Deretan Mobil Project Rifat Sungkar, Kenceng Semua, Nih!
19
Jun
2021
0 Comment Share Likes 336 View

Siapa tak kenal dengan pembalap bernama Rifat Sungkar. Pria kelahiran Oktober 1978 ini memang sudah lama berkecimpung di dunia balap. Pria ramah ini dibesarkan di tengah keluarga pereli. Bahkan balap reli sudah menjadi bagian dari hidup seorang Rifat Sungkar. 

Namun, pernah kah membahas deretan mobil balap satu ini? Mungkin tidak banyak orang yang tahu tentang mobil-mobil project atau yang pernah dibangun oleh Rifat Sungkar. Berikut ini Intersport coba beberkan beberapa mobil project yang pernah dibuat Rifat Sungkar.

 

Mitsubishi Lancer Evolution X

 

sumber

 

 

Tahun 2013 Rifat Sungkar mengikuti ajang balap Rally America. Mobil yang digunakan kala itu Mitsubishi Lancer Evolution X yang sudah dimodifikasi total pada bodi, mesin dan kaki-kaki. Di ajang balap itu Rifat menjadi pembalap Indonesia pertama yang berlaga di Rally America. 

Mobil berpenggerak AWD ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 350 hp @4.500 rpm dengan torsi maksimum sekitar 450 Nm @5.000 rpm. 

 

Transmisinya memakai sistem dog-box dengan sequential shifting. Mobil berkelir hitam ini juga digunakan untuk ajang Oregon Trial Rally. Di tahun 2013 aja tenaga mesinnya sudah sebesar itu, gimana kalau sekarang ya? 

 

Tubular Mr.Fox

 

sumber

 

Mobil kedua yang cukup terkenal adalah mobil tubular dengan nama Mr.Fox. Mr.Fox dibangun untuk keperluan balap speed offroad. Kapasitasnya mencapai 7.500 cc, V8 dengan transmisi manual 4 percepatan. Sementara untuk suspensi bagian depan menganut sistem full independent, sementara bagian belakang dengan solid axle. 

Tenaganya sekitar 380 hp dengan torsi puncak yang ada di kisaran lebih dari 470 Nm. Mobil seharga puluhan ribu Dollar AS ini dibuat di dua negara, Indonesia dan Australia. 

 

Xpander AP4 Rally

 

sumber

 

Mobil berikutnya adalah Mitsubishi Xpander AP4 Rally yang dikenalkan pada 2019 silam. Mobil yang mengambil basis dari sebuah mobil keluarga 7 penumpang ini awalnya sempat diragukan. Namun, Rifat membeberkan jika platform yang digunakan memakai mobil balap AP4 buatan New Zealand. 

AP4 sendiri merupakan platform yang bisa diimplementasikan di berbagai jenis mobil. Xpander AP4 Rally memakai mesin berkapasitas 1.600 cc, 4 silinder. Tenaganya ada di kisaran 350 hp dengan torsi 410 Nm. 

 

Mobil balap satu ini dibekali dengan berbagai perangkat teknologi canggih. Mulai dari mesin, suspensi, kaki-kaki, hingga transmisi sequential yang hampir seluruhnya dikendalikan oleh komputer berharga fantastis. 

 

Mitsubishi Pajero Sport

 

sumber

 

Tahun 2014 Rifat juga pernah membuat gebrakan baru dengan memakai Pajero Sport untuk balap speed offroad. Peraih juara 8 kali reli nasional ini berhasil membuat Pajero Sport dari yang tadinya punya tenaga 136 hp menjadi 305 hp.

 

Bobot mobil yang tadinya berada di angka 2 ton dipangkas habis menjadi 1 ton saja. Penyusutan ini diakibatkan oleh penggunaan material berbahan karbon serta pengurangan komponen bodi. Dari seluruh mobil project yang pernah dibuat Rifat Sungkar, kira-kira mana nih yang jadi favorit kalian, Pria Intersport?

SAMPAIKAN KOMENTAR