Trend Modifikasi Eksterior Terbaik Untuk Mobil Sport
02
Sep
2019
0 Comment Share Likes 349 View

Sama seperti kita, mobil juga butuh “pakaian”. Terkadang kita sebagai pemilik mobil ingin memodifikasi bagian luar adari mobil kita agar mempunyai ciri khas tersendiri yang menjadi identitas mobil kita. Di dunia otomotif, “pakaian” mobil ini juga sama seperti pakaian manusia yang memiliki trend yang berbeda dan bisa berubah dari waktu ke waktu. Tetapi bagi para Pria Intersport yang memiliki mobil sport atau menyukai modifikasi mobil sport, ternyata ada beberapa trend modifikasi eksterior terbaik untuk mobil sport. Mau tahu apa saja trend-nya? Yuk, langsung disimak informasinya berikut ini.

 

  1. FRONT SPLITTER

Front splitter adalah salah satu cara yang keren untuk memberikan flair ekstra pada ujung bawah bumper depan mobil sport kesayangan kita. Untuk mobil-mobil dengan suspensi yang dibuat rendah, sebuah front lip biasanya ditambahkan untuk mempertegas karakter mobil tersebut. Front splitter juga fungsional, karena berfungsi untuk mendukung fungsi aerodinamis, terlebih saat mobil melaju pada kecepatan tinggi.

 

  1. HOOD SCOOP

Baik pada Dodge Challenger Demon maupun Toyota 4Runner TRD Pro, penggunaan hood scoop memang terbukti dapat menambah kesan sporty pada kendaraan dan menyuplai udara dengan jumlah besar yang dibutuhkan oleh mesin. Menambahkan hood scoop pada hood mobil yang sudah ada memang bisa menjadi pekerjaan yang cukup kompleks, maka itu, harus diserahkan pada body shop yang mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang mempuni mengenai hal itu untuk memaksimalkan segi fungsional dari model mobil tertentu.

 

  1. CANARDS

Canard biasanya ditempatkan di bagian samping dari fascia depan dari mobil kita dan berfungsi untuk membantu mengendalikan penyebaran udara yang dipisahkan oleh front splitter. Selain itu, canard membantu mengatur ulang arah udara di bagian samping mobil, dimana udara tersebut akan disimpan dan dibiarkan mengalir ke seluruh bagian mobil. Penambahan canard pada mobil memang salah satu modifikasi yang seringkali diremehkan oleh sebagian besar orang, padahal modifikasi ini selain berfungsi untuk menghias mobil, juga menambah fungsi lain pada mobil.

 

  1. BAN MOBIL

Pembaruan pada ban mobil memang dinilai ideal bagi siapapun yang suka memodifikasi mobilnya. Kita bisa mengganti ban mobil dengan ban yang menawarkan weight advantage serta kelebihan pada handling-nya, terlebih ban-ban mobil balap yang memang secara spesifik diciptakan dengan mempertimbangkan keadaan di lintasan balap. Mengganti ban mobil memang salah satu alternatif agar eksterior mobiln kelihatan lebih menarik dan menambah kesan mobil berkecepatan tinggi.

 

  1. SPOILER

Spoiler adalah salah satu komponen pada mobil yang memengaruhi aerodinamika pada mobil. Spoiler berfungsi menambah downforce atau tekanan ke bawah pada mobil untuk mengurangi gaya angkat yang timbul akibat kecepatan tinggi. Gaya angkat yang terjadi pada mobil mampu membuat mobil melayang dan tidak stabil saat melaju dalam kecepatan tinggi sehingga menyebabkan pengemudi kehilangan kontrol. Selain menambah tekanan bawah saat melaju kencang, spoiler juga mampu meningkatkan pengendalian mobil. Hal ini berkaitan dengan meningkatnya efek aerodinamis yang mempertahankan roda untuk tetap menempel di jalan.

Pemasangan spoiler pada mobil harus diimbangi juga dengan pemasangan spoiler di bagian depan dan samping. Pemasangan spoiler belakang saja dapat menyebabkan mobil bergerak tidak tentu arah dan terkadang mengubah haluan mobil ketika melaju kencang. Spoiler depan biasanya menempel pada bagian bemper, sedangkan spoiler samping berada tepat di bagian panel bawah pintu di sisi kiri dan kanan.

 

  1. REAR DIFFUSER

Salah satu aksesori yang banyak ditawarkan produsen otomotif adalah diffuser yang dipasangkan di bawah bumper baik depan maupun belakang kendaraan. Menariknya, diffuser sendiri memiliki fungsi khusus, di mana biasanya komponen ini dapat ditemukan pada mobil balap. Diffuser pada dasarnya digunakan untuk menambah nilai aerodinamis saat melaju pada kecepatan tinggi. Namun, karena komponen ini semakin diminati oleh para pengendara mobil penumpang, maka produsen menghadirkannya. Diffuser akan bekerja dengan baik, terlebih apabila mobilnya memang terbiasa berjalan dikecepatan di atas 100km/jam. Diffuser bisa didesain menyesuaikan kebutuhan. Namun yang harus diperhatikan juga adalah nilai estetikanya. Diffuser memang rata-rata dipasang pada mobil-mobil ceper.

 

  1. DECAL

Tak perlu dipertanyakan lagi. Decal memang cara terbaik bagi sebagian orang untuk mengekspresikan diri mereka melalui mobil mereka. Selain itu, hal ini juga merupakan cara untuk menunjukan identitas mobil itu sendiri. Decal sendiri adalah sebuah sticker atau striping yang tercetak diatas suatu pola yang pola sebelumnya telah disesuaikan dengan dimensi bodi motor atau mobil yang akan ditempel.  Untuk desainya pun bisa lebih beragam. Dengan software seperti Adobe Ilustrator, Photoshop atau Corel Draw, desain apapun bisa dibuat. Bahkan membubuhkan foto sekalipun tidak jadi masalah. Berbeda dengan cutting sticker yang bila disentuh terasa berundak karena ada beberapa layer sticker, maka decal sticker bila diraba akan terasa rata dan sangat lembut layaknya cat airbrush. Selain itu, kalau kita bosan dengan decal sticker bisa sewaktu-waktu kita lepaskan dan ubah dengan decal yang baru, beda dengan cat airbrush yang prosesnya lebih kompleks. Selain itu, decal sticker juga dapat menampung gambar yang lebih detail dan kecil. Bahan yang digunakan juga lebih fleksibel dan tipis.

 

  1. SIDE SKIRT

Side skirt pada dasarnya membagi dasar mobil menjadi dua bagian, yaitu bagian bawah mobil yang menjadi daerah tekanan rendah dan kecepatan udara yang tinggi dan bagian sisi mobil yang menjadi daerah tekanan yang lebih tinggi. Dengan side skirt, aliran bergerak dari sisi truk daripada dari depan dan menyebabkan guncangan. Dengan demikian, dengan aliran yang lebih halus dari truk, drag dikurangi secara konsekuen berakhir menghemat bahan bakar, biasanya dengan jarak 3-7% untuk jangka panjang. Tanpa side skirt, udara di sisi mobil akan berpindah ke bawah mobil karena perbedaan tekanan mengakibatkan reduksi di tenaganya. Dengan kehadiran side skirt akan menghindari hal ini untuk terjadi dengan cara bersifat seperti penahan. Di mobil sport, ini adalah jalan terbaik untuk menambah lingkatan tenaga.

SAMPAIKAN KOMENTAR