VW Mulai Produksi Mobil Listrik Pertamanya
07
Nov
2019
0 Comment Share Likes 205 View

Volkswagen (VW) berkomitmen menghadirkan mobil ramah lingkungan. Di samping untuk mengikuti tren otomotif saat ini, langkah tersebut diambil sebagai upaya menghapus stigma negatif terhadap perusahaan karena terlibat kasus manipulasi emisi gas buang atau dieselgate pada 2015 lalu.

Menunjukkan keseriusannya mengembangkan mobil rendah emisi, beberapa waktu lalu VW sempat memamerkan jajaran mobil baru bertenaga listrik yang segera diproduksi dan dipasarkan secara massal. Sebut saja satu di antaraya ID.3. Mobil listrik pertama VW ini sudah mulai masuk dapur produksi. VW ID.3 diproduksi di pabrik milik VW di Zwickau, Jerman.



VW menargetkan produksi ID.3 sebanyak 330 ribu unit per tahun. Untuk memproduksi VW ID.3, pabrikan otomotif asal Jerman ini mengeluarkan dana sebanyak 1,2 miliar Euro atau setara dengan RP18,6 triliun.

“VW ID.3 akan memberikan kontribusi penting bagi terobosan e-mobility. Ini membuat mobilitas bersih, dapat diakses oleh jutaan orang dan merupakan tonggak sejarah bagi perusahaan kami di jalan menuju netral-iklim pada tahun 2050, ” kata Chief Executive Officer (CEO) Grup Volkswagen Herbert Diess seperti dilansir Carmudi dari Paultan.



Diess menambahkan Jerman harus mendorong perubahan di seluruh rantai e-mobility.. “Itulah sebabnya kami memproduksi kendaraan listrik di Jerman. Pada saat yang sama kami juga mengambil keputusan untuk mengembangkan dan memproduksi motor listrik serta sel baterai dan sistem,”lanjut Diess.

Pabrik VW di Zwickau sedang menjalani perubahan atau renovasi secara bertahap. Tahap ekspansi terakhir jatuh pada 2021, nantinya pabrik tersebut akan memproduksi enam model mobil listrik menggunakan platform MEB. Sebanyak 8.000 karyawan menjalani pelatihan sebagai persiapan untuk produksi kendaraan listrik dan bekerja dengan teknologi tegangan tinggi.



“VWID.3 adalah mobil berteknologi tinggi dari pabrik berteknologi tinggi. Dengan sekitar 1.700 robot, sistem transportasi tanpa pengemudi dan proses manufaktur yang sepenuhnya otomatis, Zwickau memberikan wawasan kontemporer tentang bentuk produksi volume tinggi kendaraan listrik yang berpandangan ke depan, ” kata anggota dewan Volkswagen untuk e-mobility,Thomas Ulbrich.

VW ID.3 akan diluncurkan di pasar di seluruh Eropa secara bersamaan tahun depan. Data Vw mengungkap lebih dari 35.000 pelanggan telah memesan dan ID.3. Sebelumnya pabrikan mobil yang bermarkas di Wolfsburg itu telah melakukan debut perdana VW ID.3 awal September lalu di Frankfurt Motor Show 2019. Ada tiga versi yang dipamerkan saat itu mulai dari model dasar, varian Plus dan Max. Semuanya ditenagai oleh motor listrik yang mampu mengeluarkan daya maksimal 201 hp dan torsi 310 Nm. Sumber listriknya berasal dari baterai 58 kWh.

SAMPAIKAN KOMENTAR