Angkot Di Modif, Jadi Salah Satu Trend Di Indonesia?
27
Feb
2020
0 Comment Share Likes 409 View

Apa yang kalian pikirkan jika mendengar kata angkot? Pasti kalian akan berfikir mengenai kendaraan umum yang kotor, tidak terawat, panas, dan masih banyak stigma negatif tentang angkot. Angkutan kota atau yang biasa dipanggil angkot ini memang menjadi salah satu pilihan warga indonesia untuk menjadi transportasi umum yang sampai saat ini masih sangat diminati banyak orang. Selain murah, angkot juga mudah untuk ditemui di beberapa kota di indonesia. Bahkan beberapa kota besar pun masih menyediakan angkot sebagai alternatif dikala serangan taxi online dan busway kota menerjang. Walaupun terkadang angkot itu sering ugal-ugalan di jalan karena harus mengejar setoran dan waktu, tak heran jika banyak pengendara lain di jalan yang kesal dengan ulah angkot. Tetapi tidak semua angkot melakukan hal itu, masih banyak angkot-angkot yang beroperasi sesuai SOP dan peraturan lalulintas. Kendaraan kendaraan yang bisanya di gunakan untuk angkot ini adalah suzuki carry, toyota kijang, dan mitsubishi L300

Di satu sisi angkot memang dikenal sebagai salah satu transportasi kotor, panas, sesak, dan tidak terawat. Memang masih banyak ditemui angkot-angkot dengan kondisi yang sudah tak layak untuk beroperasi, mulai dari body mobil yang sudah berkarat, mesin yang rusak dan banyak hal yang membuat orang berfikir dua kali untuk naik angkot. Bahkan di beberapa kasus supir angkot usianya masih di bawah umur. Tentunya banyak orang memilih angkot bukan untuk mendapatkan hal tersebut. Namun, para penumpang juga layak mendapatkan kenyamanan ketika sedang menggunakan angkot. Tapi tetap saja beberapa orang lebih memilih angkot karena murah dan cepat sampai tujuan. Namun tidak semua angkot terlihat kotor dan jorok. Bahkan beberapa angkot di kota-kota besar di Indonesia seperti padang, bogor, menado, dan lainya di modifikasi. Modifikasi pada angkot memang terlihat tak biasa, namun para penyedia jasa angkot memilih memodifikasi angkutanya karana tak lain untuk menarik penumpang agar tetap nyaman. Beberapa angkot banyak yang dimodifikasi dengen berbagai macam tampilan over dan terlihat nyentrik.

Hal ini tentu juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak penumpang untuk mencoba sensasi baru dngan menaiki angkot dengan bentuk yang anti mainstream. Biasanya angkot angkot ini di modifikasi dengan menambahkan body kit di sekujur bodynya, tak lupa beberapa juga menggunakan wing spoiler layaknya mobil balap. lalu bagian kaki kaki dan velg juga bisanya di rubah dengan menggunakan velg aftermarket, walaupun velg KW tapi ini juga merupakan modifikasi tampilan agar terlihat lebih sporty, kaki kaki juga di buat ceper / rendah padahal notabenya sangat tidak cocok untuk jalanan di indonesia. Tak hanya bagian eksterior yang di buat menarik, bagian interior pun tak luput dari modifikasi. Agar penumpang nyaman, mereka memodifikasi bagian interior dengan mengganti jok dengan bahan yang bagus dan pemilihan desain jok yang atraktif. Banyak angkot di kota kota tersebut juga memodifikasi bagian audio, tak tanggung tanggung bahkan ada angkot yang sampai membenamkan puluhan speaker, TV LED besar, dan mini bar di dalam kabinya. Jika kalian menaiki angkot ini pada malam hari pasti kalian akan merasakan sensai lebih, karena di dalam angkot ini pun di lengkapi dengan lampu kabin yang berwarna warni layaknya club malam.

Bagian yang paling bisa menarik penumpang adalah cat dan livery angkot tersebut, karena para pengguna angkot akan dapat menandai bahwa angkot tersebut adalah langgananya. Warna dan livery dari angkot angkot ini pun beragam mulai dari yang norak dengan gambar gambar aneh, hingga yang bertema racing dengan berbagai sticker brand brand part sport untuk mobil. Bagian mesin pun ada yang di modifikasi dngan penggantian knalpot, open filter, bahkan sampai menaikan kapasitas cc dan swap engine.

Menurut penuturan salah satu penyedia jasa angkot yang di modifikasi secara extrem ini, biaya yang di keluarkan untuk memodifikasi 1 buah mobil itu bisa mencapai puluhan juta rupiah. Itu meliputi pemasangan bodykit, modifikasi interior, audio dan lainya. Bahkan untuk yang sampai memodifikasi di sektor mesin bisa mencapai kepala 20 jutaan. Tentunya ini bukanlah sesuatu yang murah, tetapi para penyedia angkot ini rela merogoh koceknya untuk passion dan untuk kenyamanan para penumpang tentunya. Menurut kalian bagaimana tentang modifikasi angkot di indonesia? Mungkin ini bisa menjadi daya tarik untuk tujuan wisata bukan, bahkan menjadi sebuah kultur budaya daerah tersebut dengan adanya angkot yang di modifikasi. Namun sayang keterbatasan peraturan di negara kita tentang memodifikasi kendaraan membuat angkot angkot ini semakin berkurang populasinya, dan banyak para penyedia jasa angkkot yang mengembalikan angkot modifnya ke tampilan normal.

SAMPAIKAN KOMENTAR