Beragam Hal Dari Final Piala Dunia 2018
16
Jul
2 Comment Share Likes 184 View

Final Piala Dunia telah menghasilkan tim nasional Perancis kembali meraih gelar juara keduanya setelah menundukan timnas Kroasia dengan skor 4 – 2. Timnas Perancis kembali menundukan Kroasia seperti hal pada Semi Final Piala Dunia 1998 atau 20 tahun lalu.

Gol pembuka dalam Final Piala Dunia 2018 merupakan gol bunuh diri dari Mario Mandzukic sehingga Perancis unggul lebih dulu pada menit ke 18. Tim nasional Kroasi berhasil menyamakan kedudukan melalui gol indah yang dibangun dari tenagh lapangan sehingga Ivan Perisic menciptakan gol pada menit 28. Namun sepuluh menit berselang, melalui titik pinalti berkat teknologi VAR, Antoine Griezmann mencetak gol bagi Perancis.

Dalam babak kedua, Paul Pogba menjawab kritikan tentang penampilannya dengan menyarangkan gol pada menit ke 59. Perancis makin unggul setelah Kylian Mbappe melengkapi kemenangan dengan golnya pada menit ke 65. Kroasia hanya dapat memperkecil jarak melalui Mario Mandzukic setelah memanfaatkan blunder dari Lloris (kiper Perancis) pada menit ke 69.

Dengan total 6 gol membuat final Piala Dunia 2018 menjadi pesta gol karena pada 7 final sebelumnya tergolong paceklik gol. Bahkan di tahun 1994 yang dilakoni Brasil dan Italia tidak ada gol tercipta hingga 120 menit dan harus menjalani babak pinalti.

Dengan kemenangan Perancis membuat keberhasilannya dalam menyamai torehan dari Argentina dan Uruguay. Rekor kemenangan masih dikuasai Brasil dengan 5 kemenangan, Jerman dan Italia dengan 4 kali kemenangan. Sedangkan Inggris dan Spanyol hanya meraih kemenangan 1 kali dalam sepanjang piala dunia. Hal ini membuat hanya 8 negara saja yang dapat meraih gelar juara Piala Dunia.

Bagi tim nasional Kroasia, hasil ini merupakan yang terbaik setelah hanya dapat bermain di Semi Final pada 1998 dan juga harus tersingkirkan oleh timnas Perancis. Skuad Kroasia dianggap terlalu lelah karena dalam tiga laga sebelumnya harus bermain selama 120 menit dan memiliki waktu istirahat lebih sedikit satu hari dari Perancis. Namun daya juang dan tidak murah menyerah dari tim nasional Kroasia wajib diajungi jempol. Terlebih dalam pertandingan yang disaksikan langsung oleh presiden Kroasia secara langsung. 

Didier Deschamps sebagai pelatih tim nasional Perancis pun menjadi orang ketiga yang berhasil meraih gelar juara sebagai pemain dan pelatih. Dua orang lainnya adalah Franz Beckenbauer (menjadi pemain di 1974 dan pelatih di 1990) dan Mario Zagallo (meraih juara sebagai pemain di tahun 1958 dan 1962, di tahun 1970 menjadi pelatih Brasil).

Dalam gelaran Piala Dunia 2018, sepatu emas menjadi mili Harry kane (Inggris) setelah mencetak enam gol. Striker Perancis – Kylian Mbappe meraih penghargaan pemain muda terbaik untuk Piala Dunia 2018, sedangkan gelar pemain terbaik jatuh ke tangan Luka Modric (Kroasia).

 

 

Courtesy Image: reuters.com

SAMPAIKAN KOMENTAR