Deretan Mobil Roadster Legendaris Honda
05
Feb
2021
0 Comment Share Likes 602 View

Berkendara di sore hari selagi menikmati matahari terbenam dengan menggunakan mobil bertipe roadster merupakan kesenangan tersendiri. Hembusan angin yang melewati bagian atas mobil yang tidak menggunakan atap, memberikan sensasi berkendara dan menikmati performa dari mobil menjadi tak tergantikan.

Namun sayangnya iklim di Indonesia yang cenderung tropis menjadikan tipe mobil roadster ini kurang dinikmati. Bagaimana tidak, selain panas dan lembab yang akan mengganggu kesenangan berkendara, mobil-mobil dengan tipe roadster mayoritas dimiliki oleh produsen-produsen mobil asal eropa maupun amerika, sedangkan untuk pasar otomotif di Indonesia, pabrikan asal jepang masih senantiasa menjadi mayoritas pasar.

Memang ada salah satu mobil bertipe roadster asal jepang yang populer di Indonesia, seperti Mazda MX 5 atau Miata, namun bagaimana dengan pabrikan asal Jepang yang lain? Sebutlah seperti pabrikan Honda. Honda yang dikenal sebagai salah satu pabrikan otomotif yang memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi ini, menjadi salah satu pabrikan asal Jepang yang mendominasi pasar di Indonesia. Namun apakah Honda pernah menciptakan mobil bertipe roadster-nya sendiri? Jawabannya tentu pernah, dan tidak hanya satu saja. Pada artikel kali ini Intersport akan memberikan informasi perihal mobil-mobil roadster populer dari pabrikan yang mengusung tagline “The Power of Dream” ini. 

 

Honda Beat (Kei Car)

Honda Beat merupakan mobil mini yang populer pada tahun 1990-an, mobil yang diproduksi sejak tahun 1991 hingga 1996 ini merupakan salah satu bentuk dari tren otomotif yang dibawa oleh negara Jepang. Terhitung pada era tersebut, para produsen otomotif asal Jepang sedang berlomba-lomba dalam menciptakan mobil mini yang diperuntukan untuk mendapatkan kesenangan berkendara, salah duanya adalah dengan hadirnya Honda Beat ini, serta pesaingnya Suzuki Cappuccino.

Mobil kecil ini dibekali dengan mesin 656cc 3 silinder yang sebenarnya merupakan mesin dari sepeda motor Honda dimodifikasi dengan system MTREC (multi throttle responsive engine control) dengan badan throttle individu yang masing-masing dari ketiga silinder yang dimiliki dapat menghasilkan power sebesar 63 Bhp, dan dapat melahap kecepatan maksimal di angka 135 km/jam.

 

sumber

 

Hal menarik lainnya pada mobil Honda Beat ini adalah bahwa mobil ini merupakan mobil terakhir asal Honda yang mendapatkan restu dari sang pendiri raksasa otomotif asal Jepang tersebut, yaitu Soichiro Honda. Sebelum menghela nafas terakhirnya pada 5 Agustus 1991, Soichiro untuk terakhir kalinya memberikan izin serta restu untuk membuat mobil sport compact ini. Selengkapnya seputar Honda Beat dapat Pria Intersport Akses di sini

 

Honda S660

Honda S660 merupakan bentuk modern dari sang predecessor Honda Beat yang sebelumnya kita bahas. Kei Car modern asal Honda ini merupakan mobil dengan konfigurasi mesin tengah dan penggerak roda belakang. Mulai dari konfigurasi penempatan mesin hingga bobot serta dimensi yang dimiliki mobil ini hampir identik dengan sang pendahulunya.

 

sumber

 

Dengan kata lain, mobil yang lebih modern menggunakan mesin yang tentunya lebih bertenaga, Honda S660 memiliki karakter mobil yang sangat menyenangkan jika dibandingkan dengan Honda Beat. Honda S660 ini dibekali dengan mesin 658 cc S07 Turbo dan dapat menghasilkan power sebesar 63 hp dan 104 Nm pada 2600 pm. 

Memang secara angka akan terasa kurang impresif, namun jika ditinjau kembali dari sisi weight to power distribution, pastinya Pria Intersport akan berpikir kembali ketika hendak meremehkan mobil ini. Mobil yang hanya memiliki bobot seberat 830 kilogram ini dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam di bawah waktu 10 detik dan dapat mencapai kecepatan maksimum hingga 140 km/jam.

 

Honda S600

Untuk mobil selanjutnya Honda S600, kita akan mundur kembali hingga tahun 1960an, Honda S600 merupakan mobil sport roadster Honda yang diproduksi pada tahun 1964 Mobil ini merupakan suksesor dari model roadster Honda lainnya yaitu Honda S500.

Honda S600 adalah mobil Honda pertama yang ditawarkan dengan multi trim atau dua pilihan opsi penjualan, diantaranya tipe roadster, serta tipe fastback. Mobil ini mulai dijual ke pasaran pada tahun 1965 dengan berbekal mesin DOHC berpendingin cairan, 4 silinder segaris dengan 4 buah karburator buatan Keihin dan memiliki cc sebesar 606 cc (lebih unggul dari pendahulunya S500 yang hanya memiliki 531cc).

 

sumber

 

Honda S600 Roadster merupakan mobil dengan bobot yang sangat minim, secara keseluruhan bobot dari mobil ini hanya kisaran 700 kilogram. Selain menjadi mobil Honda pertama yang memiliki multi trim, Honda S600 juga merupakan mobil asal Honda pertama yang dijual hanya menggunakan konfigurasi hanya setir kanan.

 

Honda S2000

Jika pada beberapa mobil yang sebelumnya Intersport sebutkan memiliki kapasitas mesin yang terbilang kecil, pada daftar terakhir kali ini Intersport memasukan salah satu mobil legendaris dan populer asal Honda dengan kapasitas mesin yang cukup mumpuni.

Mobil kali ini merupakan bentuk eksekusi dari concept car yang diperkenalkan Honda pada ajang Tokyo Motor Show di tahun 1995. Mobil ini adalah Honda S2000 yang secara resmi dan dijual kepada masyarakat luas pada tahun 1999 sekaligus menjadi ajang peringatan eksistensi Honda di dunia yang ke 50 tahun.

Jika meninjau kembali setiap daftar yang Intersport berikan, Pria Intersport seharusnya dapat menyimpulkan bahwa penamaan dari roadster-roadster Honda merupakan bocoran spesifikasi yang disematkan pada setiap mobilnya, seperti S600 dengan mesin 600cc, S660 dengan 660cc. dan benar saja S2000 merupakan roadster honda yang dibekali dengan mesin 2000cc.

Honda S2000 memiliki 2 generasi dimana generasi pertama diproduksi mulai dari tahun 1999 hingga tahun 2003, dan pada generasi kedua yang diproduksi dari tahun 2004 hingga 2009. Pada generasi pertama, Honda S2000 dibekali dengan mesin 1997 cc F20C 4 silinder DOHC V-TEC segaris, dengan transmisi manual 6 percepatan yang dapat menghasilkan power sebesar 247 hp dan torsi maksimum 218 Nm, diiringi juga dengan hadirnya torsen limited slip differential.

Lalu pada generasi kedua yang diproduksi pada 2004 hingga tahun 2009, Honda S2000 yang dikenal juga dengan nama AP2, dibekali dengan mesin berkapasitas 2.157 cc F22C2 4 silinder segaris yang dipadukan dengan transmisi manual 6 percepatan, dan menghasilkan power maksimum 237 hp, torsi maksimal sebesar 220 Nm.

 

 

Pada generasi kedua S2000, honda memberikan berbagai treatment khusus untuk mobil ini dengan hadirnya berbagai pilihan trim yang dapat disesuaikan seperti Type S, GT, serta Ultimate Edition dan GT Edition 100, yang berbekal spesifikasi dan bentuk interior yang berbeda.

Pria Intersport bisa menyaksikan roadster yang bisa dibilang langka ini tampil di Driven by Passion episode 5 - State of The Art dan dimodifikasi dengan gaya racing yang terinspirasi oleh tuner asla Jepang, J’S Racing, oleh Subronto Laras.

Dari daftar roadster Honda yang disebutkan di atas, model mana yang jadi favorit lo?

SAMPAIKAN KOMENTAR