Citroen GT - Mobil Prancis Berdarah Jepang
29
Mar
2020
0 Comment Share Likes 337 View

Citroën GT adalah mobil sport yang memulai debutnya sebagai mobil konsep pada 2 Oktober di Paris Motor Show tahun 2008. Mobil itu merupakan kolaborasi antara pembuat mobil Prancis Citroën dan pengembang game simulasi balap Jepang yaitu Polyphony Digital. Rencananya sejumlah enam mobil diperkirakan akan dibangun. Dan untuk patokan harga pada tahun itu adalah $ 2.100.000.Mobil konsep GT by Citroën secara khusus dibuat, dirancang dan diproduksi untuk game Gran Turismo 5 dan dimasukkan melalui unduhan dalam versi awal Gran Turismo 5 Prologue. Desainernya datang dengan proyek desain Citroën GT  dan menjualnya ke Polyphony Digital dan Citroën.

Desain eksterior mobil ini dibuat oleh Takumi Yamamoto, seorang desainer Jepang dari tim desain Citroën Style Jean Pierre Ploué. Takumi Yamamoto adalah teman masa kecil Kazunori Yamauchi, yang tak lain adalah direktur dari  Polyphony Digital dan sekaligus sang pencipta waralaba game Gran Turismo yang sangat populer, ia juga dikenal sebagai "Gegge". Menurut sebuah wawancara tv swasta di Paris Motor Show tahun 2008, ia dan Yamamoto mulai berkolaborasi di proyek ini pada tahun 2003 silam. Siaran pers yang diterbitkan di situs web resmi Gran Turismo Amerika Utara menggambarkan kolaborasi Digital antara Citroën dan Polyphony Digital sebagai "sebuah gabungan yang pertama kali dibicarakan di Geneva Motor Show Maret 2008. Yamamoto meyakinkan Jean Pierre Ploué untuk menyerahkan konsepnya ke kantor pusat Citroën di Paris yang saat itu setuju untuk memulai proses produksi prototypenya dan rencana kedepan untuk memproduksi mobil aslinya. Bagian belakang mobil konsep Citroën GT  dirancang dengan hati-hati agar sesuai dengan apa yang sebenarnya akan terlihat oleh para gamer dalam permainan karena ini adalah kendaraan berfitur yang lebih futuristik dan mempunyai karakter yang kuat, kata Yamamoto.

Pada bagian depan mobil ini di aplikasikan air intake yang besar guna mengakomodir udara yang akan memaksimalkan pendinginan mesin, pendinginan sistem reem dan aerodinamika pada mobil. Headlamp pun sudah menggunakan model LED yang dimana pada tahun itu headlamp model ini masih sangat jarang di gunakan. Lalu menuju ke bagian samping disana anda akan melihat rear view mirror berbahan carbon fiber dengan bentuk yang futuristik serta garis body samping yang mengesankan bahwa mobil ini mempunyai karakter soprty yang sangat kental. Menuju ke bagian interior kalian akan di suguhkan dengan interior mobil yang kental dengan aura futuristik, Kabin dari  Citroën GT dirancang untuk menampung pengemudi dan co-driver yang artinya mobil ini 2 seater. Kabin ini menggabungkan bahan material premium dan di tambah dengan posisi mengemudi yang ergonomis dilengkapi fitur berteknologi tinggi, yang seemuanya terinspirasi oleh dunia balap. Dua kursi balap model Bucket seat yang empuk berlapis kulit warna gelap siap merengkuh pengemudi dan penumpang untuk feeling berkendara yang luar biasa. Aksen kulit yang dijahit dari panel pintu dan lantai menambah kesan sporty Citroën GT. Lalu pada bagian pengemudi tersedia head-up dissplay yang membantu kalian dalam memonitor Citroën GT , sehingga kalian akan dapat dengan mudah melihat semua informasi yang Anda butuhkan pada dashboard mobil ini.

Sebagai pengembang game simulasi balap terkemuka dunia yang telah mengirimkan lebih dari 50 juta kopi sejak tahun 1998, Polyphony Digital telah berkolaborasi dengan pembuat dan tuner suku cadang asal Jepang, terutama yang berkaitan dengan brand Nissan, sejak Januari 2002. Kolaborasi ini sangat penting karena Nissan menggunakan Grand Turismo sebagai sarana pengembangan bagian aero untuk Nismo Fairlady Z s-tune yang di buat tahun 2002, Nismo Skyline Coupé di tahun 2004, Amuse S2000 Street Version 2003, dan Nismo Fairlady Z di tahun 2005, lalu ada lagi mobil Opera, dengan srei  Carmate Opera Z yang memulai debutnya di tahun 2005, pada pameran mobil Tokyo Auto Salon. Polyphony Digital juga melakukan desain eksterior untuk Amuse S2000 GT1 2005 dan desain livery untuk tim balap Formula Nippon Impul racer di tahun 2006. Citroën GT ini mempunyai spesifikasi mesin Mid engine dengan mesin Ford V8 5.4L yang mampu menghasilkan tenaga 789 bhp dengan transmisi 7-speed "circle" sequential gearbox.

Sebagian besar mobil ini memiliki fitur virtual yang sama dalam game Gran Turismo sebagai "Concept by Gran Turismo". Beberapa bagian yang dirancang oleh Polyphony Digital seperti kit aero lengkap dari Carmate Opera Z yang termasuk dengan bemper depan, side skirt, bemper belakang, dan wing spoiler belakang, dimana pada akhirnya diproduksi dan dijual oleh Opera Performance tuner Jepang sebagai kit aero 350Z RS. Kolaborasi yang terbaru dengan Nissan termasuk ke dalam desain interior dari Nissan GT-R dengan tambahan perangkat Multifunction Meter dan desain aero parts untuk Amuse GT1 Turbo. Proyek GT Citroën sendiri merupakan langkah lebih lanjut dalam desain dan produksi untuk Polyphony Digital. Pada Juni 2009, Citroën mengkonfirmasi rencana untuk memproduksi GT dalam jumlah yang sangat terbatas untuk dijual kepada khayalak publik. Hanya 6 unit rencananya yang akan dibangun, masing-masing di bandrol dengan harga 2,1 juta USD. Dan pada Juli 2010, desas-desus bahwa produksi dari Citroën GT ditangguhkan mulai muncul.  Namun, informasi ini mungkin tidak benar dan hanya Hoax, karena ada beberapa Citroën GT yang sudah dilisensikan untuk dikendarai di jalanan.

Sources : Wikipedia, Citroen.co.uk

 

 

SAMPAIKAN KOMENTAR