Wuih, Lamborghini Berencana Bikin Supercar Listrik Tanpa Baterai! Begini Cara Kerjanya

Wuih, Lamborghini Berencana Bikin Supercar Listrik Tanpa Baterai! Begini Cara Kerjanya

13Nov
INTERSPORT.ID ON 13 November 2017
INTERSPORT.ID ON 13 Nov 2017

Mobil listrik tentu harus punya baterai yang berfungsi untuk menyalurkan energi sehingga mobil bisa berjalan. Tapi, gimana jadinya kalau mobil listrik enggak punya baterai? Inilah yang lagi pengen dibuat sama pabrikan otomotif asal Italia, Lamborghini.

Diberi nama Terzo Millennio concept, mobil listrik yang dikembangkan Lamborghini bekerja sama dengan insinyur Massachusetts Institute of Technology ini enggak bakal punya baterai. Sebagai gantinya, Lamborghini bakal menyematkan bodi dari material carbon nanotubes dan menggunakannya sebagai supercapacitor yang bisa menyimpan dan mengeluarkan energi.

Karena bisa dibuat dari karbon dan dibentuk menjadi bodi, penggunaan supercapacitor efektif mengurangi bobot mobil dibanding menggunakan baterai. Kerennya lagi, supercapacitor juga mampu mengisi dan menyalurkan energi jauh lebih cepat dibanding baterai sehingga cocok digunakan oleh mobil kencang.

Meski begitu, supercapacitor juga masih punya kelemahan, yaitu belum mampu menyimpan energi dalam jumlah besar. Inilah yang menjadi tantangan yang juga diakui oleh Head Of Research and Development Lamborghini, Mauricio Reggiani.

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN