Diecast - Hobby, Koleksi, Investasi
07
Mar
2020
0 Comment Share Likes 705 View

Bagi kalian pecinta diecast, menurut kalian mainan ini adalah hanya untuk sekedar hoby, kleksi atau investasi?. Peminat diecast belakangan ini semakin berkembang dan akan terus berkembang, seolah mainan ini tidak ada matinya. Dahulu diecast diproduksi dan digunakan hanya sebagai mainan anak kecil. Namun seiring berjalannya waktu, sekarang diecast sudah digemari oleh segala usia, mulai dari anak anak yang hanya mengenalnya sebuah mainan sampai menjamah ke orang yang sudah dewasa mauun sudah tua dan di gunakan sebagai koleksi sekaligus investasi. Tidak sedikit para pencinta diecast ini yang rela kehilangan uang yang tidak sedikit demi untuk berburu mainan hingga ke mancanegara. Perkembangan dunia digital juga ikut berperan penting dalam perkembangan diecast yaitu dengan adanya forum-forum jual beli maupun komunitas untuk para pecinta dan penghoby diecast. Dengan sosial media ini bisa mempertemukan orang-orang yang memiliki hobi yang sama,berbagi pengetahuan serta wawasan yang mungkin belum diketahui sebelumnya dalam dunia diecast.

Kenapa diecast bisa di jadikan barang investasi?
untuk sebagian orang diecast adalah barang berharga dan bernilai jual tinggi, kenapa? Ada beberapa faktor yang mempengaruhi bahwa diecast itu mampu menjadi barang investasi di antaranya adalah karena diecast itu limited edition. Diecast limited edition ini biasanya sangat susah di cari, sekalipun menemukanya harganya sangat gelap dan biasanya diecast ini sudah berada di tangan para kolektor. Sebagai contoh diecast Ferrari 599XX dengan skala 1:64 keluaran Hot Wheels yang laku di angka 17 juta pada ajang Indonesia Diecast Expo 2017. Anthony berhasil membawa pulang diecast tersebut setelah berhasil menyebut angka fantastis untuk sebuah diecast, yaitu sebesar 17 juta rupiah. Menurutnya ini adalah diecast yang sangat istimewa karena Pertama ini adalah limited edition, dibuat hanya 100 pcs di seluruh dunia. Yang kedua karena ini adalah produksi nomor satu, artinya ini yang dibuat pertama.

Lalu ada lagi diecast yang lebih mahal dari mobil aslinya. Untuk yang satu ini memang terbilang terlalu lebay, tetapi yang namanya sudah hoby dengan sesuatu barang dan apalagi barang itu memiliki nilai khas tersendiri yang tidak di miliki barang lain tentu akan membuat para maniak berlomba lomba memiliki barang ini. Lamborghini Aventador LP 700-4 dengan skala 1:8 buatan Robert Gulpen ini bisa dikatakan menjadi salah satu diecast termahal di dunia dan hanya kolektor kelas berat yang mampu membelinya. Mobil miniatur buatan insinyur asal Jerman ini dibanderol dengan harga pembukaan pada lelang sebesar 7,5 juta USD juka di rupiahkan bisa mencapai 82 miliar rupiah. Lalu apa yang membuat diecast ini menjadi sangat mahal? Bahan dari Aventador mainan ini memang bukan seperti mainan mobil diecast biasa, melainkan terbuat dari serat karbon dan emas murni. Tidak hanya itu, diecast ini juga bertaburkan berlian di beberapa bagiannya. Bayangkan untuk bahannya saja bernilai 2,8 juta USD ini berarti lebih dari 30 miliar rupiah, dan itu pun belum termasuk biaya proses pembuatan yang di buat dengan detail yang memukau. Menurut Gulpen, diecast buatannya ini akan memecahkan tiga rekor dunia sekaligus. Pertama adalah menjadi diecast termahal di dunia, kedua adalah diecast ini disimpan di tempat penyimpanan paling aman karena terbuat dari bahan grade militer yang salah satunya karena adanya fitur anti peluru pada blister box nya, dan yang ketiga adalah logo termahal karena terbuat dari komponen emas, serat karbon, serta bertahtakan berlian. Ini membuat nilai investasinya akan berlipat-lipat dari tahun ke tahun.

Menurut beberapa sumber Sebagian kolektor memang ada yang berpikir untuk investasi juga dan ketika barangnya sudah susah dicari, harganya naik ber kali kali lipat dari harga pembelian di awal. Biasanya, kolektor mobil diecast yang juga sebagai investor membeli lebih dari satu unit untuk sebuah jenis produk diecast yang limited, Satu diecast untuk koleksi, dan yang satunya untuk investasi.

Jika sebuah mobil diecast berstatus limited edition dan rare item, maka jangka waktu kenaikan harga jual kembalinya sangat cepat. Biasanya dari jangka waktu 1-2 bulan harganya sudah mulai naik, dan kenaikan harganya bisa mencapai 100 persen jika barangnya memang benar benar limited dan rare item. Kenaikan harga jual kembali biasnya dalam rentang 200 - 400 persen tergantung kondisi barangnya dan hype di dunia diecast, ini bisa diperoleh dalam beberapa tahun saja. Untuk produk diecast keluaran belasan atau puluhan tahun lalu, kenaikan harganya bisa lebih mengerikan. Contohnya diecast Ferrari skala 1:8 buatan tahun 1992, yang ketika itu harganya masih di sekitaran Rp 700 ribu, Sekarang sudah menyentuh hingga Rp 20 jutaan.

So bagi kalian para kolektor dan pecinta diecast atau bagi orang awam yang akan berkecimpung di dunia diecast, ini adalah lahan segar untuk investasi jangka panjang karena pada prinsipnya harga diecast tidak akan turun karena hanya di buat per produksi dan jarang yang akan di produksi lagi di tahun tahun berikutnya dengan model yang sama.

SAMPAIKAN KOMENTAR