Baru Beli Mobil Second? Coba Ikuti 3 Tips Modifikasi Ini Biar Mobil Lo Makin Keren
10
Jun
2021
0 Comment Share Likes 194 View

Membeli mobil second bagi sebagian orang dinilai salah satu hal yang paling menyenangkan. Selain bisa mendapatkan mobil dengan harga lebih terjangkau, kita juga bisa mendapatkan mobil premium dengan budget setara mobil baru. 

Biasanya mereka yang membeli mobil second akan melakukan modifikasi. Tentunya modifikasi ini sesuai dengan selera dari si pemilik mobil itu sendiri, Bro. Tetapi, para pemilik mobil second ini terkadang bingung ketika akan melakukan modifikasi pada mobilnya. 

Nah, berikut saran dari Intersport buat kalian yang baru membeli mobil second supaya modifikasinya tetap bisa bagus dan nggak norak. Sebagai pria sejati yang tahu selera, yuk simak baik-baik!

 

Tentukan Konsep

Hal pertama yang wajib lo lakukan setelah membeli mobil second adalah menentukan konsep. Pastikan kalian sudah punya konsep modifikasi dari mobil yang sudah dibeli ini, Bro. Misalnya, kalian membeli sedan, selanjutnya tentukan konsep modifikasinya. 

Bisa ke arah street racing, oem look, jdm atau euro spec atau dibuat bergaya stance. Jangan sampai mobil yang kalian beli adalah mobil modern tapi konsep yang diambil malah pakai gaya retro. Secara tampilan terlalu muda, otomatis bakalan nggak cocok sama konsep retro yang lebih mengedepankan aksesoris jadul. 

Kalau mobilnya di era yang sama mungkin masih sesuai. Kalau mobilnya produksi 2015 tapi pakai konsep retro sih rasanya nggak nyambung, Bro! Makanya penting banget buat lo bisa menentukan konsep modifikasinya. 

 

Tentukan budget  

Langkah kedua yang bisa kalian lakukan adalah menentukan budget modifikasi. Namanya modifikasi nggak ada habisnya dan nggak akan pernah ada puasnya. Untuk itu penting sekali menentukan budget modifikasi dari mobil yang baru lo beli.

Dengan menentukan budget modifikasi, kalian sudah melakukan langkah penting. Setidaknya modifikasi yang bakal dilakukan tidak akan merembet kemana-mana jika sudah dipersiapkan dengan matang secara konsep dan budget. 

Misalnya, untuk mencapai konsep stance yang proper dibutuhkan budget sekitar Rp30 jutaan. Nah, kalian harus menentukan budget maksimal dari modifikasi ini agar tidak lebih dari Rp30 juta hingga Rp35 jutaan. 

Dengan begitu, kalian bisa fokus terhadap apa yang bakal dikerjakan. Misalnya, mengganti pelek, suspensi, eksterior hingga aksesoris pendukungnya. Terkadang banyak orang melupakan urusan budget untuk modifikasi. Efeknya, banyak komponen dan aksesoris yang dinilai nggak perlu malah dipasang ke mobil. Alhasil, mobil jadi terlalu ‘ramai’.

 

Memang, melakukan modifikasi adalah sesuatu hal yang bisa memuaskan nafsu. Tetapi lo juga harus ingat dengan pengeluaran, jangan sampai modifikasi mengganggu atau bahkan malah merusak tabungan, ya!

 

Punya List Modifikasi Prioritas

Setelah fokus pada budget, langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah punya list untuk modifikasi. Misalnya, prioritas modifikasi pertama ketika sudah membeli mobil second ada di bagian kaki-kaki. Maka sudah sewajarnya kalian prioritaskan budget untuk membenahi sektor kaki-kaki tersebut.

Seperti membeli pelek, mengecek komponen kaki-kaki, membeli lowering kit atau coilover, dan lain sebagainya. Sebagai pemilik mobil, sangat wajib memiliki prioritas terhadap modifikasi. Usahakan kalian bisa tetap menggunakan mobil tersebut untuk aktivitas sehari-hari sembari melakukan modifikasi. Intinya, akan jauh lebih nikmat dan puas ketika lo membeli mobil second yang bisa digunakan sehari-hari sembari memodifikasinya seiring berjalannya waktu.

Misalnya, minggu pertama kalian benahi sektor kaki-kaki lalu di minggu kedua fokus setting pelek. Di minggu ketiga bisa masuk ke bengkel mesin untuk mengecek kondisi mesin sembari memperbaiki jika ada kekurangan. 

 

Terkadang banyak orang melupakan ketiga hal di atas sehingga ketika membeli mobil second, mereka bingung harus memulai modifikasi dari mana. Karena sesungguhnya, membuat mobil yang enak dilihat nggak melulu harus mengeluarkan uang banyak, Bro. Faktor selera dan kematangan konsep lah yang mampu membuat mobil menjadi enak untuk dilihat. Ibaratnya, modifikasi jadi proper. Gimana, kalian setuju nggak dengan tiga hal di atas?

SAMPAIKAN KOMENTAR