Beberapa Mobil Hot Wheels Yang Dibikin Beneran Jadi Nyata
19
Jan
2020
0 Comment Share Likes 701 View

Bagi para Pria Intersport yang suka dunia otomotif terlebih lagi mobil, biasanya juga suka mengoleksi diecast atau mainan mobil-mobilan. Tidak ada salahnnya juga sebagai pecinta otomotif juga suka mengoleksi miniatur mobil-mobil impian, terlebih lagi jika miniatur atau diecast yang dikoleksi adalah edisi yang termasuk ikonik ataupun langka.

Salah satu produsen miniatur atau diecast mobil yang cukup legendaris adalah Hot Wheels. Dibuat oleh perusahaan Mattel pada 1968, Hot Wheels menjadi mainan yang sering dikoleksi oleh para anak-anak laki. Beberapa model keluaran awal Hot Wheels pun ada yang berhaga sangat mahal ddan tentunya banyak diburu oleh para kolektor. Hot Wheels menjadi saingan utama Matchbox yang sudah lebih lama beridiri, namun menariknya sejak 1997 Matchbox kini juga berada di bawah naungan Mattel.

Beberapa model keluaran Hot Wheels biasanya terbagi dalam dua kategori, yaitu mobil asli yang dibuat berdasarkan mobil yang nyata dan mobil fantasi yang umumnya merupakan desain konsep saja. Walaupun demikian beberapa mobil konsep produksi juga beberapa ada yang dibuat menjadi miniatur mini nya. Berikut adalah beberapa model diecast Hot Wheels keren yang berhasil dibuat dari mobil-mobil modifikasi yang akhirnya bisa diwujudkan di dunia nyata.

  1. Deora

Deora menjadi salah satu model paling ikonik di sejarah Hot Wheels. Model ini menjadi salah satu rilisan pertama Hot Wheels pada 1968.

 

Deora di dunia nyata dibuat dari mobil Dodge A100 keluaran 1965 yang telah dimodifikasi cukup berat oleh Mike dan Larry Alexander di Detrot pada 1967. Highlight dari mobil ini adalah bentuk mobil pickup yang dibuat futuristik pada masa itu. Dan bagian yang paling menarik adalah pintu nya yang berada tepat di bagian hidung mobil. Pada 2009 mobil ini berhasil terjual di acara lelang senilai 324.000 USD.

  1. Deora 2

Model keluaran Hot Wheels pada 2002 ini adalah buata desainer bernama Nathan Proch. Terispirasi langsung dari pendahulunya, Deora 2 memberikan tampilan yang lebih bulat namun sekaligus membuatnya tampil lebih modern.

 

Pada 2003 dalam rangka ulang tahun Hot Wheels ke 35, Deora 2 berhasil direalisasikan ke dunia nyata berkat bantuan dari Chip Foose, Five Axis, Mothers, dan PPG Industries. Dibangun dalam kurun waktu 24 minggu, Deora 2 dibuat dari Cadillac Deville DTS. Hasil akhir dari modifikasi ini menghasilkan bodi yang terbuat dari fiberglass, dengan pintu yang juga masih di depan  seperti pendahulunya. Mobil ini pun sering dibawa oleh Hot Wheels pada acara-acara mereka.

  1. Twin Mill

Twin Mill bisa dibilang juga model yang termasuk menjadi salah satu model yang paling memorable dalam sejarah Hot Wheels. Di desain oleh Ira Gilford pada 1969, dan digambarkan sebagai mobil yang berberntuk seperti roket dengan dua mesin yang terlihat mencuat di sisi kanan dan kiri mobil.

 

Pada Anniversary nya ke 35, pihak Hot Wheels memperlihatkan proyek realisasi Twin Mill yang cukup mencengangkan. Berhasil terwujud mobil Twin Mill bermesin dua blok Chevy 502 yang dirumorkan mampu mengeluarkan tenaga lebih dari 1400HP.

Halaman selanjutnya

  1. Bone Shaker

Bone Shaker adalah salah satu desain model original milik Hot Wheels yang di desain oleh Larry Wood pada 2006. Membawa tampilan Hot Rod dengan ornamen kepala tengkorak di bagian depan. Bone Shaker telah dipakai oleh Hot Wheels sebagai salah satu key model di beberapa campaign marketing mereka, seperti tampilnya Bone Shaker di game seperti Rocket League dan Forza.

 

Pada sekitar 2011 Bone Shaker berhasil dibuat  versi 1:1 alias mobil asli. Dibangun oleh Action Vehicle Engineering, mobil ini memakai mesin Chevrolet 350 V8 yng memiliki tenaga sekitar 420HP dan mempunya top speed hingga 160MPH.

  1. Rip Rod

Diluncurkan oleh Hot Wheels pada 2014 dalam seri HW Off-Road Hot Wheels Test Facility dan didesain oleh Fraser Campbell. Konsep dari model ini adalah mobil buggy yang mampu melesat dengan cepat.

 

Versi nyata dari mobil ini berhasil dibuat atas kerjasama antara Mattel ( Hot Wheels) dengan Ford Racing yang berada di Amerika & Inggris, serta Bandito Brothers. Rip Rod versi nyata diberi mesin Ford EcoBoost berkapasitas 1000cc namun dapat menyemburkan tenaga sebesar 200HP berkat bantuan turbocharger. Sempat hadir di SEMA 2014 dan menjadi sample oleh Ford yang menggambarkan seberapa hebat mesin kecilnya mampu menghasilkan tenaga dan dorongan yang cukup besar.

  1. Darth Vader

Terispirasi dari salah satu karakter pop culture paling fenomenal yaitu Darth Vader dari Star Wars, Desainer Bryan Benedict mampu memasukkan karakteristis sang tokoh ke dalam miniatur Hot Wheels pada 2014. Model ini terlihat sangat memakai tampilan helm Darth Vader sebagai acuan desain secara keseluruhan.

 

Pada tahun yang sama, Mattel dan LucasFilm beserta Disney berhasil mewujudkan versi nyata mobil Darth Vader berkat bantuan Action Vehicle Engineering yang sebelumnya turut membuat Bone Shaker. Melakukan debutnya pada Comic Con San Diego, mobil yang memakai chassis Chevrolette Converse ini memakai mesin V8 LS3 yang mampu menyemburkan tenaga hingga 526HP ke roda belakang

1 2
SAMPAIKAN KOMENTAR