Indonesia Gagal Raih Poin di Laga Awal AFF 2018
10
Nov
0 Comment Share Likes 52 View

Bermain dengan hanya mengandalkan 2 striker, tim nasional Indonesia harus rela kehilangan poin setelah dicuri Singapura. Sebagai partai pembuka dari Grup B, Indonesia menyerah 1 - 0 atas Singapura setelah menjalani laga di National Stadium pada Jumat (9 November 2018).

Gol semata wayang yang diciptakan Harris Harun di menit 37 membuat anak asuh dari Bima Sakti cukup terkejut. Timnas Singapura yang dilatih oleh Fandi Ahmad memang melakukan gebrakan sejak awal laga sehingga membuat Evan Dimas dkk sulit mengeluarkan gaya permainan mereka. Bahkan hal ini terjadi sepanjang laga babak pertama. Tim nasional Indonesia seperti tidak berkutik dan menuruti gaya permainan Singapura.

Usaha menyamakan kedudukan hingga membalikan keadaan pun gagal terjadi. Bahkan akumulasi 2 kartu kuning yang berujung kartu merah di menit 94 harus diterima oleh Putu Gede. Secara statistik, Indonesia hanya mampu menguasai 37,8 persen saja. Bahkan hanya sebuah tendangan terarah ke gawang Singapura, sementara empat tembakan nyaris membobol gawang Indonesia.

Kegagalan dalam meraih poin tentu menjadi beban tersendiri, terlebih laga selanjutnya akan menghadapi Timor Leste di SUGBK - Jakarta pada 13 November mendatang. Di laga berbeda dari grup B, Thailand sebagai rival terberat Indonesia berhasil menang 7 - 0 atas Timor Leste. Hal ini yang cukup menyulitkan Indonesia agar membuka peluang.

Memang laga awal memang memiliki beban tersendiri, emosi hingga mental para pemain diuji, fokus untuk meraih kemenangan hingga mendapatkan poin demi melaju ke babak selanjutnya harus dilakukan oleh tim nasional Indonesia.

Selain kemungkinan akan menurunkan Andik Vermansah yang sengaja disimpan oleh Bima Sakti, beragam cara akan dibahas untuk mendapatkan solusi agar bermain efektif di fase selanjutnya. "Komposisi ini sebenarnya sama dengan skuad ketika Asian Games 2018 lalu, tetapi kenapa performanya tidak seperti penampilan mereka sebelumnya," ungkap Bima Sakti.

Susunan Pemain Indonesia vs Singapura :

Indonesia (4-5-1): Andritany Ardhiyasa; Putu Gede Juniantara, Ricky Fajrin (Fachrudin Aryanto 64'), Hansamu Yama Pranata, Rizky Pora; Evan Dimas Darmono, Zulfiandi, Irfan Jaya (Riko Simanjuntak 46'), Stefano Lilipaly (Septian David 84'), Febri Hariyadi; Alberto Goncalves.

Pelatih: Bima Sakti

 

Singapura (3-6-1): Hassan Abdullah Sunny; Muhammad Shakir Hamzah (Nasrul Nazari 85'), Irfan Fandi Ahmad, Muhammad Safuwan Baharudin; Muhammad Zulqarnaen Suzliman, Muhammad Faris Ramli, Muhammad Tasir Hanapi, Muhammad Izzdin Shafiq Yacob, Harris Harun, Gabriel Quak Yil (Adam Swandi 77'); Ikhsan Fandi Ahmad

Pelatih: Fandy Ahmad

 

Image courtesy : @theafcdotcom

SAMPAIKAN KOMENTAR