Berburu Mobil Klasik di Showroom Malique Selatan Djakarta
22
Jul
2021
0 Comment Share Likes 1073 View

Menjajakan mobil klasik mungkin jadi tantangan tersendiri bagi para pedagang mobil bekas. Mengingat pangsa pasar segmented banget dan gak adanya patokan harga jual yang pasti menjadikan alasan sedikitnya showroom mobil klasik yang muncul di permukaan. Seiring berjalannya waktu, pasar mobil bekas klasik seolah punya magnet tersendiri, terutama buat para kolektor dan pemuja mobil hobi.

Melipir ke bilangan Blok M, Jakarta Selatan, tepatnya di basement Blok M Mall, berjejer belasan showroom yang meramaikan bursa mobil bekas. Salah satu pemainnya adalah Malique Selatan Djakarta milik Bima Maliki, yang khusus menawarkan mobil-mobil bekas klasik.

 

sumber

 

Buat pecinta mobil klasik, nama Malique Selatan Djakarta sudah gak asing di telinga. Beberapa merek dan varian mobil yang jarang dijual pun kerap dijajakan di sini. Selain bisa refreshing, mengintip koleksi mobil-mobil yang ditawarkan juga dalam keadaan yang cukup oke bisa bikin iman tergoda, Bro!

 

Berdirinya Malique Selatan Djakarta Berawal dari Hobi

Bisa dibilang, Malique Selatan Djakarta adalah dedengkot yang memulai tren jualan mobil retro dan klasik di bursa mobil bekas basement Blok M Mall. Bima Maliki selaku pemilik, mengaku buka showroom di lantai basement Blok M Mall tersebut sejak tahun 2019. Pada saat itu, cuma dirinya saja yang menjadi pemain tunggal di pasar mobil bekas klasik basement Blok M Mall. Tapi, karena demand yang cukup tinggi terhadap mobil klasik sejak setahun belakangan ini, satu per satu penjual mobil retro dan klasik mulai meramaikan tempat itu.

Sudah bukan menjadi rahasia bahwa Malique Selatan Djakarta cuma main di segmen mobil jadul, mobil nostalgia, serta mobil langka dengan kondisi perfect dan low kilometer. Kalau lo coba berselancar di kanal youtube mereka, akan terlihat bahwa showroom yang satu ini sudah terkenal banget di kalangan pecinta mobil. Gak heran kalau penjualan mobil dalam sebulan di showroom Malique Selatan Djakarta bisa laku kurang lebih 10 unit.

Memanfaatkan jejaring media sosial dan kanal digital menjadikan Malique Selatan Djakarta masih kuat bertahan sampai sekarang. Lo bisa intip koleksi showroom mereka di instagram (@)malique_selatan_jakarta yang sudah memiliki 50 juta pengikut. Siap-siap ngiler ya, Bro!

 

sumber

 

Malique Selatan Djakarta lahir karena memang sejak kecil pemiliknya memiliki ketertarikan sama mobil-mobil antik. Pas SMA, Bima mencoba peruntungan buat menjajakan spare part mobil, pada saat itu masih terbatas hanya mobil-mobil Mercy saja. Passion di bidang otomotif sekaligus kemampuan menghasilkan cuan membuat orang tua Bima kasih modal sebuah Honda Civic Estilo tahun 1994 buat diperjual belikan. Dari hasil jual mobil tersebut, ada untung sekitar 2 jutaan dan terus diputar hingga menjadikan Bima optimis untuk terus mengarungi bisnis jual beli mobil. 

 

Harta Karun yang Tersimpan di Showroom

 

sumber

 

Koleksi dagangan mobil bekas klasik yang ditawarkan di showroom Malique Selatan Djakarta ini gak sembarangan. Mayoritas kondisi mobil yang mejeng di sana masih dalam kondisi kinyis-kinyis. Bahkan, gak jarang beberapa unitnya terbilang langka seperti BMW 5210i dengan low kilometer atau Volkswagen Golf Cabrio tahun 1979. Deretan mobil ​​Honda Civic Excellent, BMW E30 “catatan si boy”, Toyota Starlet, Toyota Corolla DX KE70, Mercedes Benz Tiger W123 dalam kondisi ciamik adalah sebagian penghuni ruang pamer di Malique Selatan Djakarta.

 

sumber

 

Integritas yang dipegang membuat dirinya tak mau main-main dengan kualitas barang dagangannya. Bima Maliki mengaku selektif banget saat memburu mobil-mobil yang akan ditawarkan kepada calon pembeli. Beberapa koleksi juga merupakan mobil dalam kondisi baru stok lama (NOS), Mercedes-Benz dengan angka odometernya rendah atau VW Combi dengan interior yang masih terbungkus plastik jadul. Mobil tersebut biasanya hanya disimpan di garasi tanpa pernah digunakan atau hanya digunakan sesekali oleh pemiliknya.

Bima Maliki juga benar-benar memperhatikan kelengkapan surat-surat kendaraan yang dijual. Dia memastikan bahwa mobil-mobil yang ada di Malique Selatan Djakarta gak melanggar hukum dan bisa digunakan di jalan umum. Hmm, tertarik buat mampir, Bro?

 

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berburu Mobil Klasik

Berburu mobil klasik untuk dipinang memang gak semudah membalikkan telapak tangan. Ibaratnya jangan sampai seperti beli kucing dalam karung, Bro. Makanya sebelum memutuskan meminang, ada baiknya buat “khatam” sama sejarah mobilnya, spesifikasi, sampai orisinalitas spare part-nya. 

Bisa dibilang banyak dempul dan karat adalah semacam “red flag” dalam proses perburuan mobil klasik. Bahkan, kondisi bodi jauh lebih penting ketimbang kondisi mesin karena. Soalnya mesin masih bisa diganti tapi kalau bodi udah gak lempeng itu susah balikin kondisinya. Maklum, yang lo cari di sini adalah sebuah mobil klasik berusia puluhan tahun jadi kondisi mobil terutama bagian bodi jadi penting banget. 

Setelah cek kondisi fisik oke, lanjut buat cek kelengkapan aksesoris eksterior. Mobil klasik identik dengan aksesoris-aksesoris detail seperti list krom, sein bodi, antena radio, atau bahkan emblem brand. Kira-kira, apakah lengkap? Apakah ada cacat? Apakah aksesoris masih ori bawaan pabrik? Aksen-aksen inilah yang bikin mobil klasik tampil beda di jalan raya. Buat di bagian interior, jika kondisinya masih full orisinil itu bisa jadi poin tambahan. Bisa dipastikan mobil klasik dengan kondisi interior yang masih full orisinil harganya juga gak main-main. 

 

Jadi gimana, tertarik buat mampir dan berburu mobil bekas klasik di Malique Selatan Djakarta, Bro? Kira-kira, mobil mana yang jadi inceran lo di sana? Tulis di kolom komentar ya!

SAMPAIKAN KOMENTAR