Belajar Drift Lewat Game, Emang Bisa?
25
Feb
2020
1 Comment Share Likes 818 View

Dijaman modern ini sekarang apapun dibuat canggih, apapun sekarang serba simulator. Kalian tau sendiri kan ada simulator pesawat, kereta, kapal bahkan ujian sim pun sekarang memakai simulator, nah yang kita bahas kali ini adalah bisa tidak kita drifting tetapi tidak harus menggunakan mobil asli atau beneran tetapi menggunakan simulator mobil tersebut.

Pasti kalian juga tidak menyangka dan bertanya-tanya, apakah benar simulator mobil itu sangat akurat seperti mobil asli dijalanan. Nah di jaman yang canggih ini semua bisa terwujudkan, Brand brand terkenal mulai mengeluarkan produk produk simulatornya, dari yang murah sampai yang mahal sekali. Perbedaan jelas di fitur fiturnya, semakin mahal produk simulatornya semakin nyata juga pengalaman yang didapatkan.

Pada awalnya simulator mobil ini dibuat oleh salah satu brand mobil terkenal untuk menguji coba mobil keluaran terbaru tanpa harus turun langsung ke jalanan, uji coba tersebut diperuntukan agar mobil lebih sempurna sebelum turun langsung ke jalan. Lalu simulator mobil tersebut digunakan oleh salah satu perusahaan yang bergerak di bidang sekolah menyetir. Pada awalnya orang harus datang ke sekolah tersebut agar bisa belajar menyetir.

Namun beberapa tahun berlalu, banyak produsen membuat perangkat untuk membantu kita belajar mengemudi hanya dirumah saja tanpa perlu datang ke sekolah mengemudi. Yang dibutuhkan adalah komputer saja dengan spesifikasi yang mumpuni untuk diinstal simulator tersebut.

Dijaman modern ini simulator mobil memberikan pengalaman yang sangat realistis sekali, sehingga jika kita sudah menguasai mengemudi di simulator sudah bisa dijamin langsung bisa mengemudi di dunia nyata juga. Nah banyak juga game game yang support simulasi mobil ini, mulai dari mengemudi truk, mengemudi bis, mengemudi mobil sedan biasa, hingga balapan mobil juga.

Banyak juga brand menjual beberapa detail seperti handbrake, agar memberikan nuansa realistis ke simulator ini. Jika kalian bertanya, kalau simulasi mobil ini bisa balapan, balapan apa saja yang bisa dilakukan. Well semua game balapan pasti menyajikan beberapa pilihan mulai dari drag, sprint, ataupun drifting.

Nah beberapa game menyajikan beberapa metode latihan balapan, bahkan drifting juga. Sebut saja Asseto Corsa, video game ini memberikan pengalaman menyetir mobil yang sangat realistis sekali. Dari belajar mengendarai mobil ber cc kecil hingga mobil ber cc besar, bahkan sportscar dan supercar juga ada di game ini. Nah yang menariknya lagi game ini juga memberikan pembelajaran drifting kepada kita, tentu saja sebelum memasuki metode ini kita harus lancar dulu mengemudi kendaraan lainnya, kenapa? Karena disaat memasuki mode drifting, mobil-mobil yang dipakai sangatlah susah untuk dikendalikan, karena rata-rata mesinnya sudah bertenaga besar, tentu saja ini disamakan dengan mobil asli di dunia nyata.

Berkat game ini banyak orang bisa drifting tanpa mengendarai mobil asli dan turun langsung ke jalanan, peminat drifting di game ini pun juga banyak terbukti dengan Asseto Corsa Online yang memiliki player puluhan juta dan tersebar di seluruh dunia. Dengan begitu membuat game ini menjadi game dengan realistis yang sangat tinggi.

Nah berkat Asseto Corsa ini banyak developer pembuat game balap mengikuti jejak mereka, sebenarnya dulu sudah ada American Truck dan Euro Truck yang sudah terkenal realistis, namun mereka hanya menawarkan truk saja yang bisa dikemudi. Di beberapa tahun terakhir ini semakin banyak juga game balap realistis seperti Forza Motorsport dan Forza Horizon series.

Di Forza Horizon 4 versi terbaru dari Forza Horizon ini menyajikan pengalaman mengemudi yang lebih realistis lagi dibandingkan dengan Asseto Corsa. Apa yang membedakan? Forza Horizon 4 ini berlatar belakang di jalanan langsung dan ada pergantian musim juga sehingga ban mobil pun juga mempengaruhi dan jalanan pun juga ramai mobil-mobil lain sehingga seperti kita mengendarai langsung mobil dan turun langsung ke jalan, berbeda dengan Asseto Corsa yang cuma di track balap saja dan sepi mobil lain karena game ini dikhususkan untuk belajar menyetir, kecuali bermain online bersama player lain.

Forza Horizon sendiri juga menghadirkan pengalaman bermain game yang sangat realistis, ada beberapa jenis balapan di mobil ini, mulai dari drag, sprint, off road, drifting di aspal dan dirt. Jika kalian sudah menguasai teknik drifting kalian pasti suka dengan game ini, karena di game ini kita diberi pemandangan yang indah. Jika kita drifting turun dari bukit pemandangan yang diberikan sangat luar biasa indahnya, dan jika kita drifting dijalan raya harus berskill tinggi dan berhati-hati karena banyak mobil lain berlalu lalang, jika tidak hati-hati bisa menabrak mobil lain.

Nah bisa disimpulkan kalian bisa belajar menyetir dan drifting melalui media video game, dengan catatan kalian harus memiliki komputer dengan spesifikasi yang mumpuni dan yang terpenting steering wheel dan handbrake agar pengalaman simulasi mobil menjadi semakin realistis.

SAMPAIKAN KOMENTAR