Tips Memilih Steering Wheel
22
Jul
0 Comment Share Likes 197 View

Dewasa ini, banyak orang yang mengganti steering wheel standar bawaan pabriknya dengan steering wheel baru. Hal ini dilakukan dengan berbagai alasan. Ada yang ingin menambah kenyamanan dengan mengganti steering wheel, ada yang mempertimbangkan segi fungsinya, ada pula yang mengincar steering wheel dengan desain tertentu agar sesuai dengan seleranya. Hal ini sah-sah saja dilakukan. Tapi tahu nggak, Bro? Kita tidak boleh sembarangan memilih steering wheel, lho. Sebelum memutuskan untuk mengganti steering wheel kita, kita harus mempertimbangkan beberapa hal. Apa saja? Berikut ulasannya untuk para Pria Intersport.

 

  1. Fungsi

Saat ini, sudah banyak steering wheel yang memiliki berbagai fitur di dalamnya. Mulai dari airbag, klakson, kontrol audio, paddle shift, dan lain sebagainya. Di sekitar lokasi setir juga terdapat banyak fungsi yang perlu dijadikan pertimbangan, misalnya: tuas lampu, wiper, dan yang lainnya.

Maka itu, saat mengganti steering wheel OEM kita dengan steering wheel aftermarket, tentukan dulu tujuan penggantian setirnya. Pastikan steering wheel aftermarket yang kita pilih tidak menghilangkan fungsi yang seharusnya, terlebih fungsi yang menunjang keselamatan.

 

  1. Bahan/Material

Bahan atau material pada steering wheel juga harus kita perhatikan dengan benar. Pemilihan bahan ini akan sangat berpengaruh terhadap kualitas steering wheel yang akan kita gunakan. Jika kita memilih steering wheel dengan bahan yang bagus, maka kualitas steering wheel tersebut secara otomatis juga akan meningkat. Dengan begitu, ketahanannya juga akan meningkat. Tidak hanya itu, memilih steering wheel dengan bahan yang nyaman dan berkualitas juga akan membuat kita merasa lebih nyaman saat mengendarai mobil.

Selain bahan plastik abs seperti yang digunakan pada kebanyakan steering wheel OEM, ada pula lingkar steering wheel yang terbuat dari bahan kulit, suede dan kayu. Ada pula yang berbahan carbon kevlar, tapi steering wheel jenis ini masih jarang dan pasti mahal.

Setiap material tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tinggal kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Suede merupakan bahan yang paling enak dipegang, anti slip, tapi cepat aus. Kulit lebih tahan lama karena mudah dibersihkan, tapi kadang-kadang kalau sudah berumur akan menjadi licin. Sedangkan kayu yang kental dengan aura retro ini cenderung licin. Bahan karbon lebih mementingkan lightweight-nya, tapi sayangnya masih lebih licin daripada kulit.

 

  1. Bentuk atau Desain

Model steering wheel makin beragam, mengikuti perkembangan zaman. Kalau biasanya steering wheel identik dengan bentuk bundarnya, sekarang ini banyak bermunculan steering wheel dengan berbagai bentuk. Bentuk dan jumlah spoke-nya juga beragam. Pemilihan bentuk dan desain steering wheel sebaiknya memang dipertimbangkan berdasarkan fungsi dan kebiasaan driver kendaraan tersebut. Selain itu, kenyamanan juga menjadi salah satu faktor yang mesti diperhitungkan saat memilih bentuk dan desain dari sebuah steering wheel.

 

  1. Ukuran

Salah satu faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan dan diperhatikan ketika kita memilih steering wheel baru untuk mobil kita adalah ukuran steering wheel itu sendiri. Ukuran akan sangat berpengaruh pada kenyamanan saat berkendara. Untuk mendapat kenyamanan yang maksimal, sebaiknya kita memilih steering wheel mobil yang sesuai dengan ukuran badan dan tangan kita sebagai pengemudi. Karena jika kita mengendarai mobil dengan ukuran steering wheel yang lebih besar dari kapasitas jangkauan kita, maka kita akan cenderung menjadi lebih cepat lelah. Ukuran steering wheel yang tidak tepat memang akan mengganggu kita saat berkendara.

Selain itu, kita juga disarankan untuk menyesuaikan ukuran steering wheel yang akan kita beli dengan jenis mobil kita. Hal ini dibutuhkan karena penyesuaian steering wheel dengan jenis mobil dapat membuat kita nyaman saat berkendara. Hal ini juga akan memudahkan kita mengendarai mobil kesayangan kita.

 

  1. Detail

Cara memilih steering wheel mobil yang nyaman dan berkualitas salah satunya adalah dengan memperhatikan detail steering wheel tersebut. Detail steering wheel ini dapat berupa garis yang menghubungkan sisi steering wheel dan umumnya terdapat 3 garis yang terdapat di dalam steering wheel mobil.

Garis-garis yang berada di tengah steering wheel ini bertujuan untuk memudahkan kita saat sedang berkendara. Tanpa adanya garis-garis tersebut. maka kita akan membutuhkan tenaga yang lebih besar saat berkendara, terutama saat melintasi jalan yang berliku.

Selain itu, posisi klakson juga termasuk dalam detail steering wheel yang mesti kita perhatikan. Seperti yang kita tahu, umumnya posisi klakson tepat berada di tengah steering wheel. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kita untuk menekannya. Biasanya klakson memang akan di tekan saat keadaan mendesak, dan desain seperti itu akan memudahkan kita untuk menjangkaunya dengan cepat.

 

  1. Harga

Tidak bisa di pungkiri, barang yang berkualitas dan nyaman digunakan biasanya akan dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Steering wheel-pun demikian. Untuk itu, kita juga harus mempertimbangkan dan memperhatikan harga dari steering wheel yang akan kita beli. Meskipun begitu, harga steering wheel yang mahal belum tentu menjamin bahwa steering wheel tersebut memiliki kualitas yang baik. Kita tetap harus teliti dalam memilih steering wheel mobil agar tidak kecewa.

 

  1. Aksesoris

Sperti yang kita semua tahu, ada banyak sekali aksesoris yang biasa menempel pada steering wheel. Beberapa di antaranya yaitu: quick release, timer button, tombol-tombol tambahan, ring hub setir, dan masih banyak lagi. Kita tidak boleh sembarangan dan keliru dalam memilih aksesori karena hal ini dapat mengganggu fungsi dan kenyamanan dari steering wheel itu sendiri.

Selain beberapa aksesoris di atas, banyak pula pemilik mobil yang sering menambahkan sarung atau cover pada steering wheelnya. Hal ini merupakan hal yang dilakukan jika pemilik mobil tidak ingin mengganti steering wheel-nya secara keseluruhan.

Beberapa mobil keluaran Jepang biasanya hanya menggunakan pelapis karet atau kulit sintetis pada bagian steering wheel-nya. Berbeda dengan kebanyakan mobil keluaran Jepang, mobil keluaran Eropa atau mobil-mobil premium cover steering wheel mobilnya sudah menggunakan bahan kulit asli yang nyaman dan terkesan elegan. Namun tanpa sadar sebenarnya pemasangan cover steering wheel yang dilakukan tanpa memperhitungkan kenyamanan berkendara dapat berakibat fatal.

Sebaiknya kita menghindari memilih cover steering wheel dengan bahan yang tidak menyerap panas seperti kulit dan yang menggunakan warna dasar selain hitam. Cover yang menggunakan bahan kulit dengan warna lebih soft seperti putih, cokelat muda, atau kuning gading dianggap lebih mampu menyerap panas dan akan menampilkan kesan yang lebih mewah dan elegan.

SAMPAIKAN KOMENTAR