Chevrolet Impala SS 409, Makin Tua Makin Mahal!
15
Apr
2020
0 Comment Share Likes 2999 View

Impala adalah mobil penumpang termahal Chevrolet pada tahun 1965 dan menjadi salah satu model terlaris Chevrolet pada saat itu, berkompetisi dengan Ford Galaxie 500 dan Plymouth Fury. Kepopuleran Impala sebagai sedan full-size Chevrolet berlanjut pada dekade 1980-an. Antara tahun 1994 dan 1998, Impala kembali dengan mesin 5.7-liter V8 yang juga dipakai oleh sedan Caprice Classic.

Dan tahun 2000 sampai 2020, Impala tetap menjadi mobil sedan penumpang andalan Chevrolet yang popular di antara mobil – mobil buatan Amerika yang lebih laris di Amerika Serikat.

Pada debutnya tahun 1958, Impala dibedakan dari model lain dengan lampu belakang tiga simetrisnya. Chevrolet Caprice diperkenalkan sebagai Impala Sport Sedan top-line untuk model tahun 1965, kemudian menjadi seri terpisah yang diposisikan di atas Impala pada tahun 1966, yang, pada gilirannya, tetap di atas Chevrolet Bel Air dan Chevrolet Biscayne.

Pada tahun 2000, Impala diperkenalkan kembali sebagai mobil penggerak roda depan utama. Pada Februari 2014, Impala 2014 berada di peringkat # 1 di antara Mobil Besar Terjangkau di peringkat Berita & Laporan Dunia AS. Ketika generasi kesepuluh Impala diperkenalkan untuk model tahun 2014, generasi kesembilan dinamai ulang sebagai Impala Limited dan hanya dijual kepada pelanggan armada hingga 2016. Selama waktu itu kedua versi dijual di Amerika Serikat dan Kanada. Impala generasi saat ini juga dijual di Timur Tengah, Cina, dan Korea Selatan.

Di antara semua generasi Impala, Impala generasi ketiganya-lah yang paling sukses dan berkesan dikalangan orang - orang di seluruh dunia terutama Impala SS. Karena pada waktu itu (1961 – 1969), mobil ini menjadi mobil terseksi yang pernah ada, selain itu mesinnya juga sangat buas pada masanya.

Dalam siaran pers 17 Desember 1960 Divisi Chevrolet Motor memperkenalkan opsi Impala SS (Super Sport) ke pasar. Badge SS adalah untuk menjadi tanda tangan kinerja Chevrolet pada banyak model, meskipun sering kali hanya berupa paket penampilan saja.

Paket SS bawaan pabrik Impala pada tahun 1961 benar-benar paket performance ketika keluar dari pabrik mesin dari Impala sudahlah sangat buas, dimulai dengan 348 cu in (5,7 L) mesin V8 tersedia dengan 305 hp (227 kW ; 309 PS), 340 hp (254 kW; 345 PS), dan 350 hp (261 kW; 355 PS) atau 409 cu baru di (6,7 L) V8, yang pada tahun 1961 diberi peringkat 360 hp (268 kW; 365 PS).

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, paket Super Sport hanya tersedia di Impala 1961, termasuk sedan dan station wagon (brosur penjualan menunjukkan Sedan Sport 4-pintu hardtop dengan paket SS). Paket ini juga termasuk ban yang ditingkatkan pada roda station wagon, pegas, guncangan dan pelapis rem logam sintered khusus. Hanya 142 1961 Impala Super Sports yang datang dari pabrik dengan 409. Selain paket SS yang dipasang pabrik, dealer Chevrolet dapat menambahkan trim SS ke Impala standar apa pun tanpa peningkatan kinerja "wajib", dan sejumlah '61-an begitu lengkap.

Mulai model tahun 1962, Impala SS adalah paket penampilan terbatas untuk model hardtop dan model konversi, tersedia dengan semua mesin dalam seri Impala dimulai dengan basis 235 cu in (3,9 L), 135 hp (101 kW; 137 PS) inline-6 hingga 1967, meskipun mesin blok besar dan suku cadang tugas berat masih bisa dipesan. Dari 1967 hingga 1969, model tambahan, SS427, tersedia.

 

Super Sport dikenal sebagai Opsi Produksi Reguler (RPO) Z03, dari tahun 1962 hingga 1963, dan sekali lagi pada tahun 1968. Dari tahun 1964 hingga 1967, Super Sport adalah model terpisah, dengan awalan VIN sendiri (untuk model V8, 168 dibandingkan dengan 164 untuk Impala biasa). Super Sports dari tahun 1962 hingga 1964 hadir dengan trim aluminium berbelok-mesin, yang digantikan oleh strip trim "pudar" pada tahun 1965 yang berjalan di bawah lampu belakang. 1965 Eksterior Super Sport hanya berbeda sedikit dari Impalas biasa. Trim panel rocker telah dihapus. Skrip "Super Sport" menggantikan lencana fender "Impala". Konsol tengah yang baru menyimpan jam listrik tipe reli, dan instrumentasi lengkap sekarang termasuk pengukur vakum. Sebanyak 243.114 Impala SS coupe dan convertible dibangun untuk 1965.

Impala SS 1966 dilengkapi facelifted dengan grille yang direvisi dan lampu belakang persegi panjang baru yang menggantikan unit ronde tiga. Strip sabuk krom yang dibagikan dengan Impalas reguler ditambahkan sebagai tanggapan terhadap keluhan tentang bantingan pintu pada tahun 1965 yang bersih. Di dalamnya terdapat kursi depan "Strato-bucket" baru dengan punggung kursi yang lebih tipis dan lebih tinggi, dan konsol tengah dengan paket pengukur opsional tersedia. Penjualan Impala SS 1966 turun lebih dari 50% menjadi sekitar 117.000 unit; ini terutama disebabkan oleh peralihan pasar mobil sport / performa dari model berukuran penuh ke perantara (termasuk Chevelle SS396 dan Pontiac GTO milik Chevrolet), bersamaan dengan pasar yang muncul untuk pasar mobil kuda poni yang bahkan lebih kecil yang dibuat oleh Ford Mustang pada tahun 1964 yang Chevrolet akan merespons dengan Camaro untuk 1967.

Saat ini, Impala SS tetap menjadi mobil yang mewah dan mahal, semakin tua Chevrolet Impala SS nya maka semakin mahal pula harganya, Ayah dari Youtuber JProCarVlog mempunyai mobil ini dan dia mengaku membelinya seharga 1 Miliar rupiah walaupun dalam kondisi kurang prima.

Sources : motor1, musclecars.howstuffworks, wikipedia

SAMPAIKAN KOMENTAR