Tau Nggak, Petunjuk Waktu Ganti Oli Ternyata Nggak Selamanya Harus Dipatuhi

Tau Nggak, Petunjuk Waktu Ganti Oli Ternyata Nggak Selamanya Harus Dipatuhi

12Aug
INTERSPORT.ID ON 12 August 2017
INTERSPORT.ID ON 12 Aug 2017

Kalau beli mobil baru, biasanya lo bakal dikasih buku petunjuk berisi segala informasi tentang mobil tersebut, termasuk anjuran kapan sebaiknya mengganti oli. Umumnya, anjuran tersebut ditentukan berdasarkan jarak tempuh mobil, yaitu tiap 5 atau 10 ribu kilometer tergantung jenis mobil yang lo beli.

Tapi tau nggak sih, ternyata ganti oli nggak harus selalu ngikutin anjuran dari pabrikan, kok. Soalnya, penurunan kemampuan oli untuk melumasi komponen mesin dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya kondisi lalu lintas yang biasa dihadapi mobil.

Kalau lo lebih sering mengendarai mobil melewati jalanan macet, umur oli biasanya akan mencapai titik terendah pada 10 ribu kilometer. Tapi kalau mobil lo sering dipakai melewati jalan yang lancar dan dipacu dengan kecepatan konstan, lo pun bisa ganti oli mobil dengan jarak yang lebih jauh.

Selain faktor lalu lintas, jenis oli yang lo gunakan juga bisa berpengaruh pada waktu penggantian oli. Soalnya, sekarang banyak tersedia oli yang diklaim bisa digunakan untuk jarak tempuh yang jauh, bahkan sampai 15 ribu kilometer.

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN