Waduh, Kalau Ada Tanda-tanda Ini Power Steering Udah Mulai Rusak
15
Mar
0 Comment Share Likes 342 View

Power steering merupakan system yang memudahkan roda depan untuk memutar kemudi. Tanpa adanya power steering, kemudi pada mobil Anda sudah dipastikan akan sangat berat untuk dibelokkan. Biasanya mobil-mobil keluaran 1990-an sudah dibekali dengan power steering, dan mobil baru sudah memakai power steering dengan metode elektronik.

Tapi, power steering juga sebenarnya juga harus banget dirawat, bro. Karena kalau udah rusak, power steering ini juga bakalan nyusahin lo saat lagi berkendara. Kerusakan power steering ini terjadi akibat banyaknya pemilik mobil yang tidak tau bagaimana harusnya memperlakukan mobil dengan baik sehingga tidak mengakibatkan kerusakan di bagian tersebut.

Untuk menghindari masalah terjadi pada sistem power steering, sebaiknya lakukan pengecekan serta perawatan berkala. Ada beberapa hal yang bisa lo jadiin patokan buat tau kalau power steering lo udah mulai ada tanda kerusakan.

  1. Kurang Cairan Power Steering

Power steering akan berfungsi dengan baik apabila ada tekanan yang cukup di bagian piston di dalam rack dan pinion. Jumlah cairan yang kurang tentunya tidak memberikan dorongan maksimal terhadap piston, sehingga pengaruhnya kepada power steering menjadi berat.

  1. Power Steering Belt Kendor

Berat ringannya kemudi juga bergantung dari power steering belt. Fungsi belt untuk memulai berhenti melakukan putaran. Ini salah satu komponen yang juga rentan atau mudah rusak. Dijaga agar tidak sampai putus atau longgar. Sebaiknya juga ditanya umur pakai belt power steering hingga berapa kilometer.

  1. Rack (rak) Kemudi Rusak

Ini merupakan bagian utama dari kemudi mobil yang biasanya bekerja sama dengan sistem power steering. Setelah penggunaan dalam waktu yang lama, rak kemudi bisa rusak dan aus. Pada saat itu terjadi, kemudi akan lebih sulit diarahkan.

Namun masalah ini akan hilang dengan sendirinya apabila mobil sudah dalam kondisi hidup, seiring kondisi mobil yang makin panas, begitu juga dengan pelumas yang makin merata akan menyebabkan power steering bekerja dengan lebih mudah.

  1. Ban Kempes

Boleh dibilang ini lucu, gak ada hubungannya tapi jadi penyebab power steering bermasalah. Otomatis dengan kondisi ban kempis, roda kemudi akan menjadi berat, tapi ini bukan berarti power steering bermasalah bukan?

4 hal di atas bisa jadi tanda-tanda yang lo pakai buat tau kalau power steering lo udah mulai ada tanda kerusakan. Nah, gimana bro sekarang mesti rajin ngerawat power steering dan sayang sama mobil kesayangan lo.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR