Tips Bersih-Bersih Mesin Mobil Mudah dan Murah Meriah
23
Jun
0 Comment Share Likes 165 View

Pria Intersport, setelah musim liburan kemarin dan kembali ke aktifitas masing-masing setiap hari menyisakan kondisi mobil yang kurang fit. Kondisi ini tentunya berkaitan erat dengan kebersihan. Tapi ternyata tidak sedikit juga yang kemudian bingung lantaran dana bersih-bersih dan servis mobil sudah habis lebih dulu saat liburan.

Nah, terkadang banyak yang menganggap bahwa membersihkan mesin mobil merupakan salah satu hal yang dinilai menyulitkan. Kesulitan ini lantaran banyaknya komponen yang berada pada ruang mesin sehingga terlihat rumit untuk dibersihkan. Padahal, membersihkan mesin mobil ternyata bisa dilakukan sendiri, kok Mas Bro. Caranya gampang, bisa dengan cara mudah dan uang yang dikeluarkan pun cuma sedikit, loh.

Di artikel ini, Pria Intersport akan disajikan ulasan tentang tips untuk membersihkan mesin mobil dengan tiidak mengeluarkan tenaga dan biaya besar. Hmm... apa saja? Yuk, simak tips membersihkan mesin mudah dan murah berikut ini.

Menggunakan Cairan Engine Conditioner

Engine conditioner merupakan cairan pembersih khusus untuk bagian ruang bakar pada mesin. Cairan ini memiliki tekstur seperti busa halus dan berbahan solvent. Cara menggunakannya mudah, Mas Bro cuma perlu menyemprotkan busa halus melalui lubang busi yang mengarah pada ruang bakar mesin. Tapi sebelum itu Mas Bro juga jangan lupa untuk melepas busi mobilnya terlebih dahulu.

Cairan Engine Degreaser

Untuk bagian luar mesin bisa menggunakan Engine degreaser yang merupakan cairan pembersih kotoran khusus di bagian ini. Secara komposisi, cairan ini terbuat dari bahan yang sama seperti engine conditioner. Hanya saja engine degreaser punya tekstur yang lebih keras, sehingga cairan ini dapat mengikat serta melarutkan kotoran yang menempel di bagian luar mesin mobil Mas Bro sekalian. Cara menggunaka engine degreaser ini pun terbilang cukup mudah. Setelah memastikan mesin mobil dalam temperatur hangat, cukup semprotkan cairan pada bagian yang kotor. Kotoran pun dijamin langsung terangkat.

Cairan Engine Flush

Cairan Engine flush bisa dibilang punya fungsi yang mirip dengan deterjen. Engine flush digunakan untuk membersihkan bagian mesin mobil yang berada di bagian tempat oli. Mas Bro bisa kok menggunakan cairan ini dengan cara memasukkannya langsung ke dalam lubang oli. Waktu Mas Bro sudah memasukkan cairan tersebut, hidupkan mesin mobil sampai 15 menit kemudian buang cairan pembersih yang tadi dimasukan seperti saat membuang oli.

Cairan Asam Sitrat

Ada lagi pilihan alternatif membersihkan mesin mobil yang lebih murah, yaitu menggunakan cairan asam sitrat. Asam sitrat ini juga lebi sering disebut citrun atau citric acid yang kerap dipakai untuk membersihkan pakaian. Untuk mendapatkannya pun mudah, bisa langsung dibeli di toko-toko kimia terdekat dengan Mas Bro.

Bahan kimia asam sitrat digunakan untuk menghilangkan noda membandel pada ruang mesin. Caranya mudah. Beli saja di toko kimia dengan harga sekitar Rp20 ribu per kilogram. Atau ada juga yang sudah dalam bentuk sachet, harganya paling Rp2-5 ribu saja.

Dalam aplikasinya, siapkan dulu air bersih dan sabun cuci piring cair. Siapkan air bersih kira-kira setengah liter. Teteskan sabun cuci piring cair sekitar 4 sendok makan ke air bersih tersebut. Setelah itu, campurkan asam sitrat dengan air sekitar 2 sendok makan ke air yang sudah dicampurkan sabun cuci piring cair dan aduk sampai merata.

Kalau proses pengadukan dirasa sudah rata, air campuran asam sitrat dan sabun cuci piring cair ini tinggal dimasukkan ke dalam botol semprotan. Atau botol untuk menyemprot tanaman. Jangan lupa, siapkan kuas, lap kering yang bersih dan air bersih untuk membilas. Semprotkan air campuran asam sitrat tersebut ke arah mesin. Kalau sudah disemprot, bersihkan bagian menggunakan kuas yang sudah disiapkan.

Tapi, ada beberapa hal yang perlu diingat sebelum membersihkan mesin mobil. Yaitu hindari menyemprotkan banyak air ke arah kabel dan saklar agar menghindari risiko korsleting. Jika harus menyemprot bagian kabel, usahakan langsung dibasuh dengan lap kering.

Keuntungan Membersihkan Mobil Sendiri

Dengan membersihkan mesin mobil sendiri ada banyak sekali keuntunganny. Di antaranya Mas Bro bisa tahu lebih banyak tentang mesin, bisa sekalian memeriksa kondisi mesin secara berkala, dan yang terpenting adalah bisa menghemat pengeluaran daripada harus pergi ke bengkel atau tempat pencucian mobil.

Kalau biasanya dalam kurun waktu sebulan Mas Bro harus menghabiskan biaya Rp200 ribu lebih cuma untuk membersihkan mobil, maka pengeluran itu bisa dioptimalkan hanya untuk membeli bahan pembersih mobil seperti yang diterangkan tadi di atas. Bahan-bahan pembersih tersebut tentunya bisa digunakan berkali-kali hingga beberapa bulan ke depan. Dengan begitu, secara otomatis pengeluaran beberapa bulan ke depan Mas Bro sekalian akan jauh lebih hemat. Alokasi dana pun bisa langsung masuk tabungan atau memenuhi kebutuhan penting lainnya.

Tapi tetap utamakan kebersihan sebagai hal yang paling penting, ya Mas Bro. Jangan mentang-mentang ingin murah, proses membersihkan malah jadi asal-asalan.

SAMPAIKAN KOMENTAR