Biar Gak Gaptek, Kenalan Sama Fitur EBD, ABS dan Brake Assist
07
Jun
2021
0 Comment Share Likes 219 View

Pria Intersport, lo udah paham belum sama yang namanya fitur pengereman mobil modern? Kalau masih banyak yang belum paham, itu tandanya lo mulai gaptek, Bro. Sebab mobil-mobil modern yang ada sekarang sudah dibekali dengan fitur dan teknologi canggih. Salah satunya ya sistem pengereman.

Sistem pengereman pada mobil modern memang sengaja dibuat memudahkan pengendara. Tujuannya memberikan keamanan dan keselamatan yang jauh lebih baik. Sehingga mampu mengurangi potensi kecelakaan parah saat berkendara di jalan raya. Sayangnya, enggak semua orang tahu tentang manfaat dari fitur pengereman modern. 

 

Pahami Fitur Pengereman Modern

Umumnya fitur pengereman mobil modern terdiri dari beberapa macam. Mulai dari brake assist (BA), electronic brake-force distribution (EBD) dan rem dengan anti lock braking system (ABS). Ketiga fitur ini biasanya saling bekerjasama dan dipasangkan dalam 1 mobil. Sehingga pengereman bisa jauh lebih maksimal.

Nah, sebelum lo dibilang benar-benar gaptek, ada baiknya nih lo pahami dulu apa sih manfaat dari sistem pengereman modern ini ya.

 

Anti lock braking system (ABS)

 

sumber

 

 

Mungkin kebanyakan orang hanya sering mendengar tapi belum tentu mereka tahu artinya. ABS ini sendiri sebenarnya merupakan fitur yang mampu membuat roda tidak mengunci saat melakukan pengereman mendadak. Kendaraan yang sudah memakai fitur ini diharapkan mampu melakukan manuver sambil melakukan pengereman mendadak. 

Kendaraan yang tidak dibekali dengan ABS umumnya tidak akan bisa bermanuver sambil mengerem keras. Fitur ini mampu membuat roda masih bisa bergerak ke kanan atau ke kiri untuk menghindari objek tabrakan. Rem ABS ini hampir ditemui di seluruh model mobil baru.

 

Electronic brake force distribution (EBD)

 

sumber

 

Fitur kedua yang juga lumayan sering didengar adalah EBD. EBD ini fungsinya lebih kepada mengatur penyebaran rem di setiap roda sesuai dengan yang dibutuhkan. Misalnya dalam beberapa kondisi roda terkadang membutuhkan tekanan yang berbeda saat melakukan pengereman. 

EBD bekerja melihat beban yang diangkut oleh masing-masing roda. Contohnya, misalnya sebuah mobil hanya diisi oleh 2 orang penumpang di depan. Maka secara otomatis rem akan memfokuskan diri kepada pengereman yang ada di bagian depan saja. Sebab beban yang paling besar berada di bagian depan. 

Hal tersebut berlaku sebaliknya. Jika beban lebih cenderung berat di bagian belakang, maka rem akan lebih fokus ke bagian belakang. Tujuannya agar pengemudi dapat lebih mudah mengendalikan mobil dan mengurangi potensi mobil menjadi sulit dikendalikan akibat bobot yang berat ini.

 

Brake assist (BA)

 

sumber

 

Fitur ketiga yang saling bersinergi adalah brake assist. Fitur ini benar-benar menjadi fitur yang sangat membantu dan bisa menjadi penyelamat. Sebab fitur brake assist ini bekerja untuk membantu pengereman ketika pengemudi terlambat menginjak rem. Cara kerjanya pun cukup mudah dipahami.

Sistem brake assist akan membantu menekan rem ketika terjadi panic attack. Sehingga walaupun rem sudah diinjak sedikit, tetapi sistem sudah membantu menekan rem secara otomatis untuk menambahkan tenaga pengereman. Fitur ini terbilang fitur yang cukup canggih dan mulai banyak ditemui pada mobil modern.

Brake assist juga akan membaca pelepasan kaki dari pedal gas menuju pedal rem. Jika terjadi dalam kondisi tersebut, maka brake assist akan membantu dan memberikan bantuan saat terjadi pengereman mendadak. Ketiga fitur ini bisa dibilang menjadi paket lengkap dari mobil kekinian.

 

Buat lo yang belum tahu tentang fitur pengereman ini, rasanya lo harus banyak-banyak baca deh. Sebab hampir setiap mobil baru yang ada di entry level biasanya sudah dibekali dengan fitur pengereman canggih ini.

SAMPAIKAN KOMENTAR