Audi RS Q8 Jadi SUV Tercepat di Nürburgring
18
Nov
2019
0 Comment Share Likes 373 View

Sirkuit Nürburgring, sirkuit balap yang berada di daerah Nürburg, Jerman Barat ini sering dipakai oleh para produsen mobil untuk menguji performa produk mereka. Tak jarang mobil-mobil yang belum dirilis secara resmi sering berseliweran di sirkuit ini. Pernah dipakai untuk ajang balap sepeti F1, DTM, dan GP2 kini sirkuit sepanjang 5,148Km ini secara tak langsung menjadi zona perang bagi para produsen mobil untuk mencetak catatan waktu tercepat di berbagai kategori mobil.

Untuk Kategori SUV kini Nürburgring memiliki raja baru yaitu Audi RS Q8. Mobil yang belum secara resmi dirilis oleh Audi ini berhasil merebut posisi yang sebelumnya di tempati oleh Mercedes AMG GLC 63 S. Dapat dilihat di situs resmi Nürburgring, Audi RS Q8 berhasil menoreh catatan waktu sekitar 12 detik lebih cepat daripada pesaingnya, Mercedes.

Audi RS Q8 berhasilkan menuntaskan Nürburgring dalam waktu 7:42:253 di tangan seorang pembalap bernama Frank Stippler.

SUV bergaya sporty ini membawa mesin V8 twin-turbo berkapasitas 4 liter di bawah kap mesinnya. Dari mesin tersebut tenaga sekitar 592HP dan torsi sebesar 800Nm berhasil diperoleh. Dengan tenaga sebesar itu RS Q8 dapat mencapai kecepatan 100Km/h dalam waktu 3,8 detik dan akan terus melaju hingga top speed di angka 306Km/h.

Dilansir dari laman Autocar, RS Q8 memakai air suspension dan 48V anti-roll bars. Untuk mendapatkan handling yang mantap saat melintas di sirkuit, suspensi dibuat 10% lebih keras dan kaku melalui software bawaan Audi. Mobil ini menggunakan settingan 4WD bersamaan dengan teknologi torque-vectoring sport rear differential. Dibagian roda, RS Q8 ini memakai pelek 23 inci yang telah dibalut dengan ban 295/35 ZR23 Pirelli P Zero.

Rencananya Audi RS Q8 akan melakukan debut pertamanya di event Los Angeles Auto Show November ini.

SAMPAIKAN KOMENTAR