Bersihkan Bagian Mobil Ini Untuk Cegah Covid-19
07
Apr
2020
0 Comment Share Likes 804 View

Covid-19 Virus atau yang biasa disebut Virus Corona menjadikan kita harus rajin untuk membersihkan semua barang yang disentuh banyak orang termasuk mobil agar mencegah penyebaran dari virus covid-19 tersebut.

Tidak bisa dipungkiri penyebaran virus mematikan ini bisa terjadi dimana saja, termasuk di kendaraan mobil ataupun kendaraan umum. Untuk itu kebersihan dari bagian mobil harus tetap terjaga guna menghindari adanya virus yang dapat menempel pada bagian-bagian dari mobil.

Selain bodi bagian luar mobil, kita juga harus memperhatikan kebersihan bagian interior juga. Bahkan, pada komponen tertentu yang sering disentuk atau dipegang orang wajib mendapatkan perhatian lebih.

“Bagian Interior sangat harus diperhatikan dan dibersihkan, kemudian ornament interior yang sering dipegang seperti bagian gagang pintu, setir atau kemudi, sabuk pengaman dan juga bagian perseneling” Ungkap Presiden Direktur XTO Car Care, Christoper Sebastian.

Bagian-bagian yang sering disentuh tentu saja memiliki potensi adanya kuman yang lebih tinggi dibandingkan pada bagian lainnya.

Sehingga, untuk tingkat kebersihannya harus dijaga dengan rutin melakukan pembersihan secara menyeluruh. Tetapi Christoper menambahkan, untuk membersihkan bagian interior ini berbeda dengan saat mencuci bagian mobil. Hal ini salah satunya adalah karena jenis perawatan yang dilakukan juga berbeda.

“Dalam membersihkan bagian interior disarankan menggunakan sarung tangan. Jangan menggunakan sabun seperti untuk mencuci mobil, tetapi gunakan cairan khusus pembersih interior,” ucapnya. Selain itu, Christopher juga mengatakan, bagian interior yang berbahan dari kulit sebaiknya menggunakan cairan khusus.

Sehingga, Saat melakukan pembersihan atau perawatan tidak merusak bagian tersebut. “ Untuk interior yang terbuat dari bahan kulit sangat disarankan untuk menggunakan cairan yang mengandung pelembab”, ucapnya.

Membersihkan mobil juga harus dilakukan dengan cara yang benar, inilah beberapa tips membersihkan mobil yang bisa kalian lakukan dirumah :

  1. Gunakan Sabun

Penggunaan sabun khususuntuk mobil bisa efektif untuk membersihkan sejumlah bagian luar dan dalam mobil dari kuman atau virus. Apabila ragu pada sabun pembersih yang Anda gunakan, uji terlebih dahulu pada permukaan yang tidak mudah dilihat terlebih dahulu.

 

  1. Pakai Pembersih Yang Tepat

 

Saat membersihkan mobil, jangan abaikan karpet, kursi dan headliner hingga bagian belakang jok, terutama kursi baris pertama dan kedua. Namun, untuk membersikannya harus memakai cairan atau produk pembersih yang tepat. Misalnya, pembersih bahan kulit atau sampo khusus jok.

Tisu disinfektan yang bebas pemutih juga bisa digunakan. Gunakan tisu penghapus makeup untuk membersihkan interior berkulit seperti karpet, kursi dan headliner. Sebaiknya jangan memakai pembersih yang mengandung pemutih, aseton, alkohol tinggi dan minyak tanah karena berisko merusak sejumlah permukaan interior yang sensitif.

 

  1. Pakai Sarung Tangan Sekali Pakai

Penggunaan sarung tangan sekali pakai dapat mencegah paparan virus saat Anda membersihkan mobil. Dengan memakai sarung tangan, Anda juga bisa dengan aman memungut sampah atau tisu bekas yang biasa tertinggal di dalam mobil. Setelah pembersihan, buang sarung tangan itu.

 

  1. Pakai Tisu Disinfektan

Pastikan untuk membersihkan benda-benda di kabin mobil yang kerap tersentuh tangan, termasuk setir, kunci, tombol-tombol kontrol audio maupun power, kaca spion dan lainnya. Mengutip dari laman The Newswheel, agar tidak memicu kerusakan di permukaan ataupun sistem elektronik di interior, pembersihan bisa memakai tisu disinfektan. Selain itu, jangan menggunakan produk pembersih berbasis amoniak pada layar sentuh karena dapat menurunkan lapisan anti-silau pada layar.

 

  1. Lap Cairan Pembersih dengan Cepat

 

Setelah menyemprotkan sabun atau bahan pembersih lainnya pada bagian mobil, segera lap untuk mengeringkannya dengan cepat. Jangan membiarkan bahan kimia terlalu lama di permukaan. Karena bisa merusak serat dari bahan interior kalian.

 

  1. Cuci Tangan Setelah Selesai

Setelah selesai membersihkan mobil kalian, segera cuci tangan dengan sabun. Agar menjaga kebersihan dari kuman yang menempel. Dan biasakan sebelum dan sesudah mengendarai mobil selalu cuci tangan menggunakan sabun dengan benar.

Itulah beberapa tips untuk kalian yang menginginkan mobil kalian tetap bersih dan aman dari virus corona.

 

Source : tirto.id, otomotif.kompas, bmwofdayton, wbiw.com

SAMPAIKAN KOMENTAR