Akibat Kendala di Power Steering, Tesla Model X Kena Recall
14
Feb
2020
0 Comment Share Likes 243 View

Menurut National Highway Traffic Safety Administration atau NHTSA alias badan administrasi keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika Serikat, diperlukannya penarikan kembali atau recall atas Tesla model X. Penarikan kembali atas produk pabrikan manufaktur perusahaan Kendaraan Bermotor Listrik (KBL), kategori mobil bertenaga listrik murni atau Electric Vehicle (EV), adalah mengenai Tesla X yang sudah beredar di wilayah Amerka Serikat dan Kanada, dari buatan yang di produksi tahun 2016. Jumlah yang akan dilakukan penarikan, kabarnya sampai menyentuh angka 14.193 unit untuk Negeri Paman Sam, serta 843 untuk unit yang berada di Kanada.

Sebab dari penarikan kembali ini, menurut NHTSA dan Transport Canada, adalah baut alumunium perekat roda kemudi tenaga listrik yang didukung motor ke rumah roda gigi bisa korosi dan pecah, sehingga menyebabkan pengurangan atau hilangnya suplai power steering sepenuhnya.

Sementara itu pihak Tesla telah memberi tanggapan terkait persoalan ini. Mereka telah mengamati korosi berlebihan pada baut yang menghubungkan komponen ini ke perangkat kemudi di kendaraan model X yang terkena dampak dan terutama di daerah dengan iklim sangat dingin.

Perusahaan yang dinakhodai oleh Elon Musk ini akan mengatur pergantian dan roda kemudi jika diperlukan. Dan mereka mengimbau kepada pengguna, bahwa masih diperbolehkannya terus mengoperasikan model X milik mereka, sebelum penarikan kembali mulai berlangsung dan akan menghubungi pemilik agar bisa menjadwalkan agenda penggantian ketika suku cadang tersedia.

Penarikan hanya berlaku untuk Tesla model X buatan tahun 2016. Di waktu sebelumnya, perusahaan Tesla pun pernah melakukan penarikan serupa pada Maret 2018 dengan jumlah 123.000 unit Tesla model S di seluruh dunia yang diproduksi sebelum April 2016 untuk mengganti baut motor bantu kemudi.

SAMPAIKAN KOMENTAR