Armada Masa Depan Kepolisian Republik Indonesia
07
Mar
2021
0 Comment Share Likes 167 View

Jika sebelumnya Intersport pernah membahas seputar kumpulan mobil polisi klasik terbaik di dunia, untuk kali ini Intersport akan membahas artikel serupa namun berbeda 180 derajat dimana kali ini Intersport akan memberikan info seputar mobil polisi masa kini khususnya di Indonesia.

Belakangan kita akrab dengan mobil-mobil yang dimiliki kepolisian Indonesia seperti Lancer EX serta Mazda 6, kedua mobil tersebut memang memiliki karakteristik yang berbeda, dimana Lancer memiliki heritage yang kental dalam ajang motorsport seperti WRC sedangkan Mazda 6 merupakan salah satu model terbaru dari Mazda yang berfokus pada teknologi dan kenyamanan berkendara.

Namun bukan kedua mobil diatas yang akan kita bahas pada artikel kali ini, melainkan armada terbaru dari kepolisian Indonesia yaitu mobil all electric asal Amerika serta Korea selatan yang menjadi pembicaraan di kalangan masyarakat khususnya penggemar otomotif, siapa lagi kalau bukan Hyundai Kona Electric serta Tesla Model 3.

Kepolisian Indonesia mendapatkan unit Tesla Model 3 yang baru saja dihibahkan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) bersama Prestige Motorcars kepada Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Hal ini diketahui dari unggahan Ketua MPR RI sekaligus Ketua IMI Pusat, Bambang Soesatyo di akun Instagram pribadinya @bambang.soesatyo pada akhir Februari lalu

Antara Hyundai Kona dan Tesla Model 3 merupakan sebuah mobil entry level pada jajaran mobil elektrik dari kedua produsen mobil tersebut. Walaupun demikian bukan berarti mobil “entry level” ini dapat diremehkan, pasalnya bagaimanapun semua mobil elektrik memiliki keunggulan pada pencapaian torsi maksimal secara instan yang memungkinkan mobil-mobil tersebut dapat mencapai kecepatan tertentu dengan waktu yang sangat singkat.

Selain itu mobil listrik merupakan salah satu kiat untuk melestarikan bumi dengan minimnya bahkan tanpa gas emisi buang yang ditimbulkan oleh mobil listrik tersebut. Selain itu mobil dengan konfigurasi mesin listrik juga memiliki kelebihan dengan minimnya perawatan serta penggantian suku cadang selama masa penggunaan mobil, maka tidak heran dengan alasan-alasan kuat diatas, Kepolisian Indonesia secara terbuka mencanangkan untuk menjadikan mobil-mobil elektrik sebagai armada utama di kemudian hari.

 

Hyundai Kona Electric

Mobil ini dibekali dengan Motor listrik bertenaga 201-hp yang memiliki konfigurasi penggerak roda depan (all-wheel drive tidak ditawarkan) untuk kapasitas baterai Hyundai Kona didukung oleh baterai berkapasitas 64.0-kWh. Kona Electric dapat berpacu dari kecepatan nol hingga 100 kph dalam waktu 6,4 detik, atau 0,2 detik lebih cepat dari Kona dengan mesin Internal Combustion.

Versi Kona Elektrik menawarkan pengalaman berkendara yang lincah dan ramah di jalan perkotaan, yang alhasil kian memberikan kesenangan berkendara. Walaupun keasyikan berkendara yang diberikan tidak seperti mobil sport, tetapi untuk SUV kompak, Kona Elektrik sangat menarik untuk dikendarai. Kona juga dapat melaju dengan mulus dan sangat minim getaran, bahkan pada kecepatan tinggi serta mobil ini terasa sangat kokoh berkat perangkat baterai yang diletakkan pada bagian bawah mobil yang menimbulkan center of gravity yang baik.

 

sumber

 

Tesla Model 3

Sedangkan untuk Tesla Model 3 sendiri sudah tidak diragukan lagi kapabilitasnya. Berasal dari pabrikan salah satu pionir atas berkembangnya tren mobil elektrik di dunia ini menjadi pilihan paling terjangkau dibandingkan dengan model-model lainnya. Mobil-mobil milik Tesla sendiri telah menjadi mobil favorit bagi sebagian masyarakat dunia.

Terlepas dari peranannya sebagai salah satu pembuat tren mobil listrik, Tesla juga memiliki berbagai fitur yang menawarkan dan menjangkau berbagai kebutuhan para konsumennya. Bagi yang menginginkan performa tinggi, Tesla kerap menghadirkan varian performance pada setiap modelnya,  walau pada dasarnya saat ini mayoritas pembeli EV lebih cenderung tertarik pada driving range daripada kecepatan atau akselerasi. Seperti contoh Model 3 yang dimiliki kepolisian sendiri memiliki jarak tempuh hingga 400 kilometer dalam sekali pengecasan, cukup impresif bukan?  

Hal itu dapat terjadi berkat spesifikasi mumpuni dari Tesla yang mereka benamkan pada Model 3 ini. Tesla Model 3 memiliki 3 varian dimana memiliki kapasitas baterai dan jangkauan range yang berbeda, pada varian terkencangnya, Model 3 dapat melahap kecepatan 0-100 kph dalam waktu sesingkat 3.1 detik saja, berkat disematkannya teknologi Permanent Magnet Synchronous Reluctance Motor pada motor listriknya, yang memungkinkan tenaga yang keluar serta manajemen daya yang sangat baik.

 

sumber

 

Untuk mobil listrik pertama di Indonesia yang menjadi kendaran pemerintahan ditugaskan di kantor Gubernur Jawa Barat itu merupakan mobil listrik pertama yang dipakai polisi Indonesia. Dikutip dari kompas.com "Ini mobil polisi pertama di Indonesia yang menggunakan mobil listrik. Mobil patwal yang bertugas di kantor Gubernur Jawa Barat," tulis Ridwan Kamil.

Seperti Bamsoet, Ridwan Kamil pun berharap agar langkah menggunakan mobil listrik ini bisa ditiru oleh masyarakat umum. Apalagi, menurutnya penggunaan mobil listrik banyak untungnya, seperti menghemat biaya dan anggaran bulanan.

"Selain tidak merilis polusi dan kebisingan ke udara, Alhamdulillah banyak sekali menghemat biaya dan anggaran bulanan sampai 70 persen dibandingkan anggaran rutin kendaraan bensin. Mari perlahan menuju gaya hidup ramah lingkungan dan ramah terhadap penghasilan," tulisnya lagi.

Tentunya dengan kejadian ini Intersport berharap bahwa penggunaan mobil EV milik kepolisian ini menjadi hal yang baik dan dapat memberikan impact yang lebih besar terhadap penegakan hukum di Indonesia. Serta menjadi terompet pembuka tren mobil EV di Indonesia dengan regulasi dan peraturan akan mobil EV ini secara lebih baik dan teratur, baik sarana hingga prasarananya.

SAMPAIKAN KOMENTAR