Apa Itu ARB Air Locker?
05
Dec
2019
0 Comment Share Likes 351 View

Yang namanya kendaraan untuk kebutuhan off road pasti punya kelebihan tersendiri kalau dibandingkan dengan jenis kendaraan lainnya. Misalnya seperti sistem penggerak di semua roda, dan yang paling penting rupanya adalah fitur Lock Differential. Fitur ini sendiri berguna untuk mencegah distribusi tenaga ke roda belakang hanya pada satu bagian tertentu. Saat mobil melaju di permukaan jalan yang ekstrem atau tidak rata biasanya akan ada salah satu roda belakang kehilangan traksi, misalkan terangkat atau jalan basah dan licin. Penyaluran tenaga dari mesin cenderung disalurkan ke roda yang kehilangan traksi, jadi ban yang kehilangan traksi akan terus berputar. Sedangkan roda yang masih mendapatkan traksi malah tidak berputar karena tidak mendapatkan penyaluran tenaga dari mesin sehingga mobil sulit atau tidak bisa bergerak.

Nah, ketika fitur ini diaktifkan, lock differential akan mengunci bagian kopel yang menjadi perantara penyaluran tenaga ke roda kiri dan kanan belakang. Roda kiri dan kanan belakang akan tersambung sehingga penyaluran tenaga dari gardan akan merata. Mobil akan tetap mendapatkan traksi yang optimal meskipun melewati jalan yang permukaannya licin atau ekstrim seperti lumpur dan genangan tinggi.

Hmm.. lalu bagaimana mobil yang tidak dibekali dengan fitur lock differential? Bisa... ada aftermarket ARB Air Locker, kok. Simak detailnya berikut ini.

ARB Air Locker

ARB Air Locker seringkali kita jumpai terpasang mengisi sudut ruang mesin. Ya, karena air locker memberikan banyak kelebihan terutama saat di trek offroad, makanya tak sedikit penggiat offroad adventure hingga ekstrem sangat mengandalkan perangkat ini. ARB air locker memberikan manfaat pada open differential dan spul di flip switch.

Lalu apa itu ARB Air Locker?

Jadi ARB Air Locker adalah locking differential pneumatik yang dikendalikan lewat sakelar listrik tambahan. Saklar listrik tersebut biasanya dipasang di dasbor untuk mengaktifkan diafragma vakum menggunakan sistem pengunci. Perangkat ini membutuhkan sedikit muatan udara dari air compressor yang terpasang di mana berfungsi untuk mengaktifkan locker.

Saat diaktifkan kedua poros gardan terkunci secara bersamaan menjadi setara dengan spul yang menghasilkan traksi 100 persen sama besarnya pada kedua gardan tanpa perbedaan kecepatan. Sebaliknya saat air locker tidak diaktifkan, differential gardan bersifat unlocked atau disebut open differential. Dengan begitu bisa memberikan karakteristik handling yang halus saat berkendara harian. Atas dasar inilah, ARB Air Locker dikenal sebagai perangkat yang user friendly, sesuai permintaan, dual purpose locker yang praktis untuk penggunaan harian hingga offroad.

ARB Air Locker hanya diaktifkan ketika dibutuhkan dan bisa diimplementasikan pada keduanya, gardan depan dan belakang. Tentu saja tiap locker gardan depan-belakang dikendalikan melalui sakelar terpisah dengan tujuan memberi lebih banyak fleksibilitas dan kontrol dalam situasi offroad.

Mengingat perangkat ini bekerja sama dengan air compressor, ARB juga menawarkan dua jenis air compressor berkekuatan 12 volt dan 24 volt. Tak hanya memasok udara ke air locker, tetapi juga bisa Mas Bro gunakan untuk menambah tekanan angin ban setelah Mas Bro keluar dari trek offroad. Air compressor dari ARB sifatnya hanya sebagai alternatif, tidak dijual sepaket dengan air locker. Artinya, Mas Bro bisa menggunakan kompresor onboard lainnya asalkan mampu memasok tekanan udara sebesar 95-115 lbs.

Waktu Mas Bro membeli ARB Air Locker (pompa dan differential), semua komponen kit yang diperlukan ada didalamnya termasuk kabel, fitting pneumatic, sakelar dan sebagainya. ARB Air Locker aktif dalam waktu kurang dari 1 detik dan dapat digunakan pada kecepatan kendaraan berapa pun selama poros gardan berputar pada kecepatan yang sama. Saat ini ARB Locker menyediakan lebih dari 100 konfigurasi sesuai dengan berbagai aplikasi gardan 4×4 diantaranya AMC, Chrysler, Dana, Ford, General Motor, Hummer, Isuzu, Mitsubishi, Nissan, Land Rover, Suzuki dan Toyota.

Bagaimana Sistem Kerja ARB Air Locker?

Sesuai dengan sebutannya, Air Locker adalah penguncian differential yang digerakan oleh udara. Dari dalam kabin kendaraan, sakelar listrik yang terpasang di dasbor memicu solenoid udara untuk mengirim udara melalui saluran pneumatik ke rumah gardan dan differential ARB Air Locker. Udara bergerak ke differential melalui seal housing yang dirancang khusus. Tekanan udara memasuki ruang piston lalu menggerakkan piston dan clutch gear untuk memindahkan gigi ke posisi terkunci. Kemudian roda gigi samping terkunci dengan differential housing sehingga mengeliminasi segala aksi differential dan menghasilkan traksi 100 persen di antara poros gardan.

Berikut Fitur ARB Air Locker:

  • Menghasilkan traksi 100 persen sesuai kebutuhan tanpa mempengaruhi penggunaan berkendara di jalanan aspal.
  • Traksi mampu meningkat pesat tanpa harus bergantung pada momentum saat melewati rintangan dan mengurangi terjadinya kemungkinan kerusakan kendaraan.
  • Pengoperasian yang praktis dan user friendly membantu pengemudi tetap fokus melibas medan offroad tanpa meninggalkan kenyamanan dan keselamatan seisi kendaraan.
  • Terbukti awet dan sangat kuat menggunakan material konstruksi berkualitas tinggi
  • Desain sederhana namun efektif terdiri dari komponen penggerak minimalis
  • Desain teruji dan terbukti kuat, telah dipercaya dan digunakan di lebih dari 80 negara di seluruh dunia
  • Air Locker depan dan belakang tersedia hampir di sebagian besar model dan merek kendaraan ternama
  • Instalasi dan perawatan yang mudah

 

SAMPAIKAN KOMENTAR