Awas, Nggak Nyalain Lampu Saat Hujan Deras Bisa Ditilang
10
Jan
2020
0 Comment Share Likes 433 View

Selain harus lebih berhati-hati, berkendara saat hujan ternyata juga ada aturan-aturan tersendiri. Salah satunya adalah pengemudi wajib untuk menyalakan lampu saat hujan turun. Hal ini disampaikan dalam Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Umum pasal 107 ayat 1 tentang penggunaan lampu utama.



Dalam pasal tersebut disebutkan bahwa Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib menyalakan lampu utama Kendaraan Bermotor yang digunakan di Jalan pada malam hari dan pada kondisi tertentu. Kondisi tertentu tersebut pun dijelaskan pada bab penjelasan.

Dalam penjelasan tersebut disebutkan bahwa “kondisi tertentu” yang dimaksud adalah kondisi jarak pandang terbatas karena gelap, hujan lebat, terowongan dan kabut. Dengan menyalakan lampu utama maka diharapkan dapat membantu pengemudi untuk meningkatkan jarak pandangnya.



Dan bagi yang melanggar pun hukumannya terbilang cukup besar yaitu denda sebesar Rp 500 ribu. Hal ini ditegaskan dalam UU yang sama pasal Pasal 293 ayat 1 yang berbunyi Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan tanpa menyalakan lampu utama pada malam hari dan kondisi tertentu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.



Hukuman tersebut tentunya diharapkan bisa membuat pengemudi lebih berhati-hati dalam berkendara dan mematuhi aturan lalu lintas. Terlebih saat ini cuaca ekstrem diperkirakan masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan.

SAMPAIKAN KOMENTAR