Deretan Kolaborasi Perusahaan Produsen Otomotif Terbaik
21
Jan
2021
0 Comment Share Likes 311 View

Sebagai makhluk sosial manusia membutuhkan manusia lain untuk bertahan hidup. Begitupun dengan sebuah bisnis otomotif produsen mobil, pengembangan dan riset yang dilakukan oleh para manufaktur mobil, membutuhkan waktu bertahun lamanya, serta membutuhkan biaya yang tidak sedikit, untuk menyiasatinya, beberapa produsen mobil memutuskan untuk menjalin kerjasama dengan produsen mobil lainnya.

Pada artikel Intersport kali ini, kami akan memberikan informasi seputar kolaborasi-kolaborasi antar produsen otomotif yang menghasilkan karya otomotif yang luar biasa dan kerap kali menjadi sebuah mobil yang ikonik. Kelak, mobil-mobil ini makan menjadi koleksi yang selangit harganya. Namun perlu diketahui bahwa mobil-mobil yang ada pada daftar kali ini hanya dibatasi seputar, sportscar dan supercar saja ya. Check this out!

 

Lamborghini - BMW : BMW M1

 

sumber

 

Sudah sekitar 40 tahun yang lalu, BMW mengejutkan dunia dengan sebuah mobil project yang akan digadang-gadang sebagai Street Legal Racing ini. Diperkenalkan kepada dunia pada tahun 1978 mobil ini menjadi gebrakan BMW pada dunia motorsport diluar kejuaraan touring car.

Project BMW M1 ini dipimpin oleh Jochen Neerpasch, diawali saat salah satu perusahaan supercar asal Italia, Lamborghini sedang mengerjakan sebuah project mobil terbarunya. Namun karena permasalahan finansial, Lamborghini hanya sanggup memproduksi 7 unit mobil project-nya. Berita ini terdengar oleh pihak BMW yang sesegera mungkin menghubungi pihak Lamborghini untuk menawarkan kerjasama mobil project Lamborghini tersebut.

Sehingga tidak heran jika memang BMW M1 ini memiliki bentuk dan desain yang sangat berbeda dari kebanyakan mobil BMW yang beredar. Karena memang mobil ini memiliki DNA kental asal Italia. Mobil yang dipersenjatai mesin 6 silinder segaris dengan power maksimal 277 hp yang dapat melahap kecepatan tertinggi hingga 265 km/jam. Terhitung kurang dari 500 unit mobil M1 di seluruh dunia, sehingga menjadikan BMW M1 sebagai salah satu collector item yang diperebutkan.

 

Mercedes Benz - McLaren : Mercedes Benz SLR

 

 sumber

 

Nama SLR sendiri sudah pasti sangat sering Pria Intersport dengar, SLR adalah akronim dari Sport, Light, Racing. Nama ini bermula tahun 1950an, dimana Mercedes Benz sedang mengalami masa emasnya bersama dengan salah satu pembalap jenius Stirling Moss yang menggunakan mobil Mercedes Benz 300SL pada berbagai ajang motorsport di dunia, mulai dari Le Mans hingga Touring Championship.

4 dekade berselang, kepala project Mercedes Benz 300 SL menginginkan mobil yang akan menjadi suksesor 300 SLR namun dapat digunakan sebagai mobil road legal. Mercedes Benz yang pada saat itu (1990an) sedang menjalin kerjasama dengan salah satu tim Formula 1 terbaik masa itu, membawa kerjasama antar keduanya, menjadi sebuah project mobil road legal yang memiliki keterampilan layaknya sebuah mobil balap.

Sehingga pada tahun 1999, hasil kolaborasi Mercedes Benz & Mclaren mulai diperkenalkan kepada dunia dengan sebuah mobil sport 2 pintu yang berbasis dari mobil Mercedes Benz SL-Class R129 dan hasil tangan engineering serta performa dari Mclaren, yang diberi nama Mercedes Benz Vision SLR. Pada tahun 2003 akhirnya mobil ini dijual dipasaran secara terbatas.

SLR McLaren dibekali oleh mesin 5,4 liter V8 yang dilengkapi dengan supercharger menghasilkan boost sebesar 0,9 bar. Mesin AMG buatan tangan ini menghasilkan 626 hp pada 6.500 rpm. Dengan torsi maksimum 780 Nm tersedia dari 3.250 rpm dan tetap di level ini hingga 5.000 rpm. Mid engine dipasangkan dengan transmisi otomatis lima kecepatan yang mentransfer tenaga ke roda belakang.

Mercedes Benz SLR McLaren mampu berakselerasi dari posisi 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 3,8 detik. Selain itu, mobil ini juga dapat mencapai kecepatan 200 km/jam dalam waktu 10,6 detik dan 300 km/jam dalam waktu 28,8 detik. Seperempat mil dilahap dalam waktu 11,2 detik serta memiliki kecepatan tertinggi sebesar 334 km/jam.

 

McLaren-BMW : McLaren F1

 

sumber
 

McLaren F1 adalah mobil sport yang dirancang dan diproduksi oleh pabrikan mobil Inggris McLaren Cars, hasil kerjasama dengan BMW yang menyediakan kebutuhan basis mesin S70/2 V12. Mobil ini digagas oleh Gordon Murray dan Ron Dennis. Mobil ini memiliki berbagai desain dan teknologi mutakhir pada zamannya. Bahkan mobil ini masih lebih ringan dan memiliki struktur yang lebih ramping daripada banyak mobil sport modern yang ada saat ini.

Memiliki posisi tempat duduk yang unik dengan hanya menyematkan 1 kursi di tengah-tengah  memberikan visibilitas pengemudi yang superior dengan tata letak tempat duduk konvensional. Mobil ini memiliki reputasi yang sangat baik dalam versi road legal atau pun versi motorsport, dalam ajang motorsport sendiri McLaren F1 mengantongi berbagai kejuaraan termasuk 24 Hours of Le Mans 1995, dimana ia menghadapi mobil balap prototipe yang dibuat khusus. Produksi dimulai pada tahun 1992 dan berakhir pada tahun 1998.

Pada tahun 1994, majalah mobil Inggris Autocar menyatakan dalam sebuah tes jalan raya mengenai F1, "McLaren F1 adalah mesin penggerak terbaik yang pernah dibuat untuk jalan umum." Lebih lanjut mereka menyatakan, "F1 akan dikenang sebagai salah satu peristiwa besar dalam sejarah mobil, dan mungkin menjadi mobil jalan raya produksi tercepat yang pernah ada di dunia."

 

Mercedes Benz - Porsche : Mercedes Benz 500E

 

 sumber

 

Pada tahun 1990 Mercedes Benz bekerjasama dengan rival 1 negaranya Porsche, dalam pengembangan salah satu suksesor mobil Mercedes Benz yang populer yaitu Mercedes Benz W124. Mercedes Benz menunjuk Porsche untuk mengembangkan model performa tinggi W124 dengan merubah dan memodifikasi chassis yang sudah ada agar dapat menampung mesin  berukuran yang lebih besar yaitu mesin 5000cc V8 yang biasa digunakan pada Mercedes Benz SL. Selain itu, juga memiliki tenaga sebesar 321 hp dan untuk melahap 0-100 km/jam hanya memerlukan waktu 6.1 detik saja.

 

Toyota - BMW : Toyota Supra MK5

 

sumber
 

Mungkin bagi sebagian besar Pria Intersport yang memiliki kecintaan terhadap mobil-mobil JDM merasa bahwa kolaborasi yang satu ini merupakan kolaborasi yang kurang bijak, mengingat dalam kolaborasi ini, Toyota membawa nama salah satu mobil paling iconic yang pernah keluar dari negeri Jepang, Toyota Supra.

Pasalnya mobil yang menjadi idola para penggila JDM pada versi sebelumnya, harus mengalami update yang dikolaborasikan dengan salah satu pabrikan kenamaan asal Jerman. Pro dan kontra terhadap mobil inipun banyak beredar di media sosial yang menjadikannya bahasan yang menarik pada forum-forum otomotif yang ada.

Namun dari segala pro dan kontra yang ada Intersport melihat bahwa Toyota Supra MK5 ini memiliki perubahan yang sangat positif, dari segi desain yang agresif dan sporty pada mobil ini mempertegas bahwa mobil ini bukanlah mobil yang sembarangan. Pada sisi dapur pacu pun mobil ini menggunakan mesin terbaru asal BMW yang memiliki reputasi yang baik di kelasnya.

Toyota Supra MK5 ini berbagi platform dengan BMW Z4 yang menggunakan mesin keluaran terbaru BMW pada saat Toyota Supra diperkenalkan pada dunia. Supra mendapatkan 2 pilihan opsi mesin, diantaranya 1998 cc BMW B48 turbo 4 silinder segaris serta 2998 cc BMW B58 turbo 6 silinder segaris yang masing-masing memiliki output power sebesar 145–190 kW (194–255 hp; 197–258 PS) untuk konfigurasi B48 serta 250–285 kW (335–382 hp; 340–387 PS) pada konfigurasi B58 yang antara B48 dan B58 sama-sama menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan ZF 8HP.

Dengan mesin serta teknologi paling mutakhir di antara seluruh daftar mobil-mobil yang telah disebutkan, Intersport merasa bahwa Toyota Supra MK5 ini merupakan salah satu hasil kolaborasi 2 pabrikan otomotif terkeren selama 1 dekade terakhir. Pria Intersport setuju dengan daftar kali ini? Komen di bawah ya jika ada mobil favorit Pria Intersport yang belum masuk dalam daftar Intersport kali ini.

SAMPAIKAN KOMENTAR