Tips Memilih Kaca Film yang Baik
08
Oct
2019
0 Comment Share Likes 154 View

Kayaknya sudah jadi pengalaman bersama kalau pernah tertipu saat membeli kaca film mobil, terutama saat ditawri harga murah. Siapa sih yang tidak tergiur? Ketambahan lagi, kini sudah banyak juga produk kaca film yang sangat menyerupai bentuk aslinya.

Biasanya, barang palsu bisa diketahui setelah pemakaian dalam jangka waktu tertentu dan atau dites dengan alat tertentu.

Nah, biar enggak lagi kena tipu, sepertinya menarik kalau kita ulas sedikit mengenai tips dalam memilih kaca film mobil.
Kuy!



Tips Memilih Kaca Film Mobil Asli

Nih ya, sebelum Mas Bro menentukan merek dan tipe kaca film apa yanga akan dibeli, coba lakukan langkah ini:

Pahami kaca film seperti apa yang bisa mewakilkan kebutuhan atau keinginan Mas Bro. Apakah untuk penolak panas, privacy, safety atau yang lainnya. Pelajari juga dan harus bisa bandingkan spesifikasi masing-masing produk serta harganya. Setelah semua itu dilakukan, bisa sesuaikan dengan kebutuhan Mas Bro tadi.

Selain itu, coba lihat faktor pendukung lainnya seperti; garansi, keberadaan diler, dll., yang seharusnya memberikan kemudahan dan kenyamanan buat Mas Bro saat menggunakan suatu produk kaca film.

Setelah itu pastinya Mas Bro akan mendapatkan suatu gambaran tentang kaca film mana yang baik untuk dipilih.

4 Manfaat Kaca Film

Manfaat Kaca Film dari segi Estetika:

  • Membatasi visibilitas dari luar ruangan atau dari dalam kabin mobil, sehingga privacy Mas Bro bisa terjaga.
  • Menolak panas matahari tanpa perlu berlindung di balik tirai konvensional
  • Menyejukkan pandangan mata ke luar ruangan atau kabin mobil terutama pada siang hari, tetapi tidak merepotkan juga pada malam hari.
  • Membuat tampilan lebih ekspresif, tentunya disesuaikan dengan warna mobil Mas Bro, nih.

Manfaat Kaca Film dari segi Keamanan:

  • Menolak sinar UV dari sinar matahari yang merugikan kesehatan kulit
  • Menambah kekuatan kaca secara signifikan
  • Menahan pecahan kaca bila pecah sehingga tidak melukai orang dalam kabin mobil
  • Menghambat pelaku kejahatan yang akan masuk ke dalam kabin mobil.

Manfaat Kaca Film dari segi Futuristik

Kaca film merupakan hasil improvisasi teknologi yang kian hari semakin canggih kemampuannya. Seperti misalnya menolak panas dengan performa yang semakin tahan lama. Dengan selembar kaca film panas dari sinar matahari dapat ditolak agar tidak masuk ruangan, sehingga membuat tingkat kenyamanan dalam kabin semakin baik tanpa terganggu pandangannya ke arah luar.



Ada 3 Jenis Kaca Film menurut kebutuhan:

  1. Kaca Film Tolak Panas (Solar Control Film)
  2. Kaca Film Artistik (Decorative Film)
  3. Kaca Film Pengaman (Safety / Security Film)

Spesifikasi Kaca Film Tolak Panas (Solar Control Film)

Keterangan :

VLT (Visible Light Transmittance). Ditunjukan dengan angka persentase cahaya matahari yang diteruskan oleh kaca film. Semakin kecil angkanya berarti semakin redup pula suasana dalam kabin.

UVR (Ultra Violet Rejected). Ditunjukan dengan angka persentase sinar Ultra Violet yang ditolak oleh kaca film, semakin besar angkanya semakin baik kualitasnya.

IRR (Infra Red Rejected). Ditunjukan dengan angka persentase sinar Infra Red yang ditolak oleh kaca film, semakin besar angkanya semakin baik.

TSER (Total Solar Energi Rejected). Ditunjukan dengan angka persentase energi matahari secara keseluruhan yang ditolak kaca film. Semakin besar angkanya maka akan semakin baik.

DARKNESS. Tingkat darkness (kegelapan) kaca film untuk kaca depan disarankan minimal 40%



Trik Memilih Kaca Film Asli

  1. Cetakan atau Logo Kaca Film

    Print pada kaca film bukan jaminan orisinalitas. Hindari kaca film dengan cetakan logo yang tak rapi, mulai dari tinta meluber atau terlalu tebal. Kaca film yang digulung dengan logo atau tinta terlalu tebal bisa membuat kaca film bergelombang. Akibatnya, pada malam hari, sinar lampu yang diterimanya juga bisa terpecah. Jadi, pastikan Mas Bro mendapatkan kaca film dengan cetakan setipis dan serapi mungkin.

    2. Warna

    Ada bermacam-macam kaca film mobil, namun bukan jaminan keaslian. Kaca film palsu dengan kualitas jelek lama-kelamaan bisa berubah warnanya. Perubahan warna biasanya terjadi setelah jangka waktu tertentu. Untuk daerah tropis biasanya warna akan terlihat berubah dalam 2-3 bulan.

    3. Ketebalan

    Kaca film penahan panas idealnya punya ketebalan antara 1,5 – 1,7 mikro. Kurang dari itu boleh diragukan keasliannya. Kaca film memang tipis, tapi produk asli, meski tipis tetap kaku. Sementara itu, produk palsu atau kaca film mobil yang tidak bagus sangat tipis dan lentur.

    4. Harga

    Harga kaca film berbanding lurus dengan kualitas. Jangan lekas tergiur akan tawaran dengan harga murah, karena kemungkinan besar itu adalah produk palsu. Kaca film asli diimpor ke Indonesia hanya lewat distributor resmi dengan standar harga pasti. Tiap kaca film punya kode wilayah sendiri, adapun yang beredar di luar batasan kode itu tidak bisa mendapat layanan garansi.

    5. Gunakan Lampu Sorot

    Mungkin cara ini agak ribet, tapi cara ini cukup jitu untuk membuktikan kualitas dari kaca film mobil yang akan dibeli. Tempelkan kaca yang sudah dilapisi film ke lampu sorot 600 watt, dan diamkan selama 3 menit. Nah, kalau kaca tersebut pecah, berarti kualitasnya buruk.

    6. Gunakan Alat Termometer

    Biarkan mobil yang telah dipasangi kaca film dijemur di bawah sinar matahari dalam beberapa saat. Kemudian, pasang termometer di kaca tersebut. Jika tingkat suhunya cukup tinggi, kualitas kaca film itu layak dipertanyakan.

    7. Kartu Garansi

    Pastikan mendapat kartu garansi untuk tiap pembelian. Kartu ini menjamin keaslian dan layanan purna jual kaca film. Lebih aman beli dan pasang kaca film di diler resmi.

    Itu tadi serangkaian penjelasan soal tips memilih kaca film yang baik. Diingatkan sekali lagi, jangan cepat tergiur dan tergoda untuk membeli kaca film berharga murah!

SAMPAIKAN KOMENTAR