ANCAP Sebut Tesla Cybertruck Mobil Berbahaya
05
Dec
2019
0 Comment Share Likes 193 View

Belum usai juga rupanya kontroversi desain 'nyeleneh' truk listrik Tesla, Cybertruck. Kali ini komentar pedas muncul dari Australiasian New Car Assessment Program (ANCAP), otoritas uji kecelakaan kesohor di Australia. Mereka menyatakan keprihatinan serius soal desain Cybertruck lantaran menurut mereka, desain serba kotak itu bisa mengakibatkan cidera serius bagi penumpang kendaraan maupun pengguna jalan lainnya.

Menurut James Goodwin selaku Chief Executive ANCAP mengatakan bahwa bentuk yang tajam dan penggunaan baja stainless pada Tesla Cybertruck bisa meningkatkan risiko cedera bagi pengguna jalan lain di sekitarnya. Lebih sangat disayangkan, ANCAP padahal selalu mengapresiasi karya Tesla yang memiliki track record selalu memprioritaskan keselamatan penumpang, pejalan kaki, maupun pengendara sepeda.

"Membayangkan bagaimana pengguna jalan lain yang berada di sana (dekat Cybertruck), mobil itu punya bodi yang cukup keras dan tidak banyak area yang akan memberikan beberapa perlindungan bagi pejalan kaki," ujar Goodwin sebagaimana dilansir Carscoops.

Pada intinya, ANCAP sangat mengkhawatirkan rangka luar Cybertruck yang keras. Jika membentur sesuatu terutama kendaraan lain atau manusia, jelas efeknya bisa lebih besar dibandingkan mobil lain pada umumnya.

"Kami berharap bahwa setiap kendaraan harus bisa menyerap energi (tabrakan). Kalau tidak menyerap energi maka orang-orang di dalam kendaraan yang menahan benturan," imbuhnya.

Selain itu, kritikan ANCAP juga bisa dianggap wajar karena mobil ini disebut memang tidak memiliki wiper kaca depan. Bahkan tidak memiliki sein.

Sementara kritik terhadap eksterior kendaraan telah merebak ke berbagai penjuru, Tesla kemungkinan hanya akan membuat sedikit perubahan pada model produksi. Hal ini tentu berhubungan dengan jumlah pre-order yang diduga sudah banyak juga.

SAMPAIKAN KOMENTAR