7 Tips Merawat Wiper Mobil yang Baik
25
Jan
2020
0 Comment Share Likes 230 View

Musim hujan datang dan segala kebutuhan dalam kendaraan dalam menghadapinya pun kerap jadi perhatian lebih. Salah satu komponen yang wajib jadi perhatian dan perawatan adalah wiper. Seperti kita ketahui bersama, wiper sangat berguna untuk menunjang visibilitas berkendara di tengah hujan. Wiper yang baik tentu bisa membersihkan kaca mobil dengan bersih saat berkendara terutama kaca bagian depan.

Tak hanya membersihkan air hujan, wiper juga sangat dibutuhkan untuk membersihkan kaca mobil depan maupun belakang dari serangan uap hujan itu sendiri. Bisa dirasakan kan Bro, kalau wiper mobil rusak maka sudah pasti visibilitas kalian pun akan terganggu bahkan sampai tidak bisa melihat kondisi jalan di luar kabin saat hujan.

Nah, meskipun tahu bahwa wiper mobil perlu diperhatikan kondisinya dan dirawat secara rutin, namun banyak juga yang tidak tahu bagaimana caranya. Kalau sudah begitu, bagaimana?

Berikut ini akan sedikit diulas 7 cara merawat wiper mobil yang baik seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Check this out!

Cara Merawat Wiper Mobil

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada wiper mobil adalah timbul bunyi yang tentunya akan sangat menggangu pendengaran Mas Bro sekalian. Hal ini terjadi terutama pada saat musim yang tidak menentu, seperti cuaca yang mudah berubah dari panas ke dingin atau dari hujan ke kemarau atau sebaliknya.

Hal yang ditimbulkan akibat cuaca seperti ini akan berdampak negatif pada kondisi wiper Mas Bro sekalian. Komponen wiper yang sangat rentan terhadap perubahan cuaca adalah karetnya. Sifat karet pada wiper ini hampir sama seperti kanebo. Sebaiknya kondisikan karet wiper mobil Mas Bro sekalian dalam posisi tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah juga. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga keawetan wiper mobil itu sendiri. Dalam ulasan kali ini, akan dibeberkan beberapa tips bagaimana cara merawat wiper mobil.

  1. Proses Pengecekan

Cara merawat wiper mobil yang pertama adalah melakukan pengecekan terlebih dulu. Langkah pertama, sebaiknya Mas Bro langsung mengecek atau memeriksa kondisi karet wiper mobil terlebih dahulu. Kalau Mas Bro menemukan kondisi karet wiper retak atau sudah lapuk, lebih baik segera melakukan penggantian karet wiper mobilnya. Hal ini semata-mata untuk menjaga performa wiper agar bisa berfungsi maksimal.

  1. Proses Pembersihan

Langkah berikutnya dalam merawat wiper mobil adalah membersihkannya. Tapi kalau Mas Bro melakukan pembersihan wiper mobil jangan sekali-sekali mengelap pinggiran karet wiper-nya, ya. Hal ini dikarenakan pada posisi itulah terdapat bagian komponen lapisan kimia yang berfungsi untuk menjaga elastisitas karet wiper tersebut.

Saat Mas Bro sekalian melakukan pembersihan pada wiper mobil, sebelumnya lebih baik memasang stand agar karet tidak menempel pada kaca mobil. Untuk membersihkan karet wiper pada mobil, sebaiknya gunakanlah cairan khusus pembersih wiper mobil yang bisa Mas Bro dapatkan di toko atau supermarket yang menjual aksesoris mobil.

  1. Cek Poros Wiper

Bagian poros wiper yang aus akan mengakibatkan perputaran wiper menjadi kurang maksimal. Atasi hal ini dengan menyemprotkan cairan pelumas pada poros wiper secara berkala. Dengan melakukan hal ini maka wiper mobil kesayangan Mas Bro akan bekerja dengan maksimal sebagaimana mestinya.

  1. Perhatikan Semprotan Air Wiper

Cara merawat wiper mobil berikutnya adalah dengan memperhatikan bagian semprotan air wiper. Selain karet wiper yang sudah dibahas tadi, jangan lupa juga untuk memperhatikan atau mengecek keadaan semprotan air wiper mobil Mas Bro. Pastikan air semprotan wiper mobil selalu lancar dan pastikan arah semprotannya pun sesuai dengan yang diinginkan.

Apabila semprotan wiper mobil Mas Bro macet, bisa kok memperbaikinya sendiri dengan menggunkaan jarum. Untuk membersihkan saluran air dalam semprotan wiper tersebut Mas Bro juga bisa sekalian dapat menyetel ulang arah semprotan air wiper sesuai dengan arah yang dikehendaki.

  1. Penggunaan Cairan Khusus

Dalam menggunakan cairan khusus pembersih wiper jangan lupa untuk membaca lebih dahulu petunjuk atau “cara pemakaiannya”. Lakukan pembersihan wiper dengan cara  mencampurkan cairan wiper yang sudah Mas Bro siapkan dengan air bersih ke dalam wadah yang akan digunakan untuk membersihkan wiper mobil kesayangan.

Apabila dalam kondisi mobil diparkir, sebaiknya jangan lupa untuk merenggakan karet wiper mobil dari kaca. Hal ini funsginya untuk  mengurangi kelembapan dari keret wiper. Tentunya biar jadi lebih awet.

  1. Cek Air Wiper Berkala

Lakukan pengecekan rutin terhadap kondisi air wiper mobil kesayangan juga, ya. Jangan sampai malah ditemukan dalam keadaan yang kosong. Hal ini untuk mengantisipasi apabila kaca mobil kotor dan buram dan perlu dibasahi air wiper untuk menyapunya sehingga visibilitas kembali ke kondisi normal.

Setelah melakukan semua hal diatas, tentunya tidak terlalu sulit ya Bro. Kalian hanya harus rajin, selalu rutin dan ulet untuk cek wiper mobil kesayangan.

  1. Cek Masa Kelayakan Wiper

Masa kelayakan pemakaian wiper memang menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilupakan, Bro. Kenali ciri–ciri wiper yang sudah tidak layak pakai. Biasanya keras dan tidak fleksibel ketika sedang menyapu atau membersihkan kaca mobil.

Karet wiper yang keras selain dapat menggores kaca juga bisa meninggalkan bekas. Hal ini bisa mengakibatkan visibilitas Mas Bro buram dan terganggu kalau wiper sudah tidak layak pakai.

Agar wiper mobil kelihatan seperti baru, bisa melakukan pengecatan ulang pada karet ataupun besi wiper. Ini salah satu cara agar wiper menjadi awet.

SAMPAIKAN KOMENTAR