu bisa Pria Intersport temui pada model diecast ini.

Kemudian, penampilan The Godzilla versi mini ini pun semakin unik dengan dibungkus livery Intersport yang punya desain paling agresif dibanding model lainnya. Nissan GT-R R35 itu sendiri merupakan generasi keenam dalam silsilah keluarga The Godzilla.

Motor Authority melaporkan mobil ini pertama kali diluncurkan di negara asalnya, Jepang, pada tahun 2008 dan masih eksis hingga sekarang. Pada generasi ini produsen mengganti transmisi manual dengan otomatis 6-kecepatan.

Mesin juga menggunakan unit baru berkode VR38DETT. Mesin twin turbo tersebut punya kapasitas 3.800 cc dengan konfigurasi V6. Tenaga tertinggi yang bisa dihasilkannya luar biasanya, yaitu mencapai 480 daya kuda dan torsi 583 Nm.

 

Profil Johnny Lightning dan Mini GT

Bukan tanpa alasan Intersport memilih berkolaborasi dengan Johnny Lightning dan Mini GT untuk menghadirkan diecast limited edition dalam rangka Intersport 40th Anniversary. Keduanya telah dikenal sebagai produsen diecast dengan kualitas tinggi.

Untuk Johnny Lightning brand ini telah memproduksi diecast sejak 1969. Melalui halaman resminya mereka mendefinisikan produknya sebagai “the collectible die-cast car for the adult collector”. Desain original dari diecast Johnny Lightning menekankan pada kecepatan mobil untuk balapan downhill dan track set oval.

Diecast Johnny Lightning memang menyasar konsumen dari kalangan orang dewasa karena detail-detailnya yang mendekati kenyataan. Namun begitu mereka tetap membuat produknya cocok berada di tangan anak-anak. Tahan banting dan aman!

Ilustrasi konstruksi diecast Mini GT yang dipajang di website resmi mereka. (Foto: minigt.com)

 

Sementara itu, untuk Mini GT mereka berusaha memberikan pengalaman hands-on terbaik untuk setiap diecast yang dibuat seperti halnya yang tertulis dalam website resminya. Ukurannya pas di genggaman tangan!

Material yang digunakan mayoritas adalah metal. Mini GT terkenal untuk detail-detail seperti yang bisa Pria Intersport temui pada bagian bawah mobil. Pada bagian ini Mini GT membuatnya selayaknya bagian bawah mobil sungguhan dengan ukiran-ukiran menyerupai mesin dan knalpot.

Konstruksi diecast Mini GT juga dilengkapi dengan interior. Tak ketinggalan ban dari material karet yang lembut. Desain roda dan peleknya pun dibuat dengan detail menyerupai aslinya. Faktor keamanan untuk anak-anak juga begitu diperhatikan. Misalnya saja dengan penggunaan material karet untuk side mirror alias kaca spion.

Setelah melihat pembahasan dari setiap model diecast Intersport 40th Anniversary, kira-kira model apa yang Pria Intersport pilih? Jangan lupa semuanya berstatus limited edition sehingga jumlahnya di pasaran akan terbatas. Jadi pastikan Pria Interport memiliki semuanya untuk melengkapi koleksi. Happy hunting!

 

Sumber:

minigt.com

johnnylightning.com

motorauthority.com

autoblog.com

SAMPAIKAN KOMENTAR