Tiga Hal yang Harus Diperhatikan dalam Modifikasi Audio
25
Jan
0 Comment Share Likes 157 View

Jakarta - Audio yang tertanam pada mobil bawaan dinilai memiliki kualitas yang kurang oke, terlebih untuk mobil LMPV. Mobil LMPV merupakan salah satu mobil dengan harga terjangkau yang dijual di Indonesia.

Demi mengatasi kualitas audio yang dirasa kurang tersebut, banyak orang melakukan modifikasi. Salah satunya adalah dengan mengganti audio bawaan mobil dengan perangkat aftermarket.



Modifikasi yang dilakukan ini tentu kerap menimbulkan pertanyaan bagi orang awam. Berapa harga yang harus dikeluarkan? Harus pakai merk apa? Apakah akan merusak mobil? Pertanyaan seperti di atas kerap terlontar bagi orang awam yang hendak mengganti audio.

Menanggapi hal tersebut, Andreas Tanuwidjaja, CEO PT Audio Plus Indonesia mengatakan jika audio yang bagus tak melulu dari merk mahal. "Ada 3 hal yang harus diperhatikan saat mengganti audio. Matching, instalasi, dan tuning," ujarnya pada hari Rabu (23/1).

Langkah Menentukan Hasil Modifikasi

Matching yang dimaksud oleh pria yang akrab disapa Andre ini merupakan pemilihan karakter audio. "Audio itu ada untuk jarak dekat, dan jarak jauh. Ini bukan soal harga, tetapi harus matching dengan karakter," katanya.



Langkah kedua adalah instalasi atau pemasangan yang harus baik. Pemasangan audio yang baik dan benar akan menentukan kualitas audio yang dihasilkan. "Instalasi atau pemasangan ini memegang peranan yang penting. Misalnya, jika ada kasus mobil terbakar akibat modifikasi audio, itu sudah pasti instalasinya nggak benar. Sudah pasti," lanjut Andre.

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah tuning. "Tuning ini juga sangat menentukan hasil. Jadi kalau pemilihan audio dan instalasinya sudah bagus tetapi tuningnya tidak bisa atau salah, sama saja hasilnya akan jelek. Tuning hal terakhir yang harus diperhatikan," bebernya.



Merk audio yang mahal belum tentu menghasilkan audio yang baik pula. Semuanya bergantung kepada pemilihan audio dan juga konsep yang akan digunakan dalam modifikasi audio tersebut.

Untuk mobil Low MPV seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga dan lainnya ada trik mudah untuk melakukan modifikasi audio. "Kalau modifikasi simpel LMPV itu bisa mengganti head unit dan menambah power. Itu saja cukup untuk mengupgrade audio bawaan menjadi lebih baik," tambah Suryadi, Tuner dari Dynamic Autosound.



Ingin melakukan modifikasi audio? Jangan lupa untuk memikirkan 3 hal di atas ya. Audio yang baik akan memanjakan telinga, bukan merusak telinga.

SAMPAIKAN KOMENTAR