Toyota Perkenalkan All New Mirai 2021, Sedan Elegan Bertenaga Hidrogen
11
Oct
2019
0 Comment Share Likes 286 View

Toyota baru saja memperlihatkan All New Mirai 2021, generasi kedua dari sedan bertenaga hidrogen yang sebelumnya diperkenalkan Toyota pada 2015. Unit yang diperlihatkan saat ini masih berupa konsep, namun kabarnya unit preview yang siap masuk jalur produksi akan diperlihatkan nanti saat Tokyo Motor Show di bulan ini.

Toyota Mirai 2021 jelas lebih menarik dilihat daripada versi pertamanya, dengan bagian grill depan yang cukup besar Mirai yang baru sekilas memiliki penampilan mewah dan elegan layaknya mobil keluaran Lexus. Bahkan autoblog.com menyebutkan bawah ada beberapa porsi bodi yang mirip dengan Lexus LFA. Untuk cat yang digunakan, nantinya bakal mengikuti proses pengecatan dari Lexus dimana di seluruh bodi akan diaplikasikan 6 lapis warna terlebih dahulu dan kemudian di bagian akhir akan ditutupi lapisan bening, antar lapisan pun memiliki jeda waktu tertentu agar nantinya dapat menghasilkan warna yang menurut pihak Toyota lebih baik.

Untuk bagian interiornya, Mirai 2021 akan memiliki layar sentuh berukuran 12.3 inci dengan sistem yang rumornya akan diambil dari Lexus. Karena memiliki badan yang lebih luas nantinya mobil ini mampu menampung 5 kursi dari yang sebelumnya hanya 4 kursi. Dan tak lupa 15 buah speaker dan sistem audio dari JBL juga turut menjadi pelengkap.

Perubahan menarik lain yang layak diperhatikan adalah berubahnya sistem penggerak yang awalnya berpenggerak depan kini menjadi berpenggerak belakang. Perubahan ini menurut pihak desainer Toyota membuat mereka mampu menghasilkan Mirai yang lebih panjang, lebih rendah, lebih lebar dan tentunya lebih kokoh daripada versi pendahulunya. Perubahan ini juga diklaim akan mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar

Untuk perihal sumber tenaga, Toyota akan tetap berkomitmen dengan penggunaan teknologi hydrogen fuel cell mereka. Sederhananya hidrogen akan ditekan hingga molekulnya akan terpecah menjadi ion dan elektron, kemudian elektron akan disalurkan ke suatu bagian mesin yang akan menggabungkannya dengan oxygen, nantinya putaran proses ini akan menjadi listrik yang mampu menggerakkan sistem penggerak yang berbasis motor listrik.

Beberapa keuntungan yang didapat dari sistem tenaga berbasis hidrogen adalah tidak adanya emisi pembuangan yang berbahaya, karena emisi nya hanya berupa air (H2O) dan kemudian pengisian sumber tenaganya jauh lebih cepat daripada electric charging. Perbandingannya jika sistem electric charger memakan waktu pengisian beberapa jam maka pada sistem hidrogen hanya beberapa menit saja.

Pihak Toyota belum membeberkan detail mengenai sistem tenaga hidrogen yang ada di Mirai terbaru ini, namun para ahli dari Toyota menargetkan akan memiliki jarak tempuh 30% lebih jauh dari generasi pertamanya.

SAMPAIKAN KOMENTAR