Ternyata Ini Alasan Kenapa Mobil Amerika Enggak Laku Pas Dijual di Jepang
19
Nov
3 Comment Share Likes 65438 View

Sebagai pasar mobil terbesar di dunia, Jepang tentu jadi sasaran para produsen otomotif untuk menjual produknya, termasuk brand-brand asal Amerika.

Sayangnya, sampai saat ini mobil asal negeri Paman Sam masih sulit untuk menembus pasar Jepang. Brand-brand lokal seperti Toyota dan Honda masih mendominasi pasar mobil Jepang sampai 90%. Padahal dari segi kualitas, mobil-mobil Amerika tentu enggak kalah keren dan canggih dengan buatan Jepang.

Usut punya usut, ternyata kedekatan dan hubungan baik antara dealer dan pelanggan jadi alasannya. Seperti yang dilaporkan oleh majalah The Atlantic, dealer brand-brand Jepang sangat menjaga hubungan baik dengan para pelanggannya melalui berbagai hal; seperti membawa mobil tes ke rumah, memberikan fasilitas cuci mobil gratis seumur hidup, bahkan sampai ngurusin asuransinya kalau ada apa-apa. Keramahan yang enggak bisa didapatkan dari dealer mobil asal Amerika inilah yang bikin mobil Jepang masih mendominasi di rumahnya sendiri.

Tapi, keramahan bukanlah satu-satunya alasan kenapa orang Jepang lebih memilih mobil buatan lokal. Mobil lokal lebih banyak dipilih oleh masyarakat Jepang karena mereka enggak perlu membayar biaya impor 2,5 sampai 10 persen kalau beli mobil Amerika dan Eropa.

Kira-kira ampuh enggak ya kalau strategi dari dealer brand Jepang ini diterapkan di Indonesia untuk meningkatkan penjualan mobil lokal?

SAMPAIKAN KOMENTAR