Bowler Buldog, Landy Kencang Yang Bisa Ngacir
24
Feb
2020
0 Comment Share Likes 301 View

Bagi penggemar Land Rover, tentu sudah tak asing lagi dengan nama besar Bowler. Adalah Tuner spesialis untuk off-road racing ini memang memilikik kedekatan khusus dengan pabrikan asal Inggris yaitu Jaguar Land Rover. Bowler Manufacturing sendiiri adalah produsen kendaraan balap off-road yang berbasis pada chasis Land Rover Defender dan Range Rover. Perusahaan ini mempunyai markas di kota Belper, Derbyshire, di Inggris. didirikan oleh Drew Bowler yang awalnya merancang dan memproduksi Bowler Tomcat yang dijual dan kemudian mengembangkan seri ke duanya yaitu Bowler Wildcat. Tangan dingin para teknisi dari Bowler sudah terbukti mampu meningkatkan performa Land Rover dan Range Rover di berbagai ajang off-road racing dunia, baik di negara Inggris ataupun ajang offroad terkenal di dunia seperti Dakar, Afrika Eco Race dan Baja Aragon. Selama hampir 35 tahun, Bowler telah berhasil menghadirkan inovasi dan kesuksesan di berbagai ajang motorsport terutama off road. Dan pada akhir tahun 2019 Jaguar Land Rover memutuskan untuk mengakuisisi tuner yang pertama kali berdiri pada 1985 tersebut untuk menjadi bagian dari SVO atau Special Vehicle Operation, yang merupakan divisi khusus Jaguar Land Rover yang menghadirkan varian Land Rover dan Range Rover dengan performa tinggi. Nah stelah beberapa mobil karya Nowler yang mendunia seperti seri Tomcat, Wildcat, dan Nemesis ada versi Bulldog untuk kalian yang menginginkan Land Rover Defender dengan tampilan yang berbeda dan tentunya dengan mesin berperforma tinggi, yuk kita bahas Bowler Bulldog ini.

ini adalah mobil pertama yang menggunakan sasis all-new yang di sebut 'CSP', dengan bahan all aluminium dan dilekatkan pada subframe Range Rover Sport yang sudah dimodifikasi, sistem suspensi di keempat rodanya sudah menganut sistem suspensi independent dengan menggandeng pabrikan suspensi yang sangat terkenal di benua eropa yaitu Bilstein. Pengguaan roll-cage yang disetujui FIA menjadi bagian yang terintegrasi dari struktur mobil, menjadikan Bulldog mobil kompetisi ber spaceframe penuh dengan travel 270mm dan ban BF Goodrich All-Terrain yang membuat tampilan Bulldog semakin gagah.

Bowler Bulldog ini hadir dengan pilihan mesin bensin dan diesel. Untuk versi disel di bekali dengan mesin V6 dari Range Rover Sport , yang dapat memuntahkan tenaga sebesar 280bhp, denga torsi 515lb ft ini adalah mesin yang sangat cocok dan paaling banyak di pilih untuk ajang rally raid. Mesin itu di padukan dengan gearbox ZF 8 Speed dengan di modifikasi dan ditambahkan cooler transmision yang dipasang di salah satu ujung flatbed loadbay pick-up mobil, dengan asupan angin yang masuk melalui roof hood pada kap mobil sehingga membuat Bowler Bulldog ini tangguh di segala medan dengan durability mesin dan transmisi yang sangat baik. Mobil ini memiliki lebar yang tidak jauh dari  Defender, sehingga untuk melihat selisihnya kalian harus melihatnya dari kejauhan. Panjang wheelbase Bulldog ini adalah 2800mm itu berarti sama dengan Defender 110. Sementara untuk bodywork di ambil dari Defender sekaligus dengan layout arsitektur interior dan beberapa pernik serta fitur yang ada di dalam kabin Bulldog, ini dilakukan karena untuk menghemat cost pada development interior sehingga Bowler menggunakan beberapa part yang di substitusi dari Defender. Selain itu ketersediaan part untuk defender sendiri cukup mudah di dapatkan.

Interior dari Bulldog ini memiliki dashboard yang sama dengan Defender dan juga posisi mengemudi nya yang sama persis  dengan Defender, tetapi Bowler telah memperbaiki sedikit ergonomi pada Bulldog, kini kusi dapat di atur tinggi rendahnya serta maju mundur dan recliningnya untuk memperluas ruang pada kaki. Suasana kabin pada Bulldog mungkin digambarkan sebagai mobil 'fungsional' dengan kursi bucket seat, sabuk pengaman enam titik, navigator, blower iklim / AC, pencuci dan wiper. Lalu ada palu kaca disandingkann dengan radio komunikasi.

Selain di hadirkan dengan versi mesin V6 Bowler Bulldog juga memiliki varian dengan mesin yang lebih ganas yaitu V8 dengan 5000cc, supercharged petrol yang mempunyai Power sebesar 567bhp pada 6250-6000rpm dan Torque mencapai 516lb ft pada 3500-4500rpm yang di kombinasikan dengan Gearbox 7-speed matic. Dengan 1800kg dan top speed mencpai 130mph 0-62mph dalam 4.0 detik tentu ini adalah SUV besar yang sangat kencang dan powerfull, bahkan tenaganya bisa di sandingkan dengan kelas supercar. Tentu untuk varian ini banyak perbedaan pada sektor kaki kaki juga dikarenakan menopaang mesin yang besar dan lontaran tenaga yang ganas. Namun tentu Bowler Bulldog ini bukanlah jenis mobil jalanan yang di gunakan untuk meraih kecepatan. Jadi apakah kalian pernah melihat mobil ini berkeliaran di jalanan indonesia? Rasanya belum ada orang indonesia yang berani meminang mobil segala medan yang sangat tangguh dan bertenaga ini.

 

 

SAMPAIKAN KOMENTAR