Tidak Boleh Sembarangan, Ini Titik Dongkrak yang Benar
14
May
0 Comment Share Likes 472 View

Mungkin semua yang pekerjaanya berhubungan dengan mekanikal tentunya kenal akan benda yang satu ini, yakni “ dongkrak”.  Benda yang satu ini juga sering kita temukan di bengkel – bengkel otomotif karena memang dongkrak ini digunakan oleh mekanik untuk memudahkan dalam melakukan pekerjaannya.

Sebut saja pada saat melakukan servis mobil terutama pada komponen komponen pada bawah kendaraan tersebut atau pada saat mengerjakan bagian roda – roda yang mengharuskan kendaraan tersebut diangkat, sehingga mereka harus menggunakan dongkrak tersebut untuk melakukan dan mempermudah pekerjaannya. Oleh karena itulah salah satu kendaraan yang digunakan untuk mengangkat kendaraan tersebut yang terdapat pada bengkel atau showroom adalah dongkrak tersebut.

Adapun dongkrak tersebut merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengangkat beban berat, sementara itu mendongkrak merupakan kegiatan untuk mengangkat atau menaikkan beban berat (pada umumnya kendaraan) pada ketinggian tertentu. 

Karena dengan adanya dongkrak ini ia akan mampu mengangakat mobil pada waktu pemasangan jack stand, supaya memudahkan para mekanik bengkel dalam melakukan pekerjaan selanjutnya. 

Dan yang paling sering, dongkrak ini digunakan saat akan mengganti ban mobil atau melakukan inspeksi atau pengecekan komponen pada sebuah mobil. Untuk itulah, benda yang satu ini tergolong  benda yang cukup penting perannya dalam dunia otomotif termasuk bengkel otomotif tersebut. 

Pada umumnya, dongkrak tersebut dibagi menjadi dua jenis yakni dongkrak mekanis dan juga dongkrak hidrolis. Dongkrak mekanis tersebut merupakan dongkrak yang masih menggunakan perbandingan  roda  gigi (gear ratio) untuk menambah daya yang digunakan oleh operatornya untuk mengangkat bebanya. 

Sementara itu sobat, dongkrak hidrolik tersebut merupakan dongkrak yang menggunakan tekanan hidrolik untuk menambah gaya yang  gunakan operator untuk mengangkat beban tersebut. 

Pada dongkrak hidrolik ini juga akan berperan untuk menambah gaya operator saat menaikkan kendaraan yang menggunakan hukum pascal dan juga perbandingan luas penampang silinder yang terdapat pada dongkrak hidrolik tersebut.

Untuk menaikkan kendaraan menggunakan dongkrak hidrolik ini dapat dilakukan dengan menggunakan atau dengan memberikan tekanan pada sistem hidrolik dengan cara mengungkitnya.

Sedangkan untuk menurunkannya dapat dilakukan dengan mengemposkan atau menghilangkan tekanan hidrolik pada dongkrak hidrolik tersebut dengan cara memutar kunci atau baut pelepas tekanan hidrolik berlawanan arah jarum jam dan ketika akan digunakan kembali maka anda tinggal memutar kunci atau baut pelepas tekanan hidrolik searah jaum jam.

Nah, pada saat anda sedang meligat para mekanik di bengkel atau showroom maka tentunya anda akan melihat mekanik tersebut menggunakan dongkrak tersebut dalam memperbaiki mobil yang dimaksud.

Lantas, tahukan adan dimana titik tumpu dongkrak pada mobil tersebut?

Pada umumnya, menggunakan dongkrak  tidaklah begitu sulit, namun jika anda salah dalam menggunakanya, maka  hal ini akan berdampak  bahaya bagi anda. 

Namun seharusnya anda  tidak usa khawatir, karena setiap pabrikan mobil sudah merancang ban dan juga mobilnya agar proses mendongkrak tersebut dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Dan anda juga harus mengerti dimana titik dongkrak tersebut pada mobil, karena tentunya tidak bisa anda lakukan secara sembarangan. Berikut ini adalah titik tumpu dongkrak pada mobil tersebut.

  • Pada Mobil Sedan

Pada mobil sedan, titik tumpu dongkrak tersebut berada di bagian depan sasis atau lebih tepatnya berada di belakang roda. Sedangkan pada bagian belakang,  titik tumpu dongkrak tersebut berada pada sasi depan roda belakang itu sendiri. 

  • Pada Mobil Ladder Frame

Pada mobil denga jenis ladder frame, maka titik tumpu dongkrak nya berada  tepat pada tulang yang paling keras. Oleh karena itu, anda bisa meletakkan dongkrak tersebut pada bagian sasis kolong pintu bagian samping.

Sementara  itu, untuk bagian paling depan anda bisa memanfaatkan bagian arm, dan untuk bagian belakang rumah axle belakang adalah salah satu bagian paling aman untuk dijadikan sebagai titik tumpu dongkrak tersebut.

Tidak hanya pada ladder frame, pada jenis body monocoque juga tersedia titik tumpu dongkrak tersebut, yang mana pada umumnya akan terletak diantara kolomg bagian dalam pintu samping. 

Namun tidak disarankan anda untuk mendongkrak pada bagian arm tersebut. Selain itu, perlu diingat juga bahwa sifat dongkrak ini hanya untuk menaikkan saja, sehingga jangan terlalu lama.

Dan bila anda merasa anda membutuhkan waktu yang lama bisa menggunakan jack stand untuk mengganti fungsi atau peranan dari dongkrak tersebut untuk mempermudah pekerjaan anda.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR