World Solar Challenge, Ajang Balap Mobil Tenaga Surya Terbesar di Dunia
22
Oct
0 Comment Share Likes 1798 View

Ajang balap mobil tenaga surya terbesar di dunia, World Solar Challenge, kembali digelar di Australia dengan rute balapan dari Darwin ke Adelaide yang kurang lebih berjarak 1.878 mil dan itu semua cuma mengandalkan sinar matahari.

Nggak cuma lebih kencang, mobil yang ikutan di edisi World Solar Challenge ke-30 ini juga semakin banyak. Total ada 42 mobil tenaga surya yang terbagi dalam tiga kategori; yaitu kelas Challenger untuk mobil yang paling maju dari segi teknologi dan kecepatan, kelas Adventurer untuk mobil non kompetitif yang sedikit lebih pelan, serta kelas Cruiser buat mobil yang lebih mengutamakan efisiensi dibanding kecepatan.

Seperti halnya di kompetisi lain, World Solar Challenge juga jadi “medan pertempuran” bagi tim balap untuk mengembangkan teknologi yang lebih baik dari rivalnya. Hal ini terbukti dari perbedaan durasi untuk menyelesaikan balapan. Kalau di tahun 1987 waktu yang diberikan adalah satu minggu, di 2009 tim yang berhasil jadi juara mampu menyelesaikan balapan cuma dalam 30 jam berkat panel surya dan motor yang lebih efisien.

Liat kayak apa balapannya di video-video berikut ini!

SAMPAIKAN KOMENTAR