Bedah Daihatsu Xenia bermesin V8
31
Mar
2020
1 Comment Share Likes 861 View

Siapa yang tidak tahu dengan mobil sejuta umat di Indonesia ini Daihatsu Xenia adalah nama mobil jenis MPV yang dirancang dan diproduksi bersama oleh Astra Daihatsu Motor dan Toyota-Astra Motor. Mobil ini dipasarkan dengan 2 merek: Daihatsu Xenia dipasarkan oleh Astra Daihatsu Motor sedangkan Toyota Astra Motor memasarkannya dengan merek Toyota Avanza.

Mobil ini sudah lama mengaspal di Indonesia, kurang lebih sejak tahun 2003 mobil ini sudah ada di Indonesia sampai sekarang. Larisnya mobil ini membuat dimana-mana, disetiap jalanan, tikungan, selalu saja menemukan mobil ini. mobil ini pun sering dijuluki mobil yang gabisa dikejar, karena ketika kita sudah menyalip 1 xenia didepan kita sudah akan menemukan xenia-xenia yang lain hehe.

Karena Daihatsu Xenia ini menjadi favorit mobil keluarga sampai saat ini, menjadikan Youtuber Otomotif MotoMobiTV menginginkan modifikasi di mobil ini. tak tanggung-tanggung dia tidak menginginkan modifikasi mainstream layaknya modifikator lain. Om Mobi menginginkan Daihatsu Xenia dijejalkan mesin monster V8, apakah bisa? Apakah sasis dan remnya kuat menahan mesin berpower tinggi tersebut? Simak baik-baik.

 

Penggunaan Mesin

Mesin yang di sematkan kedalam mobil ini adalah Mesin V8 berkubikasi 3.968 cc atau 4,0-liter dan memiliki kode 1UZ-FE. Mesin ini adalah buatan dari Toyota dan mesin ini juga digunakan di mobil Land Cruiser, Toyota Crown dan Lexus GS 400. Walaupun mesin ini memulai debutnya pada tahun 1989 sampai 2000, Om Mobi tetap ingin menggunakan mesin keluaran yang tahunnya paling muda.

Alasannya, agar tidak terlalu tua dan masih bisa dibilang memiliki kondisi prima untuk dipasangkan di Daihatsu Xenia. Mesin DOHC ini sanggup mengeluarkan daya maksimal 260 hp pada 5.400 rpm dan memiliki torsi 360 Nm pada 4.400 rpm.

 

Pengerjaan Daihatsu Xenia V8

Untuk Proyek Xenia V8 ini Om Mobi mengaku membutuhkan waktu lebih dari satu bulan. Tahap paling awal yaitu menurunkan mesin asli xenia bawaan pabrik, kemudian barulah memulai fitting seperti membuat baju. Mesin V8 mulai dicangkokkan, untuk mengukur dudukan mesin baru. Namun ada kendala saat memasukannya, yaitu ruang mesin tidak cukup.

Untuk itu, firewall Daihatsu yang masih baru dari pabrik, terpaksa dirobek mengikuti ukuran mesin dan transmisi. Singkat cerita, mesin terpasang dengan baik. Namun lantaran punya tenaga lebih besar, transmisi dan gardan bawaan harus diganti. Tak hanya itu, rear differential pun diganti. Kemudian dipasang transmisi otomatis yang diambil dari mobil sport legendaris Toyota Supra, yang terkenal andal.

Belum selesai. Urusan pengereman, mau tak mau harus berubah. Bagian belakang pakai disc brake 260 mm dan rem depan pakai piringan 295 mm. Ini dilakukan agar sistem penghela laju kendaraan bisa meredam besarnya tenaga, yang tersalurkan pada roda belakang. Suspensi juga dirombak. Menyesuaikan bobot mesin, agar posisi mobil tidak menunduk lantaran menopang beban.

Untuk mempermanis tampilan, Xenia memakai pelek Enkei 17 inci berkelir putih. Sementara untuk urusan interior, tak banyak berubah. Jok terlihat masih terbalut plastik seperti dari diler. Kemudian head unit sudah memakai sistem yang terkoneksi dengan Electronic Control Unit (ECU). Meter cluster turut berubah. Diadopsi dari sepeda motor, yang menampilkan putaran mesin 15.000 rpm dan MID digital.

 

Itulah Daihatsu Xenia V8 modifan dari MotoMobiTV Team, perlu dicatat, mobil ini tidak untuk diproduksi masal. Namun mobil ini dibuat untuk kampanye dari Daihatsu dan untuk konten dari Youtube MotoMobiTV.

 

Sources : Youtube MotoMobi,oto.com,Youtube Fitra Eri.

SAMPAIKAN KOMENTAR