Bedah Modifikasi Mazda RX-7 Veilside Indonesia
03
Mar
2020
0 Comment Share Likes 4776 View

Siapa yang tidak tahu dengan mobil buatan jepang Mazda, apalagi dengan JDM ikoniknya Mazda RX-7. Mazda RX-7 ini memiliki mesin berjenis rotary sehingga tenaga yang dihasilkan lebih besar daripada mobil bermesin jenis piston.

Pada Film Fast and Furious: Tokyo Drift, mobil ini menjadi ikon karena dikendarai oleh Han yang diperankan oleh Sung Kang, Han sendiri adalah sahabat dan masuk kedalam keluarga besar Toretto dan Bryan O’Conor. Mazda RX-7 ini sangat disukai banyak orang karena bentuknya menjadi lebar dan pemilihan warnanya sangat keren.

Bahkan banyak orang diluar sana meniru modifikasi RX-7 milik Han ini dan diterapkan ke mobil RX-7 mereka kemudian dipamerkan ke jalanan maupun ke event-event modifikasi. Di Indonesia sendiri ada juga yang meniru persis dengan modifikasi RX-7 Han yang ada di Tokyo Drift.

Waktu itu di Event Telkomsel IIMS (Indonesia International Motor Show) 2019 lalu, mobil replika dari Tokyo Drift RX-7 Veilside milik Han menjadi pusat perhatian banyak orang. Mobil berwarna oranye hitam ini menjadi salah satu mobil yang banyak dilirik oleh para pengunjung karena memang mobil ini benar-benar mirip dengan mobil milik Han Seoul Tokyo Drift.

Di Tokyo Drift, basis mobil yang digunakan Han adalah Mazda RX-7 FD keluaran tahun 1997. Mobil tersebut dibekali dengan mesin Rotary 13B REW Twin Turbo.

 Tampilannya jauh sekali dibandingkan dengan versi standar, karena mobil ini sudah menggunakan body kit dari Veilside Fortune. Begitu pula dengan replika yang dihadirkan di JIExpo, Kemayoran.

Dilengkapi juga dengan Apexera Power FC engine management system, HKS TO42 turbo kit, V-Mounted intercooler, dan Veilside custom intercooler piping. Lalu untuk menyempurnakan mobil tersebut, Mazda RX-7 tersebut mengandalkan NKG racing spark plugs.

Selain body dan mesin digarap oleh Veilside, mobil aslinya juga mengandalkan velg Veilside 19 inci yang dikombinasikan dengan ban Pirelli P Zero. Suspensi dan sistem pengereman sudah dilengkapi dengan Apexera N1 damper dan Rotora brake system.

Dibagian interior pun juga ikut dimodifikasi, walaupun modifikasinya terlihat biasa saja dengan mengganti warna dashboard menjadi bahan karbon dan mengganti setir menjadi nardi klasik, akan tetapi memberikan kesan agresif dan seperti yang kita tahu Mazda RX-7 ini memiliki tampilan layaknya cockpit pesawat tempur sehingga menjadikan mobil ini sangat keren.

Kemudian kita menuju ke bagian audionya, ketika kita membuka bagasi belakang, kita akan tercengang melihat audio yang dipakainya. Ada subwoofer dan audio processor VPR 3.4 yang member kesan suara lebih detail pada kabin. Tak hanya itu, di kabin juga tersemat mid bass dan audio full range (tweeter) yang membuat kualitas suara menjadi 3 dimensi.

Darius, sang pemilik mobil mengaku sengaja membangun replika mobil Mazda RX-7 milik Han Seoul tersebut karena menilai mobil tersebut paling ikonik di film Fast and Furious: Tokyo Drift.

“Mobil ini terakhir dikerjakan oleh Kupu Kupu Malam Yogyakarta. Tetapi, proses membangun mobil ini mulai dari nol hingga sekarang sebenarnya memakan waktu hingga delapan tahun.” Jelas Darius.

Bagaimana menurut kalian, apakah modifikasi Mazda RX-7 Veilside ini sangat menarik? Jika kalian suka dengan artikel ini silahkan tinggalkan komentar dibawah ya.

SAMPAIKAN KOMENTAR