Battle Oriented Silvia dan Emmanuelle Amandio yang Menembus Ajang Motorsport Dunia
07
Dec
2020
0 Comment Share Likes 841 View

Sports Compact yang Harum di Kancah Motorsport Dunia

Jika berbicara tentang ajang motorsport terutama drifting, kalian pasti pernah mendengar tentang mobil ini, Nissan Silvia. Silvia sendiri merupakan mobil yang hampir tidak pernah absen dalam setiap ajang perlombaan drifting di seluruh dunia.

Mobil Sport Compact asal pabrikan Nissan ini menjadi salah satu mobil paling digemari oleh para pelaku motorsport cabang drifting. Bobot yang ringan serta weight distribution merata antara bagian depan dan belakang (50-50), menjadi alasan yang sangat relevan jika dikaitkan dengan ajang motorsport drifting.

Silvia telah diproduksi massal sejak tahun 1970 dan berakhir di tahun 2002. Selama masa produksi mobil ini, pihak Nissan telah berhasil membawa pulang beberapa trophy perlombaan. Hebatnya lagi, walaupun sudah berhenti diproduksi sejak lama, mobil ini masih tetap menjadi mobil favorit bagi para pelaku motorsport di seluruh dunia.

 

Sejarah Singkat Nissan Silvia

Kepopuleran Nissan Silvia sebagai pilihan para drifter sendiri tidak lepas dari penggunaan chassis ringan dan revolusioner Nissan yang diberi nama S-Chassis. Debut S-Chassis sendiri sudah dimulai sejak tahun 1979. Pada masa itu, Nissan sedang naik daun dengan lini produksi mobil sport compact yang diberi nama Nissan Z. Karena kepopulerannya tersebut harga Nissan Z melambung tinggi.

Sehingga untuk memberikan opsi baru bagi konsumen yang belum dapat meminang Nissan Z ke garasi rumahnya, Nissan mengeluarkan produk baru yang diberi nama Nissan S10. Dipersenjatai dengan S-Chassis yang ringan, Nissan S10 juga ditenagai oleh mesin berkapasitas 1.8L. Model inilah yang akhirnya memulai project Nissan Silvia dan melahirkan model-model populer seperti Nissan Silvia S11, Nissan Silvia S12, Nissan Silvia S13, Nissan Silvia S14, dan Nissan Silvia S15.

Di antara banyaknya model Silvia yang diperkenalkan, Model Silvia S14 240Sx merupakan model yang paling populer. Mobil ini pula yang berhasil merebut hati Amandio. Model yang compact, geometri yang baik dari mesin, serta body yang dibawa oleh Nissan Silvia merupakan perpaduan yang pas untuk kebutuhan motorsport.

 

Pembalap Berbakat Asal Tanah Air: Emmanuelle Amandio

Amandio yang berprofesi sebagai atlet motorsport profesional ini telah mengikuti ajang balap pertamanya, Sprint Rally pada tahun 2005. Sejak ajang balap pertamanya itu, Amandio pun jatuh cinta pada berbagai kegiatan motorsport. Terhitung sudah banyak sekali ajang motorsport yang ia ikuti, mulai dari sprint rally, drifting, hingga slalom.

 

 

Namun pada akhirnya Amandio memilih untuk menekuni ajang motorsport drifting. Beliau pernah menjadi pembalap asal Asia pertama yang menempati posisi top 3 pada ajang D1GP. Amandio juga beberapa kali mengikuti ajang-ajang bergengsi seperti Formula Drift di Amerika dan Jepang, King of Nation, dan RDS Russia. Semua itu diikuti menggunakan mobil yang ia rakit di 55 Racing, tuner yang dipimpin langsung oleh Amandio.

 

Mencari Kesempurnaan

Terhitung lebih dari 5 unit Nissan Silvia yang ia miliki, mulai dari S15 hingga S13 pernah Ia gunakan baik sebagai mobil harian maupun mobil perlombaan motorsport. Dari sekian banyaknya Silvia yang ia miliki, Amandio memilih Nissan Silvia S14 Kouki sebagai mobil yang paling ia banggakan.

 

 

Mobil yang dibangun di garasinya sendiri yaitu 55 Racing, Silvia S14 dengan livery khas mobil motorsport ini ia bangun dari daily car hingga menjadi mobil yang ready to race.

 

Tanpa berlama-lama Amandio dan tim langsung merombak mobil ini, tak tanggung-tanggung hingga menyisakan chassis saja. Semua ini dilakukan untuk menambahkan rollbar yang sesuai untuk kebutuhan motorsport. Setiap detil pada build mobil S14 milik Amandio ini dilakukan dengan perhitungan yang tepat dengan menggunakan part-part terbaik di pasaran.

Seperti pada sektor kaki-kaki, mobil ini disematkan 3 way RS Spec D-Max yang banyak digunakan dalam ajang Formula Drift.

 

Modifikasi untuk Performa Maksimal Bersama 55 Racing

Pada ruang mesin, Amandio dan tim 55 Racing menggunakan mesin GTI-R yang sangat jarang digunakan di Nissan Silvia S14, terutama di Indonesia. Amandio dan tim juga memberikan tambahan pada part-part di ruang mesin dengan part aftermarket, seperti penambahan turbo dengan ukuran yang pas agar meminimalisir turbo lag  pada mobil yang dikhususkan untuk kebutuhan balap. 

Alhasil, ketika Nissan Silvia yang menggunakan mesin standard hanya bisa mencapai limit hingga 8000rpm, Battle Oriented Silvia garapan 55 Racing ini dapat digeber hingga 10.000rpm.

 

 

Part lain yang digunakan pada Nissan Silvia S14 milik Amandio yakni gearbox R36S Holinger 6 percepatan sequential. Untuk kopling menggunakan Idle racing 3 dengan triple plate yang dapat menghasilkan torsi secara instan untuk tujuan racing.

Pada bagian otak dari mobil ini atau ECU, Amandio memilih Haltech PS 2000 untuk Silvia miliknya. Selain karena sudah cukup familiar dengan produknya, merek inipun menjadi kiblat para tuner di Indonesia. ECU keluaran Haltech juga memiliki sistem yang mudah diaplikasikan apalagi pada Nissan Silvia S14.

Pada bagian interior, Amandio memilih untuk memberikan kesan yang simple dan sesuai kebutuhan. Mengingat mobil ini digunakan untuk kebutuhan racing, Amandio dan tim melepas keseluruhan interior standar bawaan, termasuk bagian dashboard yang digantikan dengan dashboard racing berbahan karbon. Untuk racing gauge yang biasa terlihat pada mobil balap juga tidak disematkan. Amandio lebih memilih tampilan yang clean tanpa banyak tombol serta racing gauge.

 

 

Mobil ini telah dibangun oleh Amandio dan tim 55 Racing dengan penuh konsistensi serta perhitungan yang tepat di setiap bagiannya. Setiap part yang dipasang merupakan komponen terbaik yang dapat dimaksimalkan oleh Amandio untuk menyelesaikan dan memenangkan ajang balap drifting yang ia ikuti.

Walaupun project Silvia ini sudah sangat matang, Amandio dan tim akan tetap memberikan upgrade tambahan jika memang dibutuhkan. Tentunya agar mobil Silvia ini tetap dapat bersaing dan memenangkan ajang perlombaan skala lokal hingga internasional.


Untuk full video Driven by Passion episode “Battle Oriented Silvia”, Pria Intersport bisa menyaksikan melalui channel Youtube Intersport Auto di link berikut: Driven by Passion - Nissan Silvia by Emmanuelle Amandio

SAMPAIKAN KOMENTAR