BMW E36 M3 GT, Jangan Salah Mobil Ini Langka Lho
29
Jan
2020
0 Comment Share Likes 320 View

Siapa sih yang tidak mengenal BMW seri 3 terutama seri E36? Mobil yang bentuknya mengotak tetepi masih terlihat sangat keren dan timeless. Mobil ini tidak kalah legend nya dari sang kakak e30 lho. Di Amerika serikat BMW E36 M3 hidup dalam bayang-bayang sang pendahulunya E30 yang sangat legendaris, tetapi di Eropa, ceritanya sedikit berbeda. Di sana M3 mendapatkan mesin BMW Motorsport yang sangat powerfull, 282-hp S50 3.0 liter straight-six. Dan pada tahun 1995, para penggemar BMW khususnya E36 M3 di Eropa berkesempatan membeli seri E36 yang sangat istimewa yaitu M3 GT. BMW E36 M3 GT Diproduksi dalam jumlah terbatas untuk memenuhi persyaratan homologasi, berwarna British Racing Green ditambah lagi dengan beberapa upgrade pada sektor. Yuk kita simak sdikit penjelasan mengenai BMW E36 M3 GT ini.

BMW membuat hanya memproduksi sejumlah 356 unit untuk BMW E36 seri M3 GT ini, dengan tujuan untuk membuat mobil itu dapat dihomologasi untuk megikuti kejuaraan balap FIA dan IMSA GT. M3 GT memiliki pintu berbahan aluminium yang rsangat ringan dan splitter serta wing yang dapat disesuaikan, terdapat juga suspensi dengan peredam guncangan yang lebih kaku sehingga ketika di ajak bermanuver M3 GT ini lebih rigid dan terasa menempel di tanah. Wing dari M3 GT ini menghasilkan downforce sangat banyak dan itu kadang-kadang akan merusak kait tutup pada bagasi. M3 GT ini di bekali dengan mesin S50B30 3.0 liter straight-six yang mendapatkan peningkatan kompresi serta beberapa upgrade dari M3 biasa seperti, intake yang di upgrade, 264 derajat Camshaft, 2 buah karter oil pan yang berbeda, duocentric, oil pump, perangkat lunak VANOS yang mendapatkan pembaharuan dan final drive yang lebih pendek. E36 M3 standar untuk pasar Eropa menghasilkan 282 tenaga kuda pada saat itu sedangkan di versi GT menghasilkan 295 hp pada 7.000 rpm dan torsi 238 lb / ft pada 3.900 rpm. Sebagai perbandingan, M3 yang di buat untuk pasar amerika saat itu hanya menghasilkan 240 tenaga kuda.

Pada bagian eksterior BMW M3 GT ini minim sekali perubahan dari versi M3, bentuk pody yang sama persis dngan penambahan lips pada bagian bawah bumper Mtech, lampu utama pun begitu sama nampak tidak ada perubahan masih memakai headlam projector dengan lampu yang pada jamanya ini sudah sangat wow apalagi untuk di indonesia. Menuju ke bagian samping sama sekali kita tidak akan menemukan perbedaan yang berarti ketika melihatnya dengan sekilas, side skirt model twist khas body Mtech juga masih terlihat sama, satu satunya yang berbeda adalah bahan yang di pakai ada pintu mobil ini, menggunakan plat alumunium guna mengurangi beban berat mobil. Lalu menuju ke bagian roda, M3 GT ini menggunakan pelek dari BMW Motorsport bermodelkan DS1 atau double spoke type 1 atau biasa di sebut juga “kuku macan”. Ukuran peleknya 17 inch dengan profil ban 235/40 rata pada ban depan dan belakang. Pada muka belakang mobil ini juga masih terlihat sama deengan versi M3, bumper Mtech dengan difuser pada bagian bawah serta knalpot bermodel dua output pada sisi kanan, badge M3 juga masih menempel di sisi kanan atas stoplamp, lalu terlihat wing M3 yang dapat di sesuaikan dan terlihat sangat pas di padukan dengan paket body Mtech.

Menuju ke bagian interior, not special untuk versi M3 GT ini, sekilas memang masih sama dengan versi M3, untuk versi M3 GT ini interiornya berwarna hijau di kombinasikan dengan hitam dan beberapa carbon pada panel panel. Disana kalian akan di manjakan dengan jok khas BMW M3 yaitu bermodel Vader Seat kulit berwarna hijau di padukan dengan bahan suede alcantara pada sisi jok yang akan sangat nyaman ketika kalian duduk di ataasnya, lalu pada stir kemudi kalian akan menemukan stir kemudi berpalang tiga tanpa logo M. Pada bagian dashboard masih terlihat sama persis dengan seri E36 yang lain, kecuali penambahan badge BMW LTW pada tutup konsole penyimpanan dan dek bawah pintu. Beberapa elemen bernuansa karbon juga menghiasi bagian konsole tengah, kotak koin pada sebelah hand brake dan depan penumpang depan, serta pada doortrim juga di lapisi kulit berwarna hijau kombinasi hitam.

Percayalah jika kalian memiliki mobil ini pasti kalian akan di lirik oleh para petrolhead terutama BMW addict karena mobil ini sangatah sleeper, terlihat biasa namun mesin dan beberapa komponennya memang di buat untuk homologasi balap. Jadi apakah kalian pernah lihat mobil ini di indonesia?

SAMPAIKAN KOMENTAR