Teknologi Canggih yang Harus Ada di Mobil Masa Depan
06
Apr
0 Comment Share Likes 2365 View

Perkembangan teknologi di dunia otomotif memang sudah semakin canggih, rumit, dan tahan lama. Namun, selalu ada celah bagi industri untuk terus melakukan inovasi di samping teknologi mobil listrik dan mobil otonom yang saat ini sedang dikembangkan. Berikut beberapa teknologi canggih yang sepertinya akan menjadi tren dalam tahun-tahun mendatang!

 

Komunikasi antar mobil

Mobil otonom memang akan bisa berkomunikasi satu sama lain agar bisa beroperasi dengan baik. Tapi, sejauh mana komunikasi antar mobil itu terjadi? Ternyata, ada kemungkinan mobil akan bisa memberikan peringatan satu sama lain tentang kemungkinan terjadinya kecelakaan, kemacetan, ataupun kondisi cuaca yang buruk. Yang cukup gila, mobil akan mampu saling memberikan informasi penting tanpa memerlukan komunikasi lebih lanjut dengan pengemudinya, atau mungkin bahkan tanpa diketahui oleh para pengemudi.

 

Bisa dikonfigurasi menjadi beberapa bentuk

Siapa yang tidak mau mempunyai mobil yang bisa berubah bentuk dari SUV menjadi truk sesuai dengan kebutuhan? Bayangkan seperti robot-robot di film Transformers! Tidak perlu lagi membeli mobil banyak-banyak, karena Anda bisa mendapatkannya di dalam satu mobil.

 

Akses kontrol biometrik

Mungkin nantinya kita tidak harus lagi membuka atau menyalakan mobil menggunakan kunci. Menggunakan prinsip yang sama dengan smartphone saat ini, Anda akan bisa membuka dan menyalakan mobil hanya dengan menggunakan sidik jari (atau mungkin pemindai mata).

 

Valet parking otomatis

Di masa depan, restoran atau tempat-tempat public akan memiliki layanan valet parking otomatis, di mana area parkir berteknologi tinggi akan berkomunikasi dengan mobil melalui sebuah jaringan untuk memberitahu spot parkir yang tersedia. Setelah pengemudi turun di pintu masuk area parkir, mobil akan secara otomatis menuju ke spot parkir yang tersedia sesuai dengan yang diinformasikan oleh area parkir. Untuk mengambil kembali mobilnya, pengemudi cukup ‘memanggil’ mobilnya menggunakan smartphone atau smartwatch.

 

Kamera 360 derajat

Selama ini kita tidak bisa melihat dengan jelas seluruh titik di sekeliling mobil ketika sedang nyetir, makanya selalu ada peringatan bagi pengemudi untuk hati-hati terhadap blind spot yang berisiko menyebabkan kecelakaan. Bayangkan ketika mobil dipersenjatai dengan kamera 360 derajat, tentu hal ini bisa semakin meminimalisir kecelakaan di jalan!

 

Perkembangan teknologi memang semakin memudahkan pengemudi, tapi tidak jarang juga menyeramkan karena peran manusia menjadi semakin kecil. Bagaimana menurut Anda sendiri?

SAMPAIKAN KOMENTAR