Ternyata Ini Penyebab Plafon Mobil Jadi Kotor
12
Mar
0 Comment Share Likes 51 View

Setiap mobil tentu dijual dengan beragam kelengkapan yang membuatnya enak dipandang. Salah satunya adalah plafon. Bayangkan jika mobil anda tidak memiliki plafon, tentu akan sangat tidak enak dilihat ketika kita sedang berada didalam mobil.

Adanya plafon didalam mobil kita sebenarnya tidak hanya berguna untuk sisi estetika saja, tapi juga berguna untuk beberapa hal lainnya seperti menahan panas agar tidak dengan mudah masuk kedalam kabin mobil. Panas akan tertahan dengan adanya plafon mobil.

Namun sangat disayangkan. Bagian yang kerap disebut dengan nama langit langit kabin mobil sering kali luput dari perhatian kita. Alhasil, kotoran pun dengan mudahnya menempel di plafon mobil kita. Dan lebih buruknya, tak sedikit pula orang yang melewatkan membersihkan plafon mobil ketika kita sedang membersihkan dashboard, kursi dan karpet mobil kita.

Tapi bisa dibilang plafon adalah sebuah bagian yang memang tak bersentuhan langsung dengan pengemudi atau penumpang. Sehingga kotoran tidak akan menempel di plafon. Kecuali pengemudi atau penumpang memang sengaja memegang plafon mobil.

Anggapan tersebut salah. Meski memang tak bersentuhan dengan pengemudi atau penumpang mobil kotoran pun dapat menempel pada plafon mobil kita. Salah satu hal yang membuat plafon mobil kita kotor adalah debu yang ada didalam mobil kita.

Kotornya plafon akan semakin menjadi jadi ketika kita sering berkendara dengan kaca terbuka. Tapi bukan berarti ketika kita berkendara dengan kaca tertutup dan menggunakan AC tak membuat plafon mobil kita kotor. Plafon juga tetap akan kotor meski kita melakukan hal demikian.

Nah, memarkir mobil di tempat yang panas atau di bawah terik matahari ternyata dapat merusak plafon. Suhu panas dari atap mobil dapat langsung menyerap ke plafon. Hal ini dapat membuat plafon mobil menjadi cepat rusak dan tidak dapat digunakan.

Tapi jangan khawatir, membersihkan plafon mobil kita sebenarnya sangat mudah. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan plafon kita seperti baru dan tidak ada kotoran.

Cara membersihkan plafon mobil ada beberapa cara, seperti hal nya di bawah ini ada cara membersihkan plafon mobil sesuai dengan noda yang ada di plafon mobil :

Membersihkan Plafon Berdebu dengan sikat tanpa air, jika plafon berdebu maka Anda cukup menyikatnya dengan lembut tanpa air. Kemudian, sikat plafon dengan gerakan tangan searah menggunakan sikat gigi yang lembut. Lakukanlah secara perlahan. Menyikat plafon yang berdebu dengan air atau campuran air sabun atau detergen ternyata akan membuatnya semakin kotor.

Karena, debu di plafon akan menyatu dengan air. Semakin di sikat justru kotorannya akan semakin menyebar. Bukan bersih yang akan kita dapat, tapi noda yang semakin membandel di atas plafon. Cara ini berlaku jika plafon hanya berdebu saja bukan untuk mengurangi noda.

Menghilangkan plafon yang bernoda ringan dengan menggunakan sikat lembab. Cara membersihkan plafon mobil yang memiliki noda adalah dengan menggunakan sikat lembab dengan sedikit detergen. Cara ini dilakukan jika ada noda ringan pada plafon. Gunakan sikat gigi bekas dengan bulu lembut dan detergen yang sedikit mengandung busa. Caranya Tuang detergen pada air (jangan diaduk). Tunggu 3 menit agar partikel nya bereaksi dengan air. Celup sikat ke dalam larutan detergen kemudian angkat. Gerakan sikat ke atas dan ke bawah agar larutan detergen terbuang dan sikat menjadi lembab. Sikat perlahan noda di plafon dengan lembut dan searah.

Jangan mengaduk larutan detergen, agar tidak berbusa. Jika sikat berbusa dan menyentuh plafon maka akan menghasilkan flek yang tidak bisa hilang. Jika begini, maka bukan menyelesaikan masalah, namun menimbulkan masalah baru.

Cobalah untuk membersihkan plafon mobil dengan vacuum cleaner. Penggunaan vacuum cleaner untuk membersihkan plafon ini ada caranya, tidak bisa membersihkan nya secara sembarangan. Jika salah menggunakan, justru dapat membuat mobil menjadi rusak. Syarat membersihkan plafon mobil dengan vacuum cleaner ini adalah dengan mengatur daya serap alat pembersih otomatis satu ini, yaitu dengan menggunakan daya serap ringan. Penggunaan dengan daya serap tinggi justru merusak plafon dan menjadi tidak bagus.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR