BMW Z4 Dan Toyota Supra Kena Recall Gara-Gara Lampu
19
Dec
2019
0 Comment Share Likes 562 View

Belum lama ini, Badan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika Serikat atau disebut National Traffic Safety Administration (NHTS), kembali mengeluarkan kampanye penarikan (recall) untuk beberapa merek mobil, yakni Toyota Supra, BMW Z4, dan BMW 330i serta 330i xDrive.

Dalam surat kampanye dengan nomor 19V850000 tersebut dijelaskan bahwa penarikan alias recall kali ini berkaitan dengan masalah hilangnya fungsi lampu utama atau headlamp karena fungsi pengaturnya rusak akibat adanya kesalahan produksi dari pihak pemasok. Kendati demikian, ternyata tidak semua model yang diperkirakan terkena dampak recall tersebut. Totalnya hanya 245 unit dengan 37 unit BMW Z4, 31 unit BMW 330i dan 330i xDrive, serta yang paling banyak adalah Toyota Supra, yaitu dengan angka 177 unit.

Semua model mobil yang terdampak recall tersebut merupakan model yang diproduksi untuk tahun 2020. Sementara ini, dari hasil investigasi yang dilakukan oleh NHTSA sendiri, penyebab utamanya adalah karena ada masalah pada papan sirkuit cetak atau PCB Control headlamp yang dipasok oleh BMW. Masalah tersebut membuat kedua lampu utama dari mobil-mobil tersebut kehilangan fungsinya. Meskipun menurut kabar yang beredar belum ada kejadian yang fatal seperti kecelakaan, tetapi dampak dari masalah tersebut dinilai sangatlah membahayakan pemilik mobil ketika mengemudi, apalagi saat berkendara di waktu malam hari.

Lalu untuk model Toyota Supra yang dipasarkan di Indonesia sendiri, Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) telah mengkonfirmasi hal ini. Anton Jimmi Suwandy sendiri mengatakan bahwa sejauh ini belum ada kabar apapun yang berkaitan dengan masalah recall untuk Toyota Supra yang ada di Indonesia. Pihaknya mengaku telah mencoba mengecek dan untuk sementara ini belum ada informasi apapun dari prinsipal. Sementara itu, dari pihak BMW Group Indonesia sendiri belum ada respon mengenai masalah recall tersebut.

SAMPAIKAN KOMENTAR