Apa Sih Kelebihan dan Kekurangan Memasang Damper Shock di Mobil?
28
May
2021
0 Comment Share Likes 953 View

Pria Intersport pernah melihat ganjal per atau yang sering disebut dengan damper shock? Komponen yang satu ini merupakan komponen aftermarket yang sering dijual di pasaran. Biasanya damper shock kerap digunakan untuk mengatasi masalah suspensi. 

Umumnya, damper shock terbuat dari bahan karet yang berguna membantu menambah daya pegas dari suspensi mobil. Nah, kalian sudah tahu belum sih ternyata memasang damper shock ini punya kelebihan dan kekurangan?

 

Fungsi Damper Shock

Selain membantu menambah daya pegas, damper shock juga punya fungsi lain. Salah satunya adalah mencegah per menjadi lebih pendek akibat pemakaian. Mobil yang sering membawa beban berat saat memakai damper shock pernya tidak akan terlalu menjadi turun. 

Fungsi inilah yang dikejar oleh para pengguna damper shock. Pemasangannya sendiri cukup mudah. Sebab hanya dikaitkan di bagian per lalu diikat menggunakan kabel tis ke bagian pernya. 

 

Kelebihan Damper Shock

Lalu ada manfaat dari memasang damper shock ini pada mobil kesayangan? Efek pertama yang bisa dirasakan ketika memasang damper shock adalah membantu pengereman. Ketika damper shock dipasang di bagian depan, pengereman tidak akan terlalu besar di bagian depan sehingga pengereman di bagian depan menjadi lebih baik. Hal tersebut dikarenakan per depan menjadi tidak pendek saat mengalami travel. 

Manfaat kedua adalah mampu mengurangi kerusakan komponen kaki-kaki. Sebut saja seperti tie rod, sokbreker, bushing, arm, dan komponen lain saat melibas jalan rusak. Damper shock akan lebih dulu meredam guncangan sebelum terkena bagian kaki-kaki. Mobil yang memakai komponen ini cenderung mobil yang lebih dikhususkan pemakaian dalam kota. 

Manfaat terakhir adalah memberikan handling yang lebih baik saat sedang menikung sehingga saat kecepatan tinggi mampu mengurangi gejala limbung. Biasanya mobil yang memakai damper shock adalah mobil dengan ground clearance yang cukup tinggi. 

 

Kekurangan Damper Shock

Tetapi ada juga kekurangan dari pemasangan damper shock. Pertama, pastinya mengurangi jarak travel naik dan turun dari per. Secara tidak langsung ini mengganggu kinerja dari sokbreker saat meredam guncangan.

Efek kedua yang bisa didapatkan adalah suspensi mobil menjadi lebih keras. Karena jarak naik turun sokbreker terganggu, maka sokbreker tidak bisa mengayun dengan sempurna. Efeknya lama kelamaan sokbreker bisa menjadi bocor atau malah rusak.

Kekurangan terakhir adalah ketidaknyamanan saat berkendara. Umumnya saat melibas jalan yang kurang baik, mobil yang memakai damper shock ini cenderung kurang nyaman, otomatis kenyamanan berkendara pun tidak bisa optimal. 

Namun saat digunakan di jalan tol atau jalan mulus, rasanya akan cukup baik. Biasanya komponen satu ini digunakan bagi mereka yang suka dengan kecepatan alias doyan ngebut. Makanya tidak heran kalau banyak juga mobil sedan yang pakai komponen aftermarket satu ini.

 

Buat kalian yang mau membeli damper shock, sebaiknya pahami terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya, ya. Nah, melihat kelebihan dan kekurangan pemasangan damper shock, kalian masih mau beli nggak, nih?

SAMPAIKAN KOMENTAR