The Fastest Version of Aston Martin Valkyrie
12
Feb
0 Comment Share Likes 143 View

Sebuah pabrikan mobil asal Inggris yang telah memposisikan dirinya sebagai produsen sportscar yaitu Aston Martin  sebenarnya tak hanya memiliki jajaran sportscar saja. Tapi brand yang sudah memposisikan diri sebagai produsen sportscar sejak tahun 1913 tersebut juga memiliki sebuah supercar yaitu Aston Martin Valkyrie.

Aston Martin Valkyrie sendiri diperkenalkan oleh Aston Martin dalam dua konsep utama yaitu Aston Martin Valkyrie dan Aston Martin Valkyrie AMR Pro. Kedua hypercar tersebut  dikerjakan oleh Aston Martin Bersama dengan tim balap F1 Red Bull Racing dan Cosworth.

Secara tampilan mobil ini memiliki desain yang begitu agresif dan aerodinamis. Memang sepintas mobil ini mirip dengan mobil mobil yang kerap turun di ajang balap kategori LMP1 dari ajang balap FIA World Endurance Championship.

Aston Martin Valkyrie baik versi Valkyrie maupun Valkyrie AMR Pro sama-sama menggunakan material bodi dan sasis full carbon fibre. Selain itu Aston Martin Valkyrie juga secara desain dikerjakan oleh Adrian Newey yang notabene merupakan desainer mobil balap Formula 1 kawakan yang kini menjadi Chief Technology Officer Red Bull Racing.

Yang paling mencengangkan adalah Aston Martin membenamkan mesin berkonfigurasi V12 dengan kapasitas 6.5 liter yang dikerjakan khusus oleh Cosworth. Mesin ini merupakan mesin Naturally Aspirated yang didukung oleh sistem Hybrid KERS buatan Rimac. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga maksimal 1.130 HP. Dengan bobot yang hanya 1030 kilogram saja, tentu anda bisa membayangkan berapa kecepatan yang bisa ditempuh oleh hypercar ini.

Nah sedangkan untuk Aston Martin Valkyrie AMR Pro masih menggunakan mesin yang sama namun memiliki tenaga yang sedikit berbeda yaitu 1100 BHP. Tapi yang membedakan diantara keduanya adalah bobot dari Aston Martin Valkyrie AMR Pro yang lebih ringan 30 kilogram. Ya dengan bobot yang hanya 1000 kilogram tersebut mobil ini mampu melesat hingga 360 km/jam.

Nah tenaga dari mesinnya disalurkan ke penggerak roda belakang yang dimediasi oleh transmisi dual clutch 7-Kecepatan yang dibuat oleh Ricardo. Sedangkan sistem elektronik mobil dari Engine Control Unit (ECU), Transmission Control Unit (TCU), dan Electronic Stability Programme (ESP) sepenuhnya menggunakan program software dan hardware buatan Bosch.

Tapi tunggu dulu, Aston Martin ternyata menyediakan versi yang lebih buas dari Aston Martin Valkyrie yang diberi nama Aston Martin Valkyrie AMR Track Performance Pack. Menariknya, Aston Martin menjamin jika mobil ini lebih cepat 8% dari basis modelnya atau versi standarnya.

Pada varian ini, Aston Martin menyematkan beragam ubahan pada sekujur tubuhnya agar dapat memberikan sensasi yang sangat memacu adrenalin di sebuah sirkuit. Sirkuit? Ya, mobil ini memang diperuntukkan bagi orang orang yang menyukai track day. Dimana artinya Aston Martin Valkyrie AMR Track Performance ini ilegal untuk digunakan di jalan raya.

Meski demikian, apa saja sih yang diubah oleh Aston Martin sehingga Hypercar ini lebih cepat 8% dari versi standarnya? Aston Martin memberikan paket yang meliputi body kit di bagian depan yang meningkatkan Aerodinamika dimana downforce dan efisiensi jadi lebih meningkat. Selain itu, Aston Martin juga menyediakan Rem dengan material Titanium yang bobotnya lebih ringan. Pengurangan bobot juga ikut dipengaruhi oleh velg berwarna hitam doff dengan material magnesium. Selain itu, Aston Martin juga menyematkan Cakram Aero dengan material carbon fiber serta suspense yang compatible untuk digunakan di track.

Uniknya, Aston Martin juga menyiapkan configurator, dimana kita bisa melihat mobil ini secara 3 dimensi dan merubah warna mobil lewat eksterior, maupun interior. Ada juga Gold Pack, dimana ada campuran emas 24 karat pada cat-nya.

SAMPAIKAN KOMENTAR