BMW Segera Suntik Mati i8. Kenapa?
15
Jan
2020
0 Comment Share Likes 184 View

Kehadiran BMW i8 di dunia menjadi sebuah pilihan yang cukup penggiurkan untuk para pencinta mobil eksotis yang ada di dunia. Bagaimana tidak, BMW berhasil menggabungkan desain yang begitu mencerminkan sebuah mobil yang eksotis dan futuristik namun tetap ramah terhadap lingkungan. Ya BMW berhasil menggabungkan desain a-la sebuah sportscar namun menggunakan mesin plug-in hybrid.

Namun ternyata masa peredarannya yang bisa dibilang belum terlalu lama tersebut akan segera berakhir. Ya, tepat sekali, kabarnya BMW tidak lama lagi akan memberhentikan produksi dari supercar plug-in hybrid tersebut. Tepatnya di tahun 2020 yaitu di bulan April 2020 ini BMW tidak akan memproduksi i8 lagi.

 

Ya, BMW i8 hanya berumur selama enam tahun sejak diluncurkan ke pasar. Dengan rentang waktu produksi yang hanya enam tahun tersebut BMW i8 menjadi satu di antara beberapa model BMW yang akan dihentikan produksinya dalam waktu dekat.

Penghentian produksi dari BMW i8 ini bukan berarti mobil tersebut tidak laku dipasaran. Namun hal tersebut berkaitan dengan akan digantikannya i8 oleh model EV BMW terbaru nantinya, yang juga berwujud Sportscar. Beberapa di antara mobil EV yang akan segera diluncurkan oleh BMW adalah iX3, i4 dan sportscar berbasis konsep Vision M Next.

 

Rencana menghentikan produksi i8 sebenarnya sudah diumumkan sejak tahun lalu oleh BMW sendiri. Bahkan di Inggris, dealer sudah menawarkan diskon khusus i8 jelang akhir masa produksinya.

BMW i8 sendiri terlahir berawal dari konsep Vision EfficientDynamics. BMW i8 resmi dipasarkan pertama kali pada tahun 2014 yang menandai lahirnya divisi kendaraan elektrifikasi BMW i. Kehadiran i8 di keluarga i BMW didampingi oleh city car bertenaga listrik yaitu BMW i3.

 

BMW i8 sendiri mesin tiga silinder 1.5 liter yang telah dilengkapi dengan piranti turbo serta pada bagian tengah chassis dipadukan dengan motor listrik yang menggerakkan roda depan. Total tenaga yang dihasilkan powertrain i8 adalah 369 hp, sementara torsinya mencapai 570 Nm.

Terdapat dua varian yang BMW hadirkan untuk i8, yaitu coupe yang hadir sejak awal, lalu i8 Roadster menyusul pada tahun 2017 dengan convertible soft top. Oleh BMW, i8 diwujudkan untuk menunjukkan kemampuan menghasilkan sportscar dengan performa yang menyenangkan namun tetap ramah lingkungan.

Di Indonesia sendiri, i8 resmi dipasarkan pada tahun 2016 untuk varian Coupe, yang dua tahun setelahnya, i8 Roadster menyusul pada tahun 2018. Saat meluncur di Indonesia, i8 dipasarkan dengan harga off the road Rp 3,499 miliar.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR